Galaksi NGC 4696 memiliki bentuk unik, tidak terlalu bercahaya dan bentuk elips berbeda. Akibat ulah lubang hitam supermasif di tengah galaksi.

Lubang hitam raksasa merusak kehidupan galaksi itu sendiri, dimana debu dan gas terionisasi dan keluar dari galaksi yang berbentuk spiral tersebut.

NGC 4696 terseltak di kelompok Centaurus atau sekitar 150 juta tahun cahaya dari bumi. Terlihat berbentuk galaksi elips standar tapi ketika lebih dekat dilihat, menunjukan bentuk berbeda dibanding galaksi elips lainnya.

Debu dan gas digalaksi ini terlihat terlempar keluar antariksa, padahal bagian tersebut adalah bagian penting dalam pembentukan bintang dan planet di sekeliling galaksi nantinya. Pada dasarnya, galaksi NGC 4696 adalah galaksi yang sudah mati.

Tim univertas Cambridge melihat filamen atau kandungan di galaksi NGC 4696 mengunakan teleskop Hubble. Mereka melihat kepadatan 10x lebih besar dari gas disekitar bagian luar galaksi.
Lubang hitam di tengah galaksi menganggu pembentukan galaksi sendiri, membuat isi pembentukan galaksi berubah bentuk dan filamen. Gas di sekitar galaksi dipanaskan oleh lubang hitam, dan membuat magentik struktir galaksi akhirnya mencegah semua gas untuk membentuk bintang baru. Tanpa bintang baru, akan tersisa sebagian bintang tua, dan pada akhirnnya dengan berjalan dengan waktu semua bintang tua mati dan galaksi tersebut tamat.

Galaksi NGC 4696 lubang hitam membuat galaksi ini sudah tamat