Apple menawarkan smartphone iOS model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Ditemukan ada produk mengunakan chip modem buatan Qualcomm atau Intel. Chip untuk koneksi wireless tersebut ternyata berbeda kemampuannya, Intel lebih lambat.

Dari data Cellular Insights membandingkan kedua smartphone yang berbeda modem untuk 4G LTE. Dan di uji mengunakan peralatan test sinyal LTE pada Cat 4, 7 dan 12

Kekuatan sinyal penuh, kedua chip sama baiknya. Ketika sinyal melemah, ada perubahan di antara kedua kemampuan modem LTE.

Qualcomm memiliki kecepatan sampai 63Mbps di band 12 dengan sinyal -110dBm. Kecepatan penerimaan sinyal chip Intel turun 36Mbps.
Pengujuan di band 4, Qualcomm mampu mencapai 100Mbps, sedangkan Intel sekitar 60Mbps.

Celluar Insights mengatakan kecepatan smartphone untuk data wireless internet berbeda sampai 30%

iphone 7 mengunakan 2 chip modem 4G LTE Intel XMM7360 Qualcomm MDM9645M
Apple memang mengunakan 2 sumber, dari Qualcomm dan Intel.
Intel digunakan untuk operator GSM/WCDMA/LTE di model A1778 dan A1784, Sedangkan Qualcomm digunakan untuk GSM/CDMA/WCDMA/TD-SCDMA/LTE di model A1660 dan A1661.

Perusahaan telekom Amerika seperti Verizon, Sprint dan versi unlock iPhone 7 mengunakan modem Qualcomm MDM9645M. Memiliki 2 transmiter WTR3925 dan TR4905 yang mendukung fitur chip Qualcomm

Sedangkan perusahaan AT&T, dan T-Mobile menawarkan iPhone dengan chip Intel XMM7360. Memiliki fitur SMARTi 5 RF transmiter dan sistem power managemen X-PMU 736 RF. Mendukung 3 way downlink dan 2 way uplink.. Tapi tidak memiliki dukungan seperti EVS dan 4x4 MIMO. Uniknya perusahaan T-Mobile mendukung jaringan Advance LTE dan menawarkan iPhone 7 dengan chip Intel.

Operator seluler akan disalahkan karena jaringan meraka terasa lebih lambat. Seperti tabel grafik diatas, performa koneksi chip Qualcomm lebih cepat bahkan paling cepat di iPhone dengan chip MDM9645M.
Dan grafik biru terlihat performa dengan chip Intel paling rendah. Menarik juga pengujian dari Cellular Insights, akhirnya dapat diketahui bila Apple sendiri mengeluarkan modem berbeda di model smartphone yang sama.