CFA Compact Flash Association mengumumkan pengembangan memory card performa tinggi. CFexpress akan dikembangkan dengan kecepatan tranfer sampai 8GB/s. Sementara (2016) memory card tipe Compact Flash dimiliki Lexar 3600x dengan kecepatan tranfer seperti harddisk 540MB/s

Lexar masih mengunakan format CFast 2.0 untuk mencapai kecepatan tersebut.

Tetapi CFA mengemukakan kecepatan CFexpress akan lebih cepat beberapa kali dibanding CFast 2.0. Secara teori dapat mencapai 2GB/s dan 4GB/s

Disain memory card mengunakan teknologi yang sama seperti memory XQD. Dimana menempatkan beberapa jalaur atau lane. Tertinggi masih di pegang teknologi XQD dengan kecepatan teori 1GB/s. Kedepan CFexpress akan lebih cepat antara 2x 4x bahkan 8x bila ditambah jumlah PCIe lane di dalam memory card.

Tahun 2011, XQD memory diperkirakan akan menganti posisi Compact Flash. Sampai tahun 2016, hanya beberapa camera tipe high end yang menyediakan slot memory XQD. Perkembangannya terlihat tidak banyak berubah.

Fitur memory card CFexpress
Dengan PCIe Gen 3. Menyediakan kecepatan tranfer maksimum sampai 1GB/s dari satu lane PCIe. Kecepatan memory card sesuai dengan kebutuhan peralatan profesional video recording.
Form Factor. Menyediakan 2 lane dan 4 lane, pengembangan kecepatan tranfer dapat mencapai 8GB/s dengan PCIE Gen3
NVM Express. Interface storage dibuat dari disain NVM storage.