Cerita film Inferno diawali profesor Robert Langdon (Tom Hanks) terbangun di sebuah rumah sakit Florence Italia. Dan dia tidak ingat apapun dengan kejadian beberapa hari sebelumnya.  Dr Sienna Brooks salah satu dokter mengatakan dia terluka akibat luka peluru di kepala.

Misteri amnesia Robert berlanjut, dia dikejar oleh seorang pembunuh tapi Sienna berhasil membawa kabur dari rumah sakit. Selama perjalanan, Robert mencari benda yang bisa diingat, sampai menemukan benda Faraday Pointer yang menjadi misteri. Benda tersebut seperti proyektor mini jaman kuno, dan menjadi petunjuk awal penemuan berikutnya.

Film Inferno kegilaan penyebaran virus untuk membunuh manusia

Seorang miliader Bernart adalah ahli genetika mendampingi cerita secara bersamaan, yang sedang dikejar oleh pihak berwenang karena diduga akan melakukan penghancuran penduduk bumi. Dia percaya bila bumi sudah terlalu banyak penduduk, dan ingin memusnakan sebagian manusia dengan virus.

Robert dan Sienna mencari kunci jawaban, bila si miliader ini yang terobsesi dari cerita Dante Inferno, lalu membuat virus yang disebut Inferno. Tetapi dimana virus yang akan disebar, tidak ada yang tahu. Kecuali si pembuatnya dan orang orang yang sudah di persiapkan sebelumnya.

Tujuan virus tersebut untuk disebar, dan mengurangi jumlah penduduk tanpa diketahui oleh pihak manapun. Tapi usaha Bernart yang gila tersebut diketahui Vayentha badan kesehatan dunia WHO. Dimana dan kapan Robert akan melepas virus mematikan tersebut, itulah teka-teki yang harus ditemukan. Dan ada pada Robert sebagai bintang utama.

Tidak ada yang diketahui siapa yang mengejar, siapa yang akan melepas virus mematikan. Sampai diketahui kantong virus sengaja ditaruh di sebuah kolam air Istanbul. Disana virus tersebut disembunyikan mengunakan kantong plastik rentan pecah. Dan kapan saja bisa bocor, dan isinya menyebar.
Sampai akhirnya yang mendampingi Robert selama perjalanannya sendiri adalah si pelakuknya. Dan dari tangannya yang akan memicu ledakan untuk melepas virus

Aksi melepas virus memang tepat ditaruh di sebuah konser musik di Istanbul Turki. Dari tempat inilah terdapat banyak wisatawan kaya raya dari penjuru dunia, dengan menginfeksi turis di dekatnya, sehingga virus akan disebarkan begitu cepat oleh turis setelah pulang ke negara mereka di seluruh dunia. Beruntung dalam cerita film, yang benar akan menang.

Film Inferno berdasarkan novel Dan Borwn. Mengikuti sekual The Da Vinci Code dan Angels & Demons. Menjadi film mister ketika yang dibintangi oleh Tom Hanks.
Perencanaan awal file sejak Juli 2013. Produksi film dimulai April 2015 di Italia, Juni 2015 di Budapest, Hungaria dan Istanbul Turki.

Ide film ini menarik, ke khawatiran dengan virus cukup nyata. Virus yang dapat dijumpai sangat dekat seperti hepatitis saja belum memiliki vaksin, lebih banyak menginfeksi manusia dibanding HIV.

Ketika terjadi virus flu burung yang begitu cepat menyebar. Sampai virus Ebola yang terjadi tahn 2014, semua negara bersiap menghadapi penyebaran Ebola dari Afrika.