Lubang hitam B3 1715+425 supermasif suatu hari nanti akan sendirian


Science | 4 November 2016

2 miliar tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Pembentukan sebuah galaksi dimulai dengan ukuran kecil lalu membesar. Galaksi yang sudah membesar akan menarik galaksi lain. Dan mengambil bagian isi dari galaksi. Lubang hitam umumnya ada disebuah galaksi. Ketika proses pengabungan galaksi, maka 2 lubang hitam akan masuk menjadi satu lubang hitam lebih besar.

Dari satu galaksi bergabung dengan galaksi lain, membuat ukuran sebuah galaksi menjadi lebih besar. Semakin banyak galaksi di sekitar galaksi yang lebih besar, maka galaksi yang lebih kecil akan di makan dan galaksi yang lebih kecil akan hilang untuk bergabung. Proses tersebut berjalan selama miliaran tahun, sampai tersisa satu galaksi yang terbesar saja.

Cerita lubang hitam B3 1715+425 yang menarik. Peneliti menemukan jejak sebuah sisa galaksi yang telah dimakan oleh galaksi lain. Dimana bintang yang mengorbit atau mengelilingi lubang B3 1715+425 akhirnya tertarik oleh galaksi disampingnya.

Tetapi lubang hitam supermasif B3 1715+425 dan sebagian sisa bintang tidak ikut serta tertarik. Peneliti melihat pembentukan lubang hitam B3 1715+425 masih ada, dengan jejak dari sisi bintang yang mengelilingi.

Seperti gambar dibawah ini
Kiri. titik hitam adalah letak lubang hitam yang ada ditengah galaksi. Dan bertemu dengan galaksi ZwCl 8193 yang ditandai dengan warna kuning.
Tengah. sebagian isi galaksi di lubang hitam yang terditeksi tersebut tertarik oleh galaksi ZwCl 8193.
Kanan, sekarang lubang hitam B3 1715+425 dikelilingi oleh beberapa bintang. Sedangkan sebagian besar isi galaksi sudah tertarik diambil oleh galaksi dibawahnya.

Lubang hitam B3 1715+425 supermasif suatu hari nanti akan 
sendirian

Bagaimana nasib lubang hitam B3 1715+425.
Lubang hitam B3 1715+425 memang bergerak semakin cepat, mencapai 2.000 km perdetik. Sehingga sebagian kecil isinya masih dapat lolos tertarik oleh galaksi dibawah yang berwarna kuning. Tapi tersisa dengan ukuran 3000 tahun cahaya, sedangkan rata rata ukuran galaksi sekitar 100 ribu tahun cahaya.



Lubang hitam tersebut berserta isinya akan terus berlari dengan kecepatan 2.000km perdetik dan mungkin tanpa bisa di hentikan di ruang angkasa.

Nearly Naked Black Hole from NRAO Outreach on Vimeo.



Tapi di masa mendatang, dalam miliaran tahun lalu. Sisa bintang yang dibawah oleh lubang hitam B3 1715+425 akan tersisa sendirian saja. Bintang yang mengikuti tidak lagi mendapatkan tambahan debu dan gas untuk membentuk bintang baru, karena sudah habis tertarik oleh galaksi lebih besar.
Sampai suatu hari nanti, lubang hitam raksasa tersebut akan melayang sendiri tanpa diketahui keberadaannya.

Lubang hitam B3 1715+425 supermasif suatu hari nanti akan 
sendirian

Penemuan lubang hitam B3 1715+425saat ini masih terditeksi karena dikelilingi oleh sisa bintang yang ada disekitarnya. Peneliti mengunakan teleskop infrared Hubble, Swift dan pengamatan dari teleskop radio di bumi VLBA - Very Long Baseline Array yang dapat mendeteksi sinyal lubang hitam.
Peneliti memberikan pendapat, evolusi sebuah galaksi dapat saja nasibnya seperti ini. Isinya tidak ditarik semua dan bergabung dengan galaksi yang lebih besar, tapi disisakan sampai akhirnya menjadi sebuah galaksi berukuran kecil tapi memiliki lubang hitam ditengahnya yang sangat besar. Nrao

Berita terkait
Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.

Sebuah lubang hitam  ASASSN-19bt telah menghancurkan sebuah bintang. Tertangkap pengamatan teleskop TESS selama 70 hari, nyaris sebelum bintang tersebut hancur disedot oleh Black Hole. Kejadian langka di alam semesta, yang hanya terjadi 10.000-100.000 tahun sekali untuk ditemukan dengan kondisi khusus.



Awalnya peneliti sedang mencari galaksi dengan 2 lubang hitam dalam proses merger. Tetapi di galaksi SDSS J084905.51 + 111447.2 malahan ditemukan 3 lubang hitam dari 3 galaksi yang bergabung. Mengunakan beberapa instrumen baik teleskop darat dan ruang angkasa. Ditemukan kejadian langkah dan berada 10 juta tahun cahaya dari Bumi.

Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk

Galaksi NGC 1277 memiliki ukuran 1/4 dari Bima Sakti. Yang lebih aneh lagi, inti galaksi di tengah terdapat sebuah lubang hitam supermasif.  Ini isi semuanya hanya lubang hitam, dan dapat menjadi objek penelitian dimana kelas baru tipe galaksi.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.



Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.

Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras




No popular articles found.