Science | 28 October 2016

Bintang KSw 71 memiliki ukuran 10 kali dari matahari tapi horor


Bintang KSw 71 ditemukan dengan teleskop Kepler dan Swift.

Bintang ini berputar sangat cepat dan menghasilkan radiasi sinar X-ray lebih tinggi dari matahari dan ukuran bintang yang bongsor

Putaran yang begitu cepat membuat bentuk bintang seperti tergencet menjadi bentuk buah labu, dengan membesar di bagian khatulistiwa.  Sebenarnya bintang ini tidak satu tapi awalnya ada 2 atau bintang biner dan bergabung menjadi satu bintang.

Satu bintang di kelas KWs paling ekstrim, setiap hari bintang KSw 71 berputar 5,5 kali perhari dan kecepatan putaranya 4x lebih cepat dari bintang biasa kata ilmuwan Steve Howell.
Bandingkan dengan matahari hanya berputar 25 hari sekali, dan bintang ini ukurannya 10x lebih besar lebih besar dari matahari.

Rotasi yang cepat membuat permukaan bintang menghasilkan lidah api. Memberikan radiasi sinar X 4000 kali lebih besar

Bintang KSw 71 berada di konstelasi Cygnus dan Lyra. Tercatat oleh pengamatan teleskop Kepler antara bulan Mei 2009 dan Mei 2013 untuk diukur kecerahannya. Dan memiliki kecerahan paling tinggi dari 150.000 bintang lain. Dan tidak hanya satu bintang tipe KSw, ada beberapa bintang lain. Tapi yang paling agresif KSw 71 tersebut

Teleskop Swift memiliki sensor ultraviolet dan optik, bersama pengamatan Kepler dan keduanya disebut Survey Star / KSwAGS. Bertugas mengamati area 12 kali ukuran nyata dari bulan purnama.
Dengan kerja sama kedua teleskop, ditemukan 93 sumber X-ray baru. Terbagi antara galaksi aktif dan berbagai bintang yang mengeluarkan cahaya X-ray.

Sumber yang terang dari bintang kembali di amati dengan teleskop 200inci di pusat observasi Palomar California.

Bintang KSW Class memiliki putaran lebih cepat dari bintang biasa



Disini cerita menarik. Tim Howell dan rekan menunjukan sekitar 18 bintang tipe KSwAGS, dan cara  terbentuk dari asal mulanya sampai terbentuk sebagai bintang agak gepeng.

Bintang tipe KSw memiliki ciri
  • Termasuk bintang dengan pembentukan yang langka dan jarak ditemukan.
  • Memiliki putaran sangat cepat
  • Intensif menyebarkan radiasi X-Ray, karena putaran bintang yang lebih cepat
  • Putaran bintang kelas KSw lebih cepat dari bintang yang terbentuk, akibat gravitasi pengabungan bintang biner
  • Proses pengabungan 2 bintang sebelum menjadi bintang KSw, mencapai waktu 100 juta tahun sampai menjadi sebuah bintang utuh.
Bintang paling intensif yang ditemukan adalah KSw 71



Artikel Lain

Pertama tim astronom menemukan terbentuknya 2 bintang kembar terkuunci dengan gravitasi di sebuah tata surya. Masing masing bintang terus tumbuh membesar. Bintang BHB2007 11 menjadi pengamatan penting ketika sebuah tata surya mulai terbentuk. Tapi masih jauh dari waktu pembentukan planet, kali ini berbicara tentang bintang dahulu

Disebut SN2016iet, memiliki durasi yang panjang, dengan jejak kimia yang tidak biasa, dan lebih banyak teka-teki di bintang tersebut. Para peneliti percaya supernova ini dapat menantang model kematian bintang kita yaitu matahari. Karena ledakannya terus tampak dalam beberapa tahun kedepan



M3 adalah gugus bola paling terang yang dapat diamati oleh teleskop. Ada sebagian bintang berwarna biru terang. Artinya usia bintang tersebut lebih mudah dan lebih aktif dibanding bintang lain di sebelahnya. Tidak sampai disana, bintang bintang tersebut layaknya bintang vampire. Dan mencuri gas hidrogen dari bintang yang lebih tua.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6. Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.



Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut. Peneliti dapat belajar dari mana asal planet ketika pertama lahir.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Bintang J0406 putaran yang sangat cepat ditemukan, bintang tersebut terlempar.

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Sebuah bintang di tata surya akan berdampak dengan planet yang mengorbit. Tapi peneliti menemukan sebuah bintang Hat-P-2 disana terdapat exoplanet. Bintang kategori baru disebut BLAP yang kecerahannya berubah-ubah

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Apakah mungkin pesawat ruang angkasa terbang dekat dengan matahari. Nasa menyebut ini misi pertama mereka untuk mengirim sebuah pesawat penelitian atau probe untuk meneliti permukaan matahari. Tetapi pesawat tidak terbang sampai ke permukaan matahari. Hanya mencapai jarak 6 juta km dari bintang yang menyala.



Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar orbit galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star , bintang Hyper Speed, atau bintang hipe yang jalan sendiri diluar orbit bintang lain.

Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.