Android Kit Kat Android 4.4 sudah dipantek Google


Smartphone | 28 June 2014

Update RemICS v.15 untuk OS lama untuk update ke ICS

Update resmi
Di smartphone dapat dilihat adanya informasi update. Click bagian Setting, dan lihat di software update.
Atau melihat referensi dari produsen, akan diumumkan dari website produsen versi berapa update terakhir untuk update OS Android.

Produsen smartphone mungkin tidak mengupdate smartphone Android lawas. Sekali lagi ada beberapa alasan mengapa tidak di upgrade. Hardware dari smartphone lama mungkin terlalu lambat untuk mendapatkan upgrade. Tapi bagi pemilik smartphone tetap memilih hak untuk mempertahkan smartphone dan dapat mengupgrade OS Android sendiri. Walau bukan dari software OS asli yang dibuat oleh merek smartphone.

-> Informasi dibawah ini menjadi informasi pelengkap. Bila anda mencoba, masalah pada smartphone ada di tangan anda. Baca baik baik informasi dari media internet lain seperti forum XDA tentang model smartphone dan teknik yang diberikan.

Saat ini paling umum membuka hak OS Android dengan Root. Ketika kita memiliki sebuah smartphone, hak kita hanya dibawah produsen, dan produsen dapat memberikan update via software langsung tanpa aturan dari pemilik smartphone. Ketika smartphone di Root, hak tersebut menjadi milik kita, atau hak tertinggi. Artinya kita bisa mengutak utik sesuai keinginan kita. Tapi kita harus berhati hati ketika mengupgrade smartphone, bisa salah mungkin smartphone kita menjadi tidak berfungsi.

Ketika kita membuka smartphone menjadi Root, data kita tidak terlindungi lagi. Jadi berhati hati, apa yang anda lakukan, dan apa yang akan terjadi kedepan. Urusan keamanan adalah resiko yang dihadapi oleh pemilik smartphone setelah smartphone di ROot.

Untuk membuka hak OS Android ke Root - dapat mengunakan software via online atau download dari King Root

Setelah smartphone di Root, kita dapat memasukan OS sendiri ke smartphone. Sama seperti computer, ketika kita membeli notebook dari merek A, maka di dalam OS Windows terdapat aplikasi dari produsen. Dengan Root sama saja kita merubah hak semua notebook menjadi milik kita sendiri.

Seperti notebook yang kita format dengan upgrade OS terbaru, seperti smartphone yang kita Root dan kita install sendiri dengan OS terbaru. Resikonya tentu ada, ketika kita mengupgrade OS Windows sendiri, maka belum tentu hardware kita kompatibel. Demikian juga dengan smartphone, bila salah memasukan OS.

Jadi baca baik baik ketika mengupgrade OS Android dengan OS. Baca keterangan, langkah yang harus dilakukan serta resiko nantinya. Setiap OS Android yang tidak resmi, sudah di modifikasi, memiliki nomor / tipe khusus untuk smartphone dan model tertentu. Satu OS dibuat untuk satu model smartphone.



Mengunakan Upgrade tidak resmi seperti CyanogenMod.
Cyanogen adalah OS Android tidak resmi. Dibuat hanya untuk smartphone yang sudah di Root.

Informasi OS CyanogenMod

Periksa smartphone anda apakah memiliki update tidak resmi dari Cyanogen.

Berbeda dengan OS Android resmi, dimana upgrade OS dapat dilakukan lebih mudah. Cukup mendownload, lalu menginstall sendiri sesuai petunjuk produsen

Versi CyanogenMod memerlukan tip khusus. Dibawah ini sebagai contoh atau gambaran bagaimana repotnya mengupgrade dengan Cyanogen. Tapi berguna bila smartphone anda masih mengunakan OS lama, dan sudah tidak diperhatikan atau tidak mendapat update lagi oleh produsen.



Untuk membandingkan, kami memberikan gambar dengan perbandinga menginstall OS di computer dan OS di smartphone Android.

Windows Android
Tahap 1 Root Smartphone
Windows ketika di install OS pertama. Status anda sebagai Administrator. Artinya memiliki pengaturan hak seluruh OS
Di smartphone ketika pertama digunakan. Status OS di dalam, adalah user. Anda tidak memiliki hak tertinggi yaitu SuperUser.

Untuk mendapatkan hak SuperUser. Smartphone harus dilakukan Root.

Caranya sangat mudah, mengunakan KingoRoot untuk Root Smartphone. Setelah smartphone di Root. Anda bisa membuang file yang tidak perlu, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Tapi dengan status SuperUser, anda harus mengetahui apa yang dilakukan dengan smartphone anda.

Salah menghapus file, atau mematikan fungsi aplikasi tertentu. Bisa saja smartphone menjadi tidak stabil.

Ketika di Root, smartphone masih mengunakan OS yang sama. Hanya merubah status kepemilikan dari user biasa menjadi SuperUser

Tahap2 membersihkan seluruh OS Android lama dari Smartphone

Windows upgrade OS

Misalnya dari XP ke Windows 7.

Anda perlu memformat, membuat partisi, dan menginstall. Menginstal OS dengan OS baru

Di Android disebut CWM Base Recovery atau Recovery Clockwork

Berbasis Android tapi bukan versi resmi Android. Smartphone bisa di install dengan OS lebih tinggi. Misalnya kebutuhan OS lama tidak bisa lagi menjalankan aplikasi baru.

Umumnya yang dipilih adalah OS Android 4.4 *edisi 2015). Karena sudah lama di coba, diperbaiki dan paling stabil.




Menyediakan update tidak resmi untuk smartphone dengan OS Android 2,3 sampai OS Android 4.3.

Umunya ada 2 file yang perlu di masukan ke OS smartphone, sebagai kebutuhan boot dengannama Clockwork.


Dari Ancora.OPS dan RecoveryClockWork Ancora. Tergantung jenis Recovery Clockwork dari masing masing smartphone

File tersebut harus dimasukan dengan teknik tertentu ke smartphone. Misalnya dengan software ODIN diperlukan sebuah computer dan kabel data via USB. Gunanya untuk mengirim file dari smartphone yang sudah di ROOT dan mencopy 2 file tersebut ke smartphone (File untuk Clockwork bisa saja 1 atau 2 tergantung model masing masing smartphone)

Root dengan Kingoroot


Di OS Android, dengan CWM Base Recovery. Software tersebut harus mengunakan cable data dan software khusus disebut ODIN. Fungsinya memasukan boot di Android

Siapkan Boot Loader untuk Android, sebuah kabel data dan software ODIN

Update dengan Odin untuk memasukan file ClockMod
Di computer install bisa mengunakan Flashdrive dan di boot dari DVD ROM atau Flashdrive
Di Android harus ditekan tombol Power + Volume DOWN + Home (tergantung tipe smartphone).


Untuk menghubungkan software Odin ke Smartphone Android seperti diatas. Setting di smartphone juga harus membuka USB Debug. Agar computer dapat menghubungkan dan mengakses data di smartphone via kabel USB.


Nantinya akan muncul seperti dibawah ini di tampilan layar smartphone.

Bila cable data sudah dihubungkan ke smartphone dan computer. Pada software ODIN akan memberik keterangan bahwa ada komunikasi di COM X, dalam contoh gambar di atas COM4


Disini adalah bagian penting. Ketika mengcopy file dari computer ke smartphone. Ada beberapa menu icon yang harus di setting termasuk nama file yang akan di upload.
Nama file bisa berbeda beda tergantung jenis smartphone.



Dengan teknik upload dari software ODIN, teknik ini hanya salah satu cara untuk mengirim file Clockwork ke smartphone. Ada beberapa teknik lain selain mengunakan software ODIN.

Di Windows, langkah pertama membuang aplikasi dengan memformat Bila smartphone sudah dimasukan software Clockwork

Tahap selanjutnya membersihkan isi data lama di smartphone.

Tampilan menu ClockWork


Hati hati ketika meng clean data dari ClockWork. Pastikan mengikuti bagian yang perlu dihapus.

Tahap 4 Install OS CyanogenMod
Setelah memformat harddisk baru di install OS Windows Baru
Di Android tidak semudah itu.

Sebelum smartphone dimasukan Bootloader Android.

Anda harus mendownload OS baru. Ada 2 file, yaitu OS CyanogenMod (versi tertentu) + GAPP Android.

Keduanya harus sesuai, misalnya mengupgrade ke OS Android 4.4 versi CyanogenMod, maka GAPP Android yang diperlukan adalah versi untuk Android 4.4

Kedua file (tertanda di blok) harus di copy dahulu ke SD storage di smartphone.

Biarkan dalam bentuk ZIP untuk dimasukan ke storage atau MicroSD di smartphone. Dan file di ektrak dari menu pilihan di ClockWork.

Tampilan menu CyanogenMod
  • CynogenMod adalah OS Android Mod (CM-112014......zip)
  • GAPP adalah aplikasi Google yang diperlukan untuk OS Android (gapps-kitkat.....zip)
   Memasukan OS baru di smartphone
Dengan memilih Install dari menu ClockWork dengan 2 file yang sudah di copy ke microSD atau storage smartphone.

Install CyanogenMod OS Android
  Bila berhasil di copy, tinggal di boot smartphone. Tampilan pertama pada layar smartphone anda seperti smartphone baru. Perlu memasukan data account Google.
Selanjutnya OS smartphone anda sudah berganti ke versi lebih tinggi.




Tampilan OS Cyanogen Android 4.4.4 di upgrade dari Samsung Wonder i8150 OS Android 2.3

Kelebihan dan kekurangan upgrade dengan OS Cyanogen.

Kelebihan

  • Smartphone mendapat upgrade OS, walau produsen tidak memberikan update resmi lagi.
  • OS baru menjamin aplikasi yang di download masih dapat berjalan di smartphone model lama.
  • Gunakan referensi resmi penulis yang sudah mencoba, dan membuat tahapan apa yang harus dilakukan. Minimal anda memerlukan 2 petunjuk dan utamakan dari petunjuk resmi di forum XDA.

Kekurangan
  • Status smartphone anda akan ada di status Rooting, jadi berhati hati ketika meng-uninstall atau mendelete file. Salah mendelete mungkin smartphone anda tidak bekerja normal. Dan harus kembali melakukan di FlashROM.
  • Garansi smartphone anda sudah selesai bila di upgrade dengan OS Android CyanogenMod.
  • Pastikan anda sudah memiliki pilihan membeli smartphone baru. Dan ingin mencoba mengutak utik smartphone lama anda sebelum di Lembiru.
  • Pintar memilih OS CyanogenMod yang sudah stabil. Misalnya berhenti dahulu sampai ke OS CyanogenMod 11 (Android 4.4). Jangan mengejar ke OS versi lebih tinggi, karena tidak menjamin smartphone bekerja stabil. Baca baik baik informasi di media internet, dengan versi OS yang diberikan. Dan lihat keluhan dari penguna. Bila mereka mengatakan bug di sana sini atau masih tidak stabil, coba cari versi lebih rendah yang sudah aman dan bekerja baik.
  • CyanogenMod umumnya diberikan dengan kata depan CM11 (mod Kit Kat), CM12 (mod Lollipop), CM 13 (Mod Android Marshmallow. Jangan tertarik langsung ke OS lebih tinggi bila belum stabil.
  • Contoh pada OS Kit Kat, smartphone lama sudah bekerja baik dengan Cyanogenmod 11 (versi untuk Android Kit Kat). Tetapi di Cyanogen 12 atau Android 5 Mod, banyak yang mengeluh karena aplikasi yang dibutuhkan tidak bekerja sempurna dan sangat sering crash. Ingat - Cyanogemod dikembangkan oleh sebuah komunitas, jangan heran bila salah mengambil OS versi beta bahkan alpha, malah membuat smartphone anda lebih menjengkelkan dari sebelumnya. Karena setiap aplikasi dibuka bisa saja bleep keluar peringatan untuk ditutup kembali alias tidak mau bekerja.
  • Masing masing OS Cyanogenmod khusus dibuat untuk masing masing smartphone. Satu smartphone membutuhkan file tersendiri. Bila tidak yakin dengan tipe smartphone anda dengan versi OS CyanogenMod, sebaiknya jangan pernah mencoba menginstall OS yang tidak jelas.
  • Pastikan mengambil file dengan nama Clockwork.... zip dan GAPP....zip dari satu sumber yang sama. Jangan digabung, misalnya anda mendownload file Clockwork dari website A dan mendownload file GAPP dari website B.
  • Hindari membaca keterangan dari website tidak resmi, atau sekedar Copy Paste. Bila mereka tidak lengkap mengcopy keterangan dengan baik, mungkin akan merepotkan anda sendiri.
  • Baca keterangan sedetil mungkin, apa yang perlu di backup dan bandingkan dengan beberapa blogger lain yang memang benar benar mencoba sendiri.
  • Baca tahapan untuk mem FlashROM ke OS baru, dengan asumsi anda mengambil file sudah benar. Bila salah satu langkah dan ada yang terlupakan, smartphone tidak dapat Boot atau hanya Boot Loop, dan smartphone tidak bisa masuk ke OS. Berdasarkan pengalaman kami bila terjadi Boot Loop atau Smartphone nyangkut setelah di file GAPP dan CM11 di ektrak dari menu Clockwork. Kesalahan terjadi karena kurang mengikuti tahapan dari pembuat OS. Satu tahap tidak dipenuhi memungkinkan OS tidak dibaca dan nyangkut di tampilan tahapan ke 2 (gambar diatas), dan dapat membuat smartphone melakukan Boot Loop. Panik, tenang saja. Coba ulangi tahap dimana kesalahan terjadi dan ulangi kembali melakukan FlashROM dari OS CyanogenMod.
  • SuperUser sebagai monitoring aplikasi, akan mengunakan Log terlalu banyak memory untuk Log. Fitur ini bisa dimatikan untuk memberikan space internal memory
  • Terakhir baca keterangan tentang data IMEI. Bila data tersebut terhapus, smartphone tidak akan berfungsi.

Informasi tentang Clockwork, Root dan FlashROM diatas hanya sebagai referensi. Informasi lebih lengkap dapat dibaca dari para penulis seperti media XDA. Disini hanya memberikan langkah apa saja dan gambaran ketika melakukan upgrade OS Smartphone Android. Sekali lagi mohon maaf, pada artikel ini tidak membuka komunikasi tanya jawab.

Catatan : teknik ROOT untuk upgrade OS smartphone saat ini sudah ada dalam bentuk APK file di Google Play Store atau dari website pengemebang software.


Informasi tambahan tentang upgrade OS dengan Root Genius

www.obengplus.com/artikel/articles/182/GPS-Navigation-and-maps
www.obengplus.com/artikel/articles/183/MX-Player
www.obengplus.com/artikel/articles/181/Comodo-Battery-Saver
Artikel Lain

Google mengeluarkan Nexus 6 dan Nexus 8 tablet. Kedua produk berbeda. Nexus 8 mengunakan procesor ARM v8 dan OS 64bit, sedangkan Nexus 6  procesor 32bit. Apakah membutuhkan RAM 6GB untuk smartphone.

Google Camera dapat di download di Google Play. Aplikasi camera ini membuat kemampuan camera smartphone dengan setting DSLR. Seperti fitur 360 derajat, efek blur, foto panorama , Sphere dan video. Update recording video dan foto shoot dapat dilakukan bersamaan di versi Google Camera 3.2



OS Android 5.0 fitur VPN atau Virtual Private Network dan Smart Lock. Motorola Droid Ultra, Droid Mini dan Droix Maxx. Batal mendapat Android Lollipop, karena model lama 3 tahun lalu. Samsung Galaxy Core Prime, Xperia Z3v dan Xperia Z2 Tablet mendapat update



Youtube Obengplus

Trend