Lubang hitam XJ1417 + 52 yang liar berkeliaran di samping galaksi


Science | 6 October 2016

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi.

Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52t ersebut diperkirakan mencapai ukuran 100 ribu kali dari massa matahari.

Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Lubang hitam dapat terbentuk akibat bintang mati. Bintang ukuran raksasa yang meledak dan berubah menjadi bintang neutron. Bila sebuah bintang berukuran raksasa, sangat dimungkinkan membentuk dirinya kembali menjadi lubang hitam. Tapi yang ini menarik

Disebut lubang hitam di galaksi GJ1417 + 52.dan letaknya 4,5 miliar tahun cahaya dari bumi. Tentu saja bumi  tidak akan terganggu dengan keberadaan lubang hitam tersebut.
Keunikan lubang hitam XJ1417 + 52., benda ini mengembara di sekitar galaksi yang kecil. Ini perkataan peneliti yang cukup mencemaskan. Ukuran lubang hitam tersebut cukup besar. Mungkin lubang hitam yang awalnya menjadi induk di tengah galaksi tersebut copot atau lepas dan terlempar ke arah luar galaksi. Hal ini dapat terjadi ketika 2 galaksi bertabarakan. Dimana satu satu galaksi lebih besar akan mendominasi galaksi lebih kecil

Posisi lubang hitam atau black hole XJ1417 + 52 yang terlempar akhirnya berpindah dari sisi tengah galaksi ke di tepi galaksi yang baru.

Tingkatan lubang hitam dibagi berdasarkan massa, dan bukan berdasarakan besarnya. Karena lubang hitam adalah benda yang begitu padat, dengan kekuatan gravitasi sangat besar.

Lubang hitam dengan ukuran 20x lebih besar dari matahari kita, cukup memiliki lebar 16km saja. Lubang hitam lebih besar atau kelas menengah dapat mencapai 100-100.000x dari massa matahari. Diatas ukuran tersebut disebut Super Massive Black Hole atau lubang hitam supermasif alias raksasa, yang ukurannya mencapai 100.00x sampai 10 miliar dari ukuran massa matahari.

Bentuk lubang hitam tidak bisa dilihat begitu saja, memerlukan peralatan khusus seperti sensor X-ray. Peneliti mengatakan lubang hitam yatim yang ada di tepi galaksi GJ1417 + 52 diperkirakan memiliki ukuran lebih dari 100 ribu dari massa matahari. Karena melihat kecerahan terang benda tersebut.

Lubang hitam XJ1417 + 52 yang liar berkeliaran di samping galaksi



Dengan jarak 4,5 miliar, benda tersebut tidak mengkhawatirkan mahluk hidup bagi kita.
Seperti dikutip dari ArXiv beberapa ilmuwan berspekulasi, di galaksi kita sendiri menjadi tuan rumah lubang hitam lebih kecil dari bekas bintang mati lain. Dan belum terditeksi oleh para ilmuwan. Mungkin mereka tidak ada, hemm tunggu dulu. Lebih tepat dijawab, mungkin mereka belum banyak terditeksi. Tapi sejauh ini belum ditemukan yang sebesar ukuran lubang hitam XJ1417 + 52 seperti diatas

Berita terkait
Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.

Awalnya peneliti sedang mencari galaksi dengan 2 lubang hitam dalam proses merger. Tetapi di galaksi SDSS J084905.51 + 111447.2 malahan ditemukan 3 lubang hitam dari 3 galaksi yang bergabung. Mengunakan beberapa instrumen baik teleskop darat dan ruang angkasa. Ditemukan kejadian langkah dan berada 10 juta tahun cahaya dari Bumi.



Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk

Sebuah planet disebut Proxima b berada di dekat bintang katai merah atau bintang kerdil. Peneliti menyebut disana sukar untuk tinggal. Tunggu, sangat besar kemungkinan di coret karena 2 kriteria yang tidak dipenuhi. Penemuan terbaru bintang Proxima juga agresif mengeluarkan kilatan bintang, mencapai 10x kekuatan kilat matahari kita.

Sebuah galaksi NGC 7674 ini bukan memiliki 1 lubang hitam, tapi 2 lubang hitam atau black hole. Dan bukan lubang hitam kecil, tapi lubang hitam ukuran supermasif seperti yang ada di tengah setiap galaksi.. Galaksi NGC 7674 berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.



2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit. Jarak keduanya seperti matahari ke pluto. Tetapi dampak gravitasi keduanya terlihat begitu kuat.

Film singkat tentang ruang angkasa. Dari dimulainya Big Bang, melihat lebih dekat dengan lubang hitam dan perjalanan berakhir di planet Saturunus. Bagian awal film mengambarkan seperti apa bentuk black hole, walau masih sebatas ilustrasi

Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Teleskop Array Murchison Widefield menangkap galaksi Bima Sakti dalam 12 warna. Tidak itu saha, setiap titik sinyal radio yang tertangkap juga mewakili galaksi yang lebih jauh. Dimana frekuensi radio telah mengalami perjalanan miliaran tahun untuk ditangkap oleh teleskop saat ini

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole



Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.




No popular articles found.