Oktober 2012
Inggris mengawasi langkah Rusia, setelah satu kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov melintas di selat Dover InggrisTenggara. Kapal induk tersebut berlayar di laut Utara dan Selat Inggris pada Jumat 21 Oktober 2016.

Inggris mengirim kapal perang mereka dalam rangka pengawasan kapal perang Rusia yang melintas. Untuk apa kapal induk Admiral Kuznetsov diturunkan oleh Rusia. Tidak jauh dari berita sebelumnya, Rusia menyiapkan serangan ke Suriah untuk menghadap pasukan teroris.

Rusia mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara selama 5 tahun. Amerika juga menurunkan operasi pasukan khusus di Suriah untuk mendukung pemberontak yang menentang Assad dan militan ISIS.

Ini membingungkan, ada 3 kubu di Suriah. Militer yang memerintah Suriah tapi mengulingkan presiden resmi, pemberontak yang dipimpin oleh anak mantan presiden dan Isis yang sedang berusaha menguasai Suriah.

Rusia dengan pemerintah resmi militer dan Amerika memiliki kepentingan berbeda mendukung pemberontak dalam menghadang ISI. Seluruhnya terjadi di satu negara.
Tanpa Rusia dan Amerika, perang saudara di Suriah sudah lama terjadi. Ditambah munculnya ISIS. Tidak ada yang kehabisan peluru dan persenjataan selama bertahun tahun. Mengalah sama saja kacau balau, tidak mengalah hasilnya seperti sekarang ini. Kota bersejarah hancur dijadikan medan perant

Foto ini diabadikan dari media internasional, memperlihatkan asap hitam mengepul diatas cerobong kapal induk.
Kapal induk tua tersebut ditugaskan di era 1990an. Dapat membawa 25 pesawat termasuk helikopter, 10 jet tempur Sukhoi SU-333 (Flanker), Mig-29K atau memuat 15 helikopter Kamov KA-52K dan sejenisnya.

Sampai ada yang membuat lelucon, jangan jangan kapal itu mengunakan bahan bakar batu bara. Yang lain di Twitter tidak bisa menahan komentarnya. Asap kapal terlalu banyak, kasihana teknisi kapal semoga mereka tidak keracunan.

Info lain, kabarnya kapal tersebut dalam perawatan dan melakukan uji coba pelayaran

Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov berangkat ke Suriah

Maret 2017
Kapal induk Kuznetsov digunakan selama perang dingin.Dikabarkan dimodernisasi dengan biaya 350 juta dollar. Tapi belum ada pernyataan perusahaan yang menangani upgrade kapal induk tersebut. Kapal akan dilengkapi dengan perang elektronik, komunikasi, intelijen, navigasi, dan kontrol tempur. Dan sistem kendali pendarata pesawat juga di install.
Modernisasi Kuznetsov diperkirakan memakan waktu beberapa bulan, setidaknya siap pada tahun 2020.

Oktober lalu, kapal tersebut sempat terlihat di laut Mediterania, setelah perbaikan 4 boiler. Kapal Rusia adalah sisa dari pemerintah Soviet bertugas di Suriah selama 3 bulan.

Peralatan perang Soviet banyak yang tidak terawat. Seperti kejadian latihan perang di tahun 1996, pernah terjadi ketika mesin pemurni air / desitlasi tidak bekerja. Membuat 2000 awak kapal tidak mendapatkan air untuk perlengkapan mesin kapal dan logistik, sampai di evakuasi oleh angkatan laut Amerika.

Kapal induk tua ini sudah bertugas sejak 25 Desember 1990, dan kurang perawatan serta awak terlatih. Tapi usia kapal tidak masalah. Dapat dilihat 4 kapal induk Amerika yang lebih tua. Nimitz Dwight, Carl Vinson, Theodore atau Abraham Lincoln usianya lebih tua. Selain USS Enterpise / CVN 65 yang baru pensiun tahun 2012 lalu setelah usia kapal mencapai 50 tahun.

Kapal induk Kuznetsov masih tangguh. Setelah ikut di perang Suriah, kapal tersebut cukup penting dalam operasi militer Rusia. Bertugas di Mediterania selama 3 bulan. Mermbawa 50 ribu ton perlengkapan perang, 41 pesawat termasuk SU-33, Mig 29K, Kamov KA27 dan KA31 serta helikopter KA-52K. Dan kapal SU-33 akhirnya diganti dengan Mig-29K.
Rusia mengandalkan kapal induk karena mereka tidak banyak memiliki pangkalan militer, setidaknya hanya 9 tempat. Jadi kapal induk yang harus bergerak ke medan tempur. Amerika memiliki 800 pangkalan militer di seluruh dunia.