Film Stephen Hawking Favourite Places 2016 tentang antariksa


Science | 8 November 2016

Film Stephen Hawking Favourite Places atau tempat favorit ini menceritakan dari mana asal alam semesta.

Dibayangkan profesor Hawking menjadi seoarng astronot, mengunakan pesawat  ruang angkasa dan manusia bisa melihat terjadinya di awal big bang. Proses selanjutnya energi bergerak dengan kecepatan cahaya.

Dimulai dari sebuah bentuk atom yang terpusat dan bergerak miliaran km, alam semesta mulai tumbuh. Sampai akhirnya membentuk galaksi, bintang dan planet.

Blackhole yang dilihat Hawking.
Dia terbang ke tengah galaksi dan melihat seperti apa bentuk supermasif black hole. Pesawatnya menditeksi sebuah benda yang sangat besar dengan gravitasi sangat kuat. Setara massa jutaan matahari, tapi tidak bercahaya. Benda tersebut membentuk seperti lingkaran cahaya, tapi black hole sebenarnya berada di tengah lingkaran yang disebut singularitas.
Karena kekuatan gravitasi, bahkan cahaya tidak dapat keluar ketika melintas di sisi black hole. Sampai batas tertentu, pesawat bisa mendekat pada garis Event Horizon. Tapi pada batas lebih dekat, dimana tidak ada yang bisa kembali. Artinya semua yang terlalu dekat akan tertarik lubang hitam.

Blackhole film Hawking


Gliese 832C
Pesawat melanjutkan ke sebuah tata surya dimana disana terdapat planet yang disebut Gliese 832c
Sebuah planet yang disebut superearth. Jarak dari Bumi hanya 16 tahun cahaya.

Disana terdapat sebuah bintang berwarna merah. Seperti matahari tapi ukurannya lebih kecil. Planet Gliese 832c mengorbit ke bintang dalam waktu 36 hari (satu tahun disana). Profesor Hawking mengatakan, ada kemungkinan sebuah kehidupan diplanet tersebut.

Gliese 832C film Hawking



Kembali ke Saturnus
Pesawat Hawking mengunjungi planet Saturnus dimana satu satunya planet yang memiliki cincin. Cincin tersebut dari foto satelit terlihat seperti lembaran debu yang mengeliligi planet. Kenyatannnya disana banyak sekali batuan dan debu yang mengorbit.Saturn adalah salah satu planet penyelamat bumi, seperti planet Jupiter yang sering ditabrak oleh batuan diruang angkasa. Sehingga tidak mencapai ke Bumi.

Dibawah ini film singkat Favourites Place 20161. Semoga tidak di delete oleh Youtube.



Film Favourites Place hanya sebagian dari cerita antariksa. Seri film lain dapat dilihat via Youtube

Berita terkait
Ilmuwan membuat penemuan dengan memantai gelombang suara, dan mengungkap jenis jenis batuan yang bersembunyi di bawah permukaan planet kita. Peneliti memperkirakan akar cratonik Bumi adalah bagian batuan kuno. Dan membentuk pergunungan terbalik yang terletak di pusat lempeng tektonik. Membentang sampai 300km lebih. Peneliti mengatakan berlian bukan barang langka dari sisi geologi

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan



Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Astronom menditeksi sinyal di konstalasi rasi bintang Hercules, mungkin sinyal kuat tersebut berasal dari alien pintar. Sinyal dari 100 tahun cahaya tersebut dapat menjadi kontak dari dunia luar alien. 39 kali percobaan hanya 1 sinyal terditeksi, kemungkinan sinyal berasal dari Bumi sendiri.




No popular articles found.
< /body>