Astrofotografer Filippo dari Itali ini kreatif. Dia membuat pendingin camera agar tidak kepanasan. Mengapa, karena hobinya membuat foto ruang angkasa seperti nebula. Membuat camera harus mengambil cahaya tapi berdampak dengan sensor camera menjadi panas. Intinya dia membuat cooler camera.

Hasil yang dibuat memang canggih di kalangan fotografer astronomi. Bayangkan saja sebuah bodi camera DSLR 5500 dipasangkan cooler yang disebut Primalucelab D5500a.

Untuk membuat foto antariksa, sensor camera harus dibuka sangat lama. Membuat sensor menjadi panas dan timbul noise pada gambar foto.

Idenya mengikuti produk sensor CCD yang dipasang pada teleskop tapi harus dihubungkan ke computer untuk mengambil gambar. Yang ini tidak, karena namanya saja sudah camera biasa atau tipe DSLR.

Apa yang dibuat dengan pendingin sensor D5500a ini. Pendingin dipasang di belakang camera, tepatnya pada belakang bodi. Dan suhu dingin diambil dari alat sel Peltier. Pendingin memberikan suhu -2 deg.C, sehingga panas di camera yang awalnya mencapai 27 deg.C dapat turun menjadi 20deg.C.

Kalau camera di dinginkan apakah tidak menyebabkan timbul jentik air akibat pengembunan di dalam camera. Disainnya ternyata berbeda, dirancang dengan anti embun khusus ketika tetesan air muncul. Sistem pendingin D5500a dapat diatur temperatur, dan power diambil dari adaptor 12V.
Harga satu set agak ajib, 2190 euro dengan paket lengkap camera dan pendingin.

Pendingin camera D5500a rancangan Filippo peralatan camera DSLR astronomi