Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi.

Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52t ersebut diperkirakan mencapai ukuran 100 ribu kali dari massa matahari.

Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Lubang hitam dapat terbentuk akibat bintang mati. Bintang ukuran raksasa yang meledak dan berubah menjadi bintang neutron. Bila sebuah bintang berukuran raksasa, sangat dimungkinkan membentuk dirinya kembali menjadi lubang hitam. Tapi yang ini menarik

Disebut lubang hitam di galaksi GJ1417 + 52.dan letaknya 4,5 miliar tahun cahaya dari bumi. Tentu saja bumi  tidak akan terganggu dengan keberadaan lubang hitam tersebut.
Keunikan lubang hitam XJ1417 + 52., benda ini mengembara di sekitar galaksi yang kecil. Ini perkataan peneliti yang cukup mencemaskan. Ukuran lubang hitam tersebut cukup besar. Mungkin lubang hitam yang awalnya menjadi induk di tengah galaksi tersebut copot atau lepas dan terlempar ke arah luar galaksi. Hal ini dapat terjadi ketika 2 galaksi bertabarakan. Dimana satu satu galaksi lebih besar akan mendominasi galaksi lebih kecil

Posisi lubang hitam atau black hole XJ1417 + 52 yang terlempar akhirnya berpindah dari sisi tengah galaksi ke di tepi galaksi yang baru.

Tingkatan lubang hitam dibagi berdasarkan massa, dan bukan berdasarakan besarnya. Karena lubang hitam adalah benda yang begitu padat, dengan kekuatan gravitasi sangat besar.

Lubang hitam dengan ukuran 20x lebih besar dari matahari kita, cukup memiliki lebar 16km saja. Lubang hitam lebih besar atau kelas menengah dapat mencapai 100-100.000x dari massa matahari. Diatas ukuran tersebut disebut Super Massive Black Hole atau lubang hitam supermasif alias raksasa, yang ukurannya mencapai 100.00x sampai 10 miliar dari ukuran massa matahari.

Bentuk lubang hitam tidak bisa dilihat begitu saja, memerlukan peralatan khusus seperti sensor X-ray. Peneliti mengatakan lubang hitam yatim yang ada di tepi galaksi GJ1417 + 52 diperkirakan memiliki ukuran lebih dari 100 ribu dari massa matahari. Karena melihat kecerahan terang benda tersebut.

Lubang hitam XJ1417 + 52 yang liar berkeliaran di samping galaksi

Dengan jarak 4,5 miliar, benda tersebut tidak mengkhawatirkan mahluk hidup bagi kita.
Seperti dikutip dari ArXiv beberapa ilmuwan berspekulasi, di galaksi kita sendiri menjadi tuan rumah lubang hitam lebih kecil dari bekas bintang mati lain. Dan belum terditeksi oleh para ilmuwan. Mungkin mereka tidak ada, hemm tunggu dulu. Lebih tepat dijawab, mungkin mereka belum banyak terditeksi. Tapi sejauh ini belum ditemukan yang sebesar ukuran lubang hitam XJ1417 + 52 seperti diatas