Intel Core i7 7700K di overclock dan tembus 5Ghz, tapi panas CPU mendekati 100deg.C 

Walau panas, power yang diberikan ke CPU hanya 1,29V. Procesor Intel 7700K adalah versi performa dari arsitek Kaby Lake. Zolkorn melakaukan test dengan board terbaru seri Intel 200.

Intel Core i7 7700K memiliki clock speed 4.2Ghz, dan unlock multiplier 8-49x


Clock speed Intel Core i7 7700K dengan 49x multiplier mencapai 4,9Ghz

CPU mengalami overheating, tapi namanya saja di overclock tentu menjadi sangat panas. Dengan mempertahankan Vcore procesor tidak melewati 1.264V, CPU tidak mengalami throller atau otomatis menurunkan speed karena sudah mendekati 100 derajat C. Intel menempatkan sensor thermostat di setiap core yang disebut Tj.Max atau batas sensor maksimum temperatur. Bila batas tersebut dilewati maka procseor akan menurunkan speed secara otomatis untuk mencegah overheating.

Overclock Intel 7700K sangat mudah, dengan voltase yang tepat maka procesor dapat ngebut sampai 4,9Ghz.

Temperatur dapat di jaga dibawah 100 deg.C, walau test hanya dilakukan sesaat. Grafik kedua terlihat posisi CPU tidak mengalami overheating atau mengalami Throlling.

Intel Core i7 7700K Overclock 4,9Ghz

Update
Masalah Core i7 7700 dan Core i7 700K kembali muncul. Karena procesor dapat mati mendadak bila mencapai panas 90.degC, dimana ambang batas procesor yang mendekati 100.degC.
Sejak 3 bulan lalu, keluhan masuk dari penguna kedua procesor ke forum Intel.
Pertama. Mereka yang mengunakan Core i7700 diminta tidak mengoverclock procesor. Seperti menaikan clock speed procesor atau meningkatkan daya voltase power procesor.
Beberapa produsen motherboard memang mengutak utik fitur BIOS agar procesor versi Unlock dapat di overclock.
Kedua, masalah panas procesor dapat disebabkan putaran fan procesor yang diatur dari BIOS. Intel meminta penguna melihat kembali setting BIOS sesuai petunjuk.

Penguna tentu tidak senang, setelah menunggu 3 bulan dan mendapatkan jawaban dengan 2 nasihatas diatas. Bahkan seorang penguna mengatakan ini adalah proccesor terakhir Intel untuk saya.

Batas pengunaan vCore tidak melebihi 1.3V. Untuk memperbaik performa procesor Intel, hanya satu cara. Menganti membuka kepala procesor dan menganti thermal paste. Misalnya mengunakan thermal paste tile Liquid. Maka procesor akan lebih stabil bekerja pada suhu 70.deg.C, walau itupun mengunakan sistem pendingin watercooler.

Clock speed Intel Core i7 7700K overheating

Masalah yang sama sejak tampil Sandy Bridge. Tip procesor kepanasan dan perlu diperhatikan sistem pendingin dan thermal procesor

Informasi Intel Kaby Lake procesor