2 miliar tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Pembentukan sebuah galaksi dimulai dengan ukuran kecil lalu membesar. Galaksi yang sudah membesar akan menarik galaksi lain. Dan mengambil bagian isi dari galaksi. Lubang hitam umumnya ada disebuah galaksi. Ketika proses pengabungan galaksi, maka 2 lubang hitam akan masuk menjadi satu lubang hitam lebih besar.

Dari satu galaksi bergabung dengan galaksi lain, membuat ukuran sebuah galaksi menjadi lebih besar. Semakin banyak galaksi di sekitar galaksi yang lebih besar, maka galaksi yang lebih kecil akan di makan dan galaksi yang lebih kecil akan hilang untuk bergabung. Proses tersebut berjalan selama miliaran tahun, sampai tersisa satu galaksi yang terbesar saja.

Cerita lubang hitam B3 1715+425 yang menarik. Peneliti menemukan jejak sebuah sisa galaksi yang telah dimakan oleh galaksi lain. Dimana bintang yang mengorbit atau mengelilingi lubang B3 1715+425 akhirnya tertarik oleh galaksi disampingnya.

Tetapi lubang hitam supermasif B3 1715+425 dan sebagian sisa bintang tidak ikut serta tertarik. Peneliti melihat pembentukan lubang hitam B3 1715+425 masih ada, dengan jejak dari sisi bintang yang mengelilingi.

Seperti gambar dibawah ini
Kiri. titik hitam adalah letak lubang hitam yang ada ditengah galaksi. Dan bertemu dengan galaksi ZwCl 8193 yang ditandai dengan warna kuning.
Tengah. sebagian isi galaksi di lubang hitam yang terditeksi tersebut tertarik oleh galaksi ZwCl 8193.
Kanan, sekarang lubang hitam B3 1715+425 dikelilingi oleh beberapa bintang. Sedangkan sebagian besar isi galaksi sudah tertarik diambil oleh galaksi dibawahnya.

Lubang hitam B3 1715+425 supermasif suatu hari nanti akan 
sendirian

Bagaimana nasib lubang hitam B3 1715+425.
Lubang hitam B3 1715+425 memang bergerak semakin cepat, mencapai 2.000 km perdetik. Sehingga sebagian kecil isinya masih dapat lolos tertarik oleh galaksi dibawah yang berwarna kuning. Tapi tersisa dengan ukuran 3000 tahun cahaya, sedangkan rata rata ukuran galaksi sekitar 100 ribu tahun cahaya.

Lubang hitam tersebut berserta isinya akan terus berlari dengan kecepatan 2.000km perdetik dan mungkin tanpa bisa di hentikan di ruang angkasa.

Nearly Naked Black Hole from NRAO Outreach on Vimeo.



Tapi di masa mendatang, dalam miliaran tahun lalu. Sisa bintang yang dibawah oleh lubang hitam B3 1715+425 akan tersisa sendirian saja. Bintang yang mengikuti tidak lagi mendapatkan tambahan debu dan gas untuk membentuk bintang baru, karena sudah habis tertarik oleh galaksi lebih besar.
Sampai suatu hari nanti, lubang hitam raksasa tersebut akan melayang sendiri tanpa diketahui keberadaannya.

Lubang hitam B3 1715+425 supermasif suatu hari nanti akan 
sendirian

Penemuan lubang hitam B3 1715+425saat ini masih terditeksi karena dikelilingi oleh sisa bintang yang ada disekitarnya. Peneliti mengunakan teleskop infrared Hubble, Swift dan pengamatan dari teleskop radio di bumi VLBA - Very Long Baseline Array yang dapat mendeteksi sinyal lubang hitam.
Peneliti memberikan pendapat, evolusi sebuah galaksi dapat saja nasibnya seperti ini. Isinya tidak ditarik semua dan bergabung dengan galaksi yang lebih besar, tapi disisakan sampai akhirnya menjadi sebuah galaksi berukuran kecil tapi memiliki lubang hitam ditengahnya yang sangat besar. Nrao