Film Before the Flood, adalah film dokumenter yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Film tersebut dapat ditonton gratis di Youtube. Dibuat oleh National Geographic, sudah tayang jaringan TV Nat Geo

Film Before the Flood memulai debutnya pada 30 Oktober setelah tayang di bioskop, dan disiarkan di TV nasional Geographic ke 171 negara.

Nat Geo memutuskan memberikan film dokumenter tersebut untuk di tonton gratis termasuk Youtube. Dan account Youtube Leonardo DiCaprio yang memberikan film tersebut untuk dilihat di seluruh dunia.

Film before the flood gratis di Youtube sampai 6 November 2016

Film ini menceritakan aktivitas manusia yang merusak Bumi. Dan dampaknya mulai terasa seperti cuaca ekstrem dan perubahan iklim.

Amerika dan Kanada
Di 2 negara tersebut, menceritakan kerusakan hutan akibat eklorasi minyak dan gas. Tidak di Indonesia saja, kerusakan lingkungan terjadi di Kanada.
Satu daerah hutan di pangkas, dan ditanyakan siapa yang memotong. Satu perusahaan perkebunan.
Satu perusahaan menceritakan se;alu membersihkan tumpahan minyak dengan uap panas, agar pasir dapat bersih.
Tapi satu perusahaan lain merusak. Leo mengatakan tanah disini seperti film Lord Of The Ring, hitam ala Mordor. Semua tanah sudah tercemar minyak bumi akibat pertambangan resmi.

Semua kegiatan manusia melibatkan emis karbon dioksida. Sejak ditemukan kendaraan, gedung, server computer, perangkat elektronik, semua memberikan konstribusi gas CO. Semua yang dikerjakan seperti kerusakan dari film sain fiksi, tapi ini nyata terjadi dan terjadi sekarang

Di laut Artik, Leonardo bertemu dengan satu penduduk asli. Dia menceritakan ketika dahulu mencari ikan. Laut berubah menjadi es, dan air laut disana terlihat sangat biru. Sekarang biru tapi tidak seperti ini kata penduduk asli.
Seorang ahli geologi mengatakan, di tahun 2040. Laut ini nanti bisa dilewati oleh kapal. Karena sebagian es di laut artik sudah menghilang, kapal bisa berlayar di kutub utara selama musim panas.

Di Kangerlussuaq Greenland, Profesor Jason E.Box ahli iklum dari geologi Denmark. Dia melihat simulasi computer, dan apa yang akan terjadi dengan Greenland bila kondisi bumi seperti ini berlanjut, es di Greenland akan hilang. Artinya Greenland sebagai daratan yang tertutup es akan terbuka.
Jason mengajak Leo melihat es yang mencari. Dari atas tidak terlihat apapun, tapi setelah melihat pecahan es ada aliran air yang mengalir begitu deras. Disebutkan air tersebut dari es yang mencair dan turun ke lautan

Salah satu kota adalah Miami yang juga bermasalah. Disana mengunakan pompa air, karena kota tersebut sebenarnya sudah dibawah permukaan laut. Kota melakukan peninggian jalan, untuk menghindari banjir.

Walikota Miami mempertanyakan para politisi tidak menyebutkan masalah kota yang menjadi wakil mereka. Entah ada tekanan dari perusahaan. Bahkan dibantah oleh Rubio yang tidak percaya dengan perubahan iklim, dan menyebut perubahaan iklim tidak berdampak signifikan. Ucapan politisi tersebut tercatat di film ini.
Bahkan seorang ilmuwan Profesor Michael Mann, dia diserang oleh media dan politisi sampai di intimidasi.
Disebutkan dalam film tersebut perusahaan minyak mendanai aksi untuk tidak mempercayai adanya perubahan iklim. Uang, perusahaan dan politisi di Amerika bisa berbicara.

China
Negara China lebih bijaksana. Ma jun pendiri institusi publik menceritakan 35 tahun China telah berkembang dengan industri dan urbanisasi. China menjadi pabrik dunia, memproduksi produk untuk barat. Hasilnya polusi di negara mereka.
Pembangkit batu bara dan industri di sekitar kota Beijing dan Shandong mengkonsumsi batubara setara total batubara yang dikonsumsi satu negara Amerika. Kedua kota bukan area yang besar, tapi luar biasa membakar batubara untuk energi industri. Masyarakat China sendiri khawatir dengan perubahan iklim dan dapat berdampak dengan kesehatan mereka setiap hari.

Ma melakukan pendataan, sampai membuat peta sepanjang garis pantai timur China begitu padat dengan industri dan polusi manusia. Sekitar 9000 perusahaan,dan  memberikan tanda dimana saja perusahaan yang tidak memenuhi standar.
Berbeda dengan Amerika. Masyarakat China, dimana media sekarang memiliki kekuatan. Ma melakukan langkah cerdas untuk upaya lingkungan hidup. Dia mengatakan bila ada data yang diberikan ke masyarakat, dan masyarakat dapat melihat langsung data di ponsel. Maka masyarakat menjadi kekuatan dan media meliput, sampai memotivasi politisi untuk peduli lingkungan. Dengan menempatkan stasiun pencatat gas emisi, masyarakat menjadi peduli dari udara yang mereka konsumsi setiap hari.
Berhasil, sepertinya. Pemerintah China mulai mengambil perubahan dengan rencana jangka panjang untuk pengembangan energi terbarukan.

Alvin Lin, mengatakan pemerintah China mulai membangun industri energi terbarukan. Yang sekarang sudah terlihat seperti pembangkit angin dan panel surya.

India
Satu kota paling berpolusi di dunia, jumlah penduduk yang setara jumlahnya seperti China. Sekarang memiliki kota dengan polusi tertinggi bahkan tertinggi di dunia. Disana sering mati lampu karena masyarakat terlalu banyak mengunakan listrik.
Sunita Narain dari pusat sain dan lingkungan. Di India sekitar 300 juta penduduk belum mendapat akses energi. Penduduk India mengunakan kotoran sapi untuk bahan bakar.
India memiliki cadangan batubara, mungkin nomor 3 atau 4 cadangan batubara terbesar didunia.
Disini digambarkan, dimana India bisa menempatkan uang yang tepat.
Masyarakat Amerika mengkonsumsi energi paling besar. Konsumsi listrik satu orang Amerika setara kebutuhan energi 34 orang di India. Mengapa, karena rumah anda lebih besar dan semakin besar sehingga membutuhkan energi lebih banyak. Walau konsumsi listrik masyarakat India relatif sedikit, jumlah penduduk disana sangat banyak.

Leo mengatakan dia setuju bila masyarakat Amerika bisa merubah gaya hidup mereka. Dan Amerika sudah berinvestasi pengembangan energi terbarukan, seperti solar dan angin. Kembali dipertanyakan, berapa besar. India juga membangun dan lebih besar dari Amerika. Bahkan China jauh lebih besar lagi.

Kepulauan
Abaian Kiribati, salah satu negara kepualan kecil yang tidak lama akan lenyap dari permukaan Bumi.
Negara ini perlahan sedang tengelam. Anote Tong presiden Kiribati mengatakan pulau mereka sudah di bawah permukaan laut. Penduduk disana sedang bermigrasi
Bablomekang Palau. Tommy E Remengesau presiden Palau. 20 tahun lalu di pinggir pantai masih ada masyarakat yang tinggal. Sekarang sudah pindah.

Indonesia dengan kebakaran hutan
Leonardo sempat datang ke Indonesia dan melakukan pengambilan gambar. Linsey Allen dari perlindungan hutan yang bertugas di Indonesia. Dia mengatakan hutan adalah paru paru dunia. Gas CO2 diserap oleh hutan, dan pohon membantu membersihkan gas CO2. Ketika kita menghapus hutan dan membakar hutan, sama saja mengembalikan polusi gas CO2 sangat besar ke atmofer

Indonesia. Ditemani Farwiza Farhan dari yayasan Haka, untuk melihat kabut asap di Sumatra. Dan Farwiza hanya mengatakan selamat datang di Sumatra.
Perambahan hutan hanya disebabkan ulah perusahaan perkebunan sawit, untuk memproduksi minyak goreng lebih murah, membuat bahan kosmetik anda, sabun pembersih. Menjadi komoditi murah yang disuplai bagi perusahan lain dengan mengorbankan pohon untuk perkebunan sawit.

Leuser, salah satu tempat gajah, badak, orang utan dan harimau hidup bersama di alam liar terakhir. 80% hutan sudah diambil perkebunan. Perusahaan menyuap pejabat pemerintah dan mereka membakar hutan.

Kunjungan Leo DeCaprio sempat membuat sensasi, karena dikhawatirkan akan diskreditkan perusahaan di Indonesia. Tapi menteri Siti Nurbaya, menyebut Leo didampingi oleh staf pemerintah. ketika berkunjung melihat orang utan (Guardian)

Pengusaha
Elon Musk pemimpin Tesla dan SpaceX, membangun pabrik Gigafactory. Membuat baterai dan mobil listrik, serta solar panel. Dengan cita cita dia ingin membangun ratusan pabrik yang sama. Untuk memberi energi terbarukan di seluruh dunia. Mendirikan panel surya di negara kecil untuk listrik pedesaan.

Meningkatanya suhu bumi
Profesor Johan Rockstrom  dari universitas Stockholm. Panas bumi lebih cepat dari perkiraan, dalam 100 tahun ke depan. Suhu bumi rata rata hanya berubah kurang atau naik turun 1 derajat. Tapi sekarang telah terus meningkat 0,85 deg.C. Dampaknya, menyebabkan badai besar. Bila bergerak naik ke 2 deg.C, karang laut mungkin sudah musnah sebelum mencapai 2 deg.C. Naik ke 3 deg.C, pertanian di beberapa negara sudah tidak layak. Naik ke 4 deg.C, artinya kekeringan dan kebakaran hutan meningkat.
Panas membuat cadangan gas metan yang tersimpan di salju akan keluar ke atmosfer.

Jerman disebutkan negara yang sudah mengunakan energi terbarukan. Denmark sudah 100% pada hari tentu dari energi angin. Italia, Belanda, Spanyol, sudah mengunakan energi terbarukan. Swedia sebenarnya total bersih dari energi fosil.

Produksi film membutuhkan waktu 3 tahun, dengan biaya jutaan dollar untuk pembuatan. Dari Youtube saja sudah di tonton 4 juta orang.

Cerita film Before the Flood meliputi pemahaman akibat manusia dan perubahan iklm, dan dampak negatif bagi lingkungan. Termasuk wawancara dengan bintang, presiden Barrack Obamadan Elon Mu.
Sederhananya, ketika disana merusak lingkungan maka di tempat kita yang mendapatkan dampak negatif. Sebaliknya, ketika kita merusak lingkungan, dan disana juga merasakan dampak negatif. Sekarang dunia menunggu aksi, kita harapan terakhir untuk bumi