Bintang KSw 71 ditemukan dengan teleskop Kepler dan Swift.

Bintang ini berputar sangat cepat dan menghasilkan radiasi sinar X-ray lebih tinggi dari matahari dan ukuran bintang yang bongsor

Putaran yang begitu cepat membuat bentuk bintang seperti tergencet menjadi bentuk buah labu, dengan membesar di bagian khatulistiwa.  Sebenarnya bintang ini tidak satu tapi awalnya ada 2 atau bintang biner dan bergabung menjadi satu bintang.

Satu bintang di kelas KWs paling ekstrim, setiap hari bintang KSw 71 berputar 5,5 kali perhari dan kecepatan putaranya 4x lebih cepat dari bintang biasa kata ilmuwan Steve Howell.
Bandingkan dengan matahari hanya berputar 25 hari sekali, dan bintang ini ukurannya 10x lebih besar lebih besar dari matahari.

Rotasi yang cepat membuat permukaan bintang menghasilkan lidah api. Memberikan radiasi sinar X 4000 kali lebih besar

Bintang KSw 71 berada di konstelasi Cygnus dan Lyra. Tercatat oleh pengamatan teleskop Kepler antara bulan Mei 2009 dan Mei 2013 untuk diukur kecerahannya. Dan memiliki kecerahan paling tinggi dari 150.000 bintang lain. Dan tidak hanya satu bintang tipe KSw, ada beberapa bintang lain. Tapi yang paling agresif KSw 71 tersebut

Teleskop Swift memiliki sensor ultraviolet dan optik, bersama pengamatan Kepler dan keduanya disebut Survey Star / KSwAGS. Bertugas mengamati area 12 kali ukuran nyata dari bulan purnama.
Dengan kerja sama kedua teleskop, ditemukan 93 sumber X-ray baru. Terbagi antara galaksi aktif dan berbagai bintang yang mengeluarkan cahaya X-ray.

Sumber yang terang dari bintang kembali di amati dengan teleskop 200inci di pusat observasi Palomar California.

Bintang KSW Class memiliki putaran lebih cepat dari bintang biasa

Disini cerita menarik. Tim Howell dan rekan menunjukan sekitar 18 bintang tipe KSwAGS, dan cara  terbentuk dari asal mulanya sampai terbentuk sebagai bintang agak gepeng.

Bintang tipe KSw memiliki ciri
  • Termasuk bintang dengan pembentukan yang langka dan jarak ditemukan.
  • Memiliki putaran sangat cepat
  • Intensif menyebarkan radiasi X-Ray, karena putaran bintang yang lebih cepat
  • Putaran bintang kelas KSw lebih cepat dari bintang yang terbentuk, akibat gravitasi pengabungan bintang biner
  • Proses pengabungan 2 bintang sebelum menjadi bintang KSw, mencapai waktu 100 juta tahun sampai menjadi sebuah bintang utuh.
Bintang paling intensif yang ditemukan adalah KSw 71