Pernah mengalami folder di click lama dibuka, bagaimana memperbaiki folder yang lambat ketika di click untuk dibuka. Sedangkan folder lain terlihat normal.

Windows mengunakan Properties tersendiri. Ketika sebuah folder / directory di click kadang sangat lambat bahkan dapat mencapai 1 menit. Ciri tersebut sudah  terlihat ketika sebuah directory ada folder mulai dimasukan banyak file.

Folder Windows mengunakan perbandingan atau rasio. Misal sebuah folder memiliki lebih banyak file video, status folder menjadi folder Video. Bila folder berisi lebih banyak file musik seperti MP3, maka folder akan tampil sebagai folder music. Hal ini terjadi secara otomatis, dimana Explorer Windows merubah dengan sendirinya.

Kadang kita agak bingung, ketika sebuah folder lama kelamaan menjadi lambat di buka. Misal sebuah folder menampung video rekaman yang banyak, atau video yang dikumpulkan bertahun tahun sebagai folder backup. Ketika hendak digunakan, folder menjadi lambat dibuka.
Kelambatan Explorer membuka folder berdampak pada aplikasi. Aplikasi yang biasa mengambil file arsip di kumpulan dokumen, video, musik yang disatukan dalam folder menjadi lambat.
Bukan aplikasi yang bermasalah, tapi sistem Explorer di Windows yang bermasalah

Untuk memperbaiki folder yang lambat dibuka
  1. Click nama folder yang bermasalah dan lambat dibuka. Arahkan pointer mouse tombol kanan, akan muncul pilihan dan pilih Properties
  2. Setelah di click Properties, pilih bagian Customize dan pindahkan di menu pilihan ke General Items (Windows 7+). Folder yang lambat dan sudah di fix tersebut akan cepat dibuka.

Folder Slow Open in Windows Explorer

Menampilkan Thumbnail di folder
Kebalikannya, bila kita ingin melihat sebuah folder berdasarkan gambar atau thumnail kecil. Agar lebih mudah melihat file foto atau gambar.
Ganti saja Custumize menjadi Photo album atau video. Setiap file akan tampil gambar dan bukan nama file.

Menampilkan Thumbnail gambar setiap file di folder

Setting di setiap OS pada dasarnya sama. Hanya berbeda dari teknologi ketika OS Windows di rilis.
Windows XP tidak dapat menampilkan video format MP4, tapi di Windows 7 keatas menampilkan semua thumb file atau gambar dari setiap video dan foto yang sudah dikenali.oleh Explorer.

Bila kurang jelas, dapat dilihat tip pada video dibawah ini. Termasuk merubah Properties folder di aplikasi seperti Adobe Lightroom