Kabel bawah laut untuk internet akan dibangun dari Amerika Utara ke Asia. 2 raksasa internet akan mengelar kabel fiber optik terpanjang dan tercepat. Menghubungkan 2 benua dengan jaringan kabel PLCN Pacific Light Cable Network. Mencapai jarak lebih dari 12800km.

Menghubungkan kota Los Angeles ke Hongkong dengan kecepatan 120TB/s.

Kecepatan kabel PLCN memiliki 2 kali kapasitas kabel Faster dimana Google bekerja sama dengan perusahaan telkom. Faster yang sudah online memiliki kapasitas 60TB/s
Konstruksi PLCN dimulai tahun ini, tapi baru tersambung di tahun 2018.

Disini yang menarik, ada 3 raksasa perusahaan dibidang teknologi ikut serta membangun PLCN. Google, Facebook dan Microsoft adalah pemain penting konstruksi kabel komunikasi. Mei 2016 lalu, Facebook dan Microsoft membangun jaringan kabel baru yang menghubungkan Virginia ke Spanyol.
Sedangkan PLCN adalah kabel ke 6 dimana Google ikut serta, termasuk Facebook dan PLDC

Jaringan kabel PLCN mengikut sertakan Google, Facebook, termasuk teknologi TE SubCom. Ketika kabel PLCN selesai di pasang, pada tahun 2018 nanti akan menjadi kabel terbesar kapasitas.
Teknologi kabel TE SubCom adalah perusahaan kabel bawah laut, termasuk pemasangan sampai perawatan kabel fiber optik dibawah laut. Dengan pengalaman pembangunan lebih dari 100 sistem kabel bawah laut. Bila ditotal panjang kabel yang mereka bangun mencapai 15x lingkaran bumi.

PLDC - Pacific Light Data Communication Co. Adalah perusahaan baru yang berdiri di Hong Kong. Menjadi salah satu pemimpin layanan broadband di regional Asia.

Bila jaringan kabel bawah laut dibangun oleh perusahaan umum atau perusahaan telkom. Sekarang sekitar 60% dibangun oleh perusahaan network sendiri, seperti perusahaan internet besar.

Jaringan kabel PLCN menjadi bagian dari proyek Facebook dan Google. Seperti teknologi drone internet, atau sistem balon udara.