Nasa temukan sebuah bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars.

Bintang yang aktif tersebut berasal dari bintang sekarang. Terlihat mengeluarkan gas plasma, dan gas tersebut terbang dengan kecepatan 30 menit untuk jarak Bumi ke Bulan. Astronom memperkirakan aktivitas tembak yang terjadi di bintang terjadi setiap 8,5 tahun sekali dan sudah terjadi selama 400 tahun terakhir.

Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Disebut bintang V Hydrae adalah sebuah bintang raksasa merah yang sedang membengkak. Berada 1.200 tahun cahaya dari bumi, setidaknya sudah mengeluarkan setengah dari massa bintang selama masa sekaratnya. Raksasa merah tersebut menjelang tahap akhir, dimana bahan bakar nuklir di dalam bintang mulai habis. Bintang menjelang kematiannya akan terus membesar dan menumpahkan sebagian lapisan luar ke ruang angkasa.

Beberapa penjelasan terbaik, astronom memperkirakan kemungkinan terjadi keanehan di bintang tersebut. Adanya bintang lain yang tidak terlihat dan menganggu di samping bintang V Hydrae dan bergerak secara elips mengitari orbit bintang utama. Sehingga gravitasi bintang pendamping menarik permukaan atmofer bintang yang sekarang setiap 8,5 tahun sekali. Sebagian gas diambil oleh bintang kedua, dan sisanya terbang terlepas ke ruang angkasa.

Bintang V Hydrae cannonball menembakan gas plasma sebesar 2x planet Mars

Putaran bintang biner lain yang melintas disamping bintang raksasa tersebut, dan bintang pendamping memiliki putaran untuk menyedot gas dari bintang raksasa merah.

Data dari Hubble menunjukan gumpalan dari bintang yang keluar mencapai suhu 9.400 Deg.C atau 2x lebih panas dari suhu permukaan matahari. Peneliti mengatakan, gumpalan yang keluar dari bintang terus bergerak dari waktu ke waktu. Data dari Hubble sudah dikumpulkan sejak 11 tahun lalu, periode tahun 2002 dan 2004. Disusul data tahun 2011 dan 2013.