Belajar komposisi foto apa yang dimaksud elemen objek gambar


Digital | 3 October 2016

Belajar fotografi ada yang dikenal dengan komposisi. Teknik ini dapat membuat foto yang baik dan terlihat menarik

Bidang gambar mengikuti pola bidang atau garis tertentu. Tetapi tidak ada aturan dengan komposisi untuk objek tertentu. Misalnya komposisi foto landscape untuk pemandangan, atau foto jalan , foto gedung untuk bidang arsitek dan objek lainnya

Tapi biasanya orang yang mengambil foto dengan teknik komposisi akan mendapatkan foto yang menarik dilihat.

Setidaknya ada beberapa teknik komposisi foto. Komposisi foto mengacu dari berbagai elemen sebuah adegan / bidang foto yang nantinya tampak dalam bingkai foto akhir.

Beberapa fotografer mengatakan ada 10 teknik komposisi, yang lain lebih memilih 9 komposisi. Yang lain menambahkan dengan 19 komposisi.

Fotografer profesional Steve McCurry menilai hal yang penting. Yang utama adalah Rule of Thirds, disusul Leading Lines, Diagonal, Frame, Center dan simetrik

Tergantung bidang gambar, tipe foto, jadi aturan tidak pasti. Dan kita bisa mengikuti beberapa komposisi yang dominan.

Aturan komposisi paling terkenal The Rule of Thirds adalah komposisi paling terkenal.
Garis cakrawala ditempatkan 1/3 dari bidang bawah gambar, dan sisi kanan diisi oleh objek foto

komposisi foto The Rule of thirds

Atau bidang cakrawala ditempatkan 1/3 dibagian atas, sedangkan bagian bawah di isi oleh objek foto utama



komposisi foto The Rule of thirds


Komposisi foto di tengah dan simetris
Bila mendapat objek foto dengan bentuk seimbang atau adanya objek berada ditengah. Bisa mengikuti posisi ditengah dan dibuat foto simetris dengan objek foto di sisi kiri dan kanan yang seimbang. Mendapatkan objek foto simetris tidak mudah didapat, biasanya ditemukan di jembatan, jalan, atau arsitek kota. Atau foto pemandangan kadang mendapatkan posisi objek yang tepat ditengah.

komposisi foto simetris dan bidan ditengah gambar

Atau bentuk simetris lain, seperti sebuah objek pohon dan pantulan gambar pohon sendiri. Dapat dimasukan dengan komposisi simetris.

komposisi foto simetris dan bidan ditengah gambar

Frame di dalam frame
Umumnya foto dibuat dalam sebuah kotak untuk meneruskan objek utama dibelakangnya. Seperti dari balik gerbang, jendela dan lainnya.
Atau efek dari objek disekitar yang membentuk frame dibagian depan, sedangkan objek utama berada di bagian belakang.

komposisi foto frame in frame

Mengikuti garis objek foto
Disebut Leading Line, membantu menampilkan objek foto utama, agar yang melihat terpusat perhatian ke unsur penting. Pola garis objek foto dapat berupa jalan, garis lantai, dinding dan lainnya.

komposisi foto mengikuti garis objek

Sudut diagonal dan segitiga
Komposisi foto dengan segitiga dan diagonal dapat menambah daya tarik lebih dinamis untuk sebuah foto.

Komposisi foto dengan diagonal dan segitiga

Komposisi foto Rule of Odds


Disebutkan objek yang menarik tapi sama sekali berbeda, bahkan terlihat tidak biasa.

Komposisi foto Rule of Odds

Minimalis / Simply
Objek foto yang sederhana kadang tidak menarik. Tapi dengan posisi yang tepat dengan menempatkan objek pada frame foto yang baik, akan menceritakan hal berbeda. Bagian yang terlihat kosong dapat menciptakan kesederhanaan dan gambar sederhana / minimalis. Kedua kata tersebut dapat berubah menjadi komposisi yang kuat.
Kadang mendapatkan objek seperti ini agak sulit. Sang fotografer dapat memanfaatkan lensa zoom atau mendekati objek bila posisi gambar yang akan diambil dapat tepat di frame foto. Atau mengunakan teknik crop selama proses editing.

Komposisi sederhana dan minimalis sebuah foto

Komposisi kiri ke kanan
Ini kebiasaan dari membaca dengan rule Left to Right, sebagian besar orang membaca dari arah kiri dan kanan. Foto dapat mengikuti aturan tersebut, dengan objek di sisi kiri dan yang melihat nantinya akan berakhir di sisi kanan. Sedangkan di beberapa negara seperti China dan Timur tengah lebih mengutamakan objek dari kanan ke kiri.

Komposisi foto dari kiri ke kanan seperti membaca

Komposisi Golden Triangles
Salah satu komposisi paling kuat disebut Golden Triangle setelah aturan Rule of Thirds. Segitiga emas membentuk garis memanjang, dan gambar terbagi menjadi dua bagian.

Komposisi foto Golden Triangles

Komposisi Golden Ratio.
Teknik ini katanya sederhana dan banyak dipakai oleh fotografer profesional. Ada jumlah objek terbaik dalam bidang gambar yang harus dimasukan dalam sebuah foto. Dikenal juga sebagai Phi Grid, memiliki bentuk spiral seperti cangkang keong. Teknik ini sudah dikenal sejak 2500 tahun lalu, sejak jaman Yunani kuno. Termasuk objek arsitek bersejarah yang memberikan komposisi estetis.

Komposisi foto golden ratio

Fill the Frame
Misalnya melihat kebun teh yang sangat luas dan kita dapat melihat bidang gambar dapat diambil. Dapat dikategorikan sebagai Full the Frame
Memasukan objek foto secara penuh tanpa objek lain.

Komposisi Fill the Frame

Full the Frame
Mengambil sebuah objek secara penuh dengan objek tunggal.

Komposisi foto Full of Frame

Beberapa teknik lain seperti Pattern, atau pola. Seperti lantai, tembok dengan gradasi menarik, dan objek lain.

Informasi diatas dapat dijadikan pedoman ketika mengambil foto. Intinya ketika mendapatkan objek agar posisinya lebih menarik. Nantinya proses editing foto dapat mengunakan software Lightroom. Foto dapat di edit sesuai pola terbaik yang ada seperti contoh diatas.

Informasi ini adalah sebagian dari teknik komposisi foto dan diambil dari beberapa sumber.

Komposisi foto lain dapat dilihat dari website para profesional fotografer. Atau di situs Nikon USA

Berita terkait
Photoshop dapat dimanfaatkan untuk editing video. Salah satu efek membuat tampilan video Cinema. Dengan menambahkan layer warna, maka warna video asli dapat dirubah seperti video film look. Proses render video Cinema dengan Photoshop lebih cepat dan lebih ringan.

Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.



Asif Islam membuat video timelapse, dimana bintang. Di kota tidak dapat mengabadikan bintang, bagaimana bila kita menjauh dari kota. Bahkan mencapai tempat di taman nasional. Disana langit tampak berbeda, dan terlihat penuh dengan bintang serta galaksi Bima Sakti.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Mendapat like di Instagram menjadi tolak ukur sebuah kualitas dan keindahan sebuah foto. Bagi pencinta traveling membuat foto, dapat melihat perbedaan foto amatir dan profesional. Bagaimana fotografer profesional membuat foto lebih menarik dibanding kita.

Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.



Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.

Dari Profoto , Jared Platt memberikan penjelasan apa perbedaan pengambilan gambar dengan lampu flash atau cahaya alami. Foto pertama mengunakan reflektor untuk menambah cahaya alami, dan foto kedua dengan lampu flash

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Belajar mengunakan ND Filter di camera. Apa fungsi ND Filter, khususnya untuk foto pemandangan. Filter ini paling banyak digunakan untuk memisahkan warna langit dan pemandangan. Bentuknya seperti selembar kaca dengan gradasi warna.




No popular articles found.