Fotodiox Nikon to Sony Fusion Smart AF adapter adalah alat untuk memasang lensa Nikon di bodi Sony. Dan dapat full dikendalikan seperti lensa biasa. Hanya tipe lensa Nikon AF-i dan AF-s yang dapat dipasang ke mounting Sony dengan adaptor ini

Produsen mengunakan disain mounting berbeda, sehingga lensa tidak dapat dipasang ke bodi camera merek lain. Sama saja dengan disain lensa yang dibuat oleh produsen lain, harus membuat beberapa lensa untuk bodi camera berbeda walau konstruksi lensa dibuat sama.

Fotodiox Nikon to Sony Fusion Smart AF adapter, mengatur secara penuhh dari aperture, autofocus, dan image stablizer di dalam lensa, dan memberi data Exif

Fotodiox mengatakan rancangan adaptor mereka untuk lensa Nikon ke bodi Sony cukup lama. Karena 2 tipe lensa AF-i dan AF-s tidak dikendalikan secara penuh dengan sistem elektrik, dan aperture masih mengunakan mekanik.

Fotodiox membuat Fusion drive, untuk memberikan kontrol di camera Sony ke lensa Nikon. Ada batasan dari Fotodiox Nikon to Sony Fusion Smart AF adapter, adaptor hanya bekerja untuk Phase Detec AF sendiri. Dan bekerja di mode Auto, Aperture Priority atau Program AE di camera.

Fotodiox Fusion drive Pro lensa Nikon bodi Sony adaptor

Note
2 fotografer memberikan informasi, adaptor tersebut membuat masalah. 24 November 2016. Jason Lanier mempublikasikan adaptor Fotodiox merusak cameranya Sony A6300. Awal Desember 2016, Eric Rossi juga mempublikasikan cameranya A7 II rusak karena adaptor tersebut.
Pihak Fotodiox masih meneliti dari adaptor mereka.

Spesifikasi dan harga adaptor Fotodiox Nikon to Sony Fusion Smart AF adapter dapat dilihat Fotodiox