Galaksi Sprial NGC 6872, 5 kali lebih besar dari Bima Sakti


Kategori : Science | Date : 12 January 2013
Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552-700 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi tersebut berada dekat dengan sebuah galaksi kecil IC 4970 yang diperkirakan terjadi tabrakan besar sebelumnya. Pertemuan kedua galaksi diperkirakan terjadi pada 130 juta tahun lalu.

Kejadian tabrakan antara galaksi nantinya juga terjadi dengan Bima Sakti dan Andromeda, karena keduanya memang searah. Hanya terjadinya nanti, sekitar 4 milyar tahun lagi.

Gambar pertama dari analisa perkiraan NASA, dan gambar kedua setelah terjadinya tabrakan antara 2 galaksi



Galaksi NGC 6872 lebih memanjang karena tertarik oleh satu galaksi yang ada disampingnya. Membentang lebih panjang sampai 700 ribu tahun cahaya dari ujung galaksi ke sebelahnya. Bagian lengan galaksi terlihat lebih panjang, karena sebagian isi galaksi juga terlempar keluar terkena gravitasi dari galaksi di sebelahnya.

Foto terbaru dari ESO dapat dilihat via Google+


www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. Voyager 2 baru melewati Helioheath Okjtober 2018.Saat ini pesawat masih terus menjauh dengan kecepatan 15 - 17km perdetik

Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.

Pesawat Virgin Galactic baru sukses terbang ke ruang angkasa. Tidak lama lagi dapat jalan jalan sampai ke ruang angkasa sampai ketinggian 32km diatas permukaan laut dan kembali turun ke landasan. Juli 2018 berhasil mencapai wilayah Mesosfer 50km diatas permukaan laut



Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. Berita terbaru, robot tersebut membuat foto 360 derajat. Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Gambar perjalanan di planet Mars direkam dari camera Hazcam.

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.



Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Ada 4 galaksi saling berdekatan. Disebut Seyfert Sextet sebuah kelompok galaksi memang berdekatan di area Serpens. Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini memperlihatkan 4 galaksi seukuran Bima Sakti di formasi yang sama dan berinteraksi.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan



Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar

Ketika planet Jupiter dihantam Shoemaker Levy, sempat menjadi tontonan dari kosmik langka bagi manusia. Tahun depan para astronom memperkirakan planet Mars akan ditabrak komet C/2013 A1. Walau belum dipastikan secara tepat

Seorang profesor dari universitas Indiana mengatakan "Kita berada di dalam lubang hitam yang ada di alam semesta lain". Secara khusus sebuah lubang hitam seperti mata air. Profesor Poplawski mengatakan versi modifikasi dari teori relativitas umum Einstein.

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.

Satu lagi asteroid YQ1 memiliki lintasan dekat bumi bahkan sempat membuat heboh dengan perkiraan asteroid tersebut dipastikan menabrak bumi tahun 2106. Hal tersebut kembali dikoreksi setelah memperhitungkan lintasan asteroid YQ1

Eder Ivan seorang astronom mengabadikan posisi planet Venus dan bulan hampir segaris. Dengan camera digital model lama Nikon Coolpix 4300 ditambahkan teleskop 30mm merek TMB 130/780. Posisi pengambilan ada di Budapest Hungaria pada tahun 2004.

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi


No popular articles found.