Filter UV berguna tidak, apakah menganggu kualitas gambar


Kategori : Digital | Date : 11 January 2013
Perlu tidak mengunakan filter UV, penguna yang menentukan
Contoh perbedaan UV Filter yang murah dan yang mahal

Gambar 1 dan 2, dampak UV Filter terhadap gambar berbeda antara filter UV berkualitas dan yang murah. Gambar 3 terlihat perubahan cahaya lampu yang ditangkap sensor antara 2 filter UV berbeda. Panah pertama menunjukan pantulan pada gambar terlihat di filter UV murah



Kenyataan yang kita dapat (pembeli)
  • Toko camera akan mencoba menawarkan sebuah filter UV. Dan mengatakan fungsinya untuk pelindung kaca lensa, itu tidak perlu kecuali anda membeli pelindung lensa transparant. Bila ingin menambah filter UV, beli saja yang jelas mereknya walau agak mahal.
  • Sensor camera digital berbeda dengan camera film. Sensor digital camera tidak terpengaruh oleh sinar UV.
  • Filter UV bukan filter pelindung. Filter UV dibuat untuk fungsi tertentu seperti memblok cahaya UV agar tidak terekam sensor.
  • Kita tidak perlu menambah filter UV murah untuk lensa yang baik, karena akan menurunkan kualitas gambar.
  • Tidak semua filter UV menerima cahaya dengan netral.
  • Bila salah memasang, seperti terlalu kencang. Filter UV bisa nyangkut di lensa, dan sulit sekali dilepaskan. Bila ingin memasang filter lensa, jangan terlalu kuat agar bisa dilepas dengan mudah. Seandainya filter lensa tidak bisa dibuka, ring filter lensa terkunci, cobalah lepas lensa dan tutup bagian belakang, pegang kepala lensa dan tahan bagian ring filter lensa dengan karet (bisa karet ban bekas) agar tidak licin. Bila lensa jatuh atau sudah sulit dibuka, bisa meminta bantuan service center. Seperti Tamron dapat membantu kembuka lensa filter yang tidak bisa dibuka. Biasanya ring filter akan dipotong, tapi dengan teknik aman di service center.
Mengapa filter UV digunakan
  • Gunakan filter UV bila pekerjaan anda membutuhkan pelindung atau kondisi yang kasar. Beberapa produsen sudah menyediakan lensa UV dengan standar anti ketok dan tidak mudah pecah
  • Gunakan filter UV dengan kualitas baik untuk mempertahankan kualias gambar. Bila mengunakan filter UV murah, sering muncul pantulan sinar bila mengambil gambar di malam hari.
  • Memberikan warna pada langit untuk menyaring sinar UV.
Mengapa kita tidak perlu repot mengunakan filter UV
  • Camera digital tidak memerlukan filter UV, itu saja.
  • Karena kaca di depan lensa akan menurunkan kualitas gambar bila tidak memiliki fungsi yang di inginkan
  • Filter UV juga menganggu kemampuan fokus camera.
  • Sebaiknya mengunakan Hood atau topi lensa untuk pelindung.
  • Bila anda mengambil dalam kondisi normal, filter UV memang tidak dibutuhkan.
Pada akhirnya, pilihan di tangan pemilik camera. Apakah kita memerlukan pelindung di bagian depan lensa, setidaknya tidak terkena debu, terbentur benda tajam yang dapat merusak permukaan lensa.

Seorang fotographer sedang mengabadikan pemandangan untuk foto alam bebas. Mendadak cameranya nyemplung ke air sedalam 1 meter. Apa yang dilakukan untuk menyelamatkan camera. Bagaimana bila camera berembun atau mengalami kondensasi dan air masuk ke dalam camera.

Kita melihat fotografer kadang mengunakan tutup depan lensa. Bukan penutup bagian lensanya, tapi seperti topi berbentuk selinder di bagian depan lensa. Untuk apa fungsi lensa Hood tersebut, dan apa manfaat lensa hood

Sigma mengeluarkan filter WR Ceramic Protector. Dapat melepas air dan tidak menempel di kaca depan, tidak mudah pecah seperti filter lensa biasa. Daya tahan sampai 10x lebih kuat dibanding pelindung filter biasa. Dan 3x lebih kuat dibandingkan filter dengan cat pelindung khusus.



Novo menjadi perusahaan pertama mengeluarkan filter pelindung kaca depan lensa. Mengunakan bahan kaca sapphire crystal yang lebih kuat dan bening. Perusahaan Novo khusus membuat produk filter lensa, tidak hanya kaca lensa UV.

Membeli camera dengan lensa kit, atau langsung naik kelas ke tele zoom. Ada yang mengatakan sebaiknya belajar dari Kit lens, tapi menurut JP Morgan langsung membeli lensa sesuai kebutuhan.

Tokina tampilkan lensa filter anti hujan. Membantu videographer atau mungkin fotographer bekerja dalam kondisi basah. Teknologi pelapis pada filter sangat menakjubkan. Bisa terlihat air yang menetes di filter lensa akan turun begitu saja

Butuh kaca filter camera untuk lensa. Hoya memiliki filter UV dan PL untuk camera DSLR. bahkan tahan getok. Hoya mengatakan mereka melakukan pengerasan pada lensa L37 sehingga 4x lebih kuat dari lensa optik biasa.



Satechi keluarkan remote control camera BT Smart Trigger. Dapat mengendalikan camera dari jarak 15 meter antara remote dan perangkat iPhone. Fungsi BT Smart Trigger untuk memindahkan tombol shutter ke smartphone.

Dr Hubert Nasse dari Carl Zeiss memberikan informasi tentang lensa baru camera DSLR Carl Zeiss 55mm f1.4 seri Distagon untuk sensor Full Frame. Hubert mengatakan lensa ini menjadi lensa terbaik di kelas 55mm

Metabones Speed Booster adapter sebuah perangkat adapter dilengkapi sebuah lensa di dalamnya. Bukan adapter biasa, tetapi membantu lensa utama menjadi lebih tajam, dan lebih lebar mengambil objek. Tetapi Speed Booster menurunkan focal pada gambar yang tertangkap oleh lensa dengan x0.71.

Polaroid mungkin terkenal dengan nama camera atau film. Kali ini berbicara tablet dengan Polaroid M7 dan M10. Keduanya sudah mengunakan panel tipe IPS dengan resolusi 1280x800. Spesifikasi lain seperti microSD slot, Android 4.1 dan camera depan 2Mpix.

Tripod camera Induro 75mm Hi-Hat - LFB75 sebuah alat untuk dudukan camera kecil. Memiliki berat 1.5kg dan dapat menahan beban camera sampai 70kg. Bahan mengunakan aluminium, tetapi bentuknya yang kecil dan mudah dibawah.

Bayangkan saja, sebuah kamera dengan sensor Full Frame tetapi body camera yang kecil. Peluncuran Nikon D600 awalnya menargetkan pasar camera di kelas $2.000. Mendadak di eBay muncul hanya $1.700. Di Indonesia harga camera relatif lebih murah



Tidak salah Lensa canon 85mm 1.2. Lensa besar. Harga lensa Canon EF 85mm f1.2L II USM sekitar $1.700. Kecil tapi sangat mantap untuk foto close up.

Nikon D5200 camera DSLR dengan sensor 24.1Mpix DX format sensor. Harga resmi Nikon D5200 sekitar $899. Sedangkan di Amazon relatif lebih murah $897. Harga tersebut sudah termasuk paket lensa 18-55mm f/3.5-5.6 AF-S DX. Nikon D5200 mengunakan sensor Toshiba

Ada yang mengatakan 100, tetapi hidup sampai 200. Ada yang menyebut 100 tapi sudah blep di 50 ribuan sudah ngaco. Melihat berapa kali shutter sudah dibuka di camera untuk jumlah total jepretan camera. Coba hitung berapa banyak camera anda membuat foto.


No popular articles found.