Bila seseorang membeli camera sekelas DSLR atau CSC biasanya akan menambahkan filter lens guard. Penjual terkadang menawarkan sebuah filter UV (ultraviolet) untuk pelindung lensa camera. Harga filter UV relatif murah, hanya beberapa puluh ribu saja. Tetapi ada yang perlu diketahui, bahwa filter UV tidak berguna di era camera digital.

Apakah kualitas gambar akan terganggu atau menurun bila camera dipasangkan filter UV murah
Filter UV tidak berguna di camera digital, karena sensor camera digital tidak sensitif terhadap sinar UV.  Kecuali camera lama dengan film konvensional atau melakukan untuk shooting film. Sayangnya banyak penjual memberikan bundle filter UV di setiap paket penjualan. Terkadang filter UV diberi label Filter Protector. Lensa filter transparan berbeda dengan lensa filter UV. Yang murah akan menurunkan kualitas gambar, khususnya malam hari akan terlihat pantulan cahaya yang bias pada gambar.

ThePhotographer melakukan test dengan lensa Canon EF 16-35mm f.28 dan 17-40mm f4L. Mereka mengatakan untuk filter UV berkualitas akan menghasilkan gambar lebih baik. Tetapi untuk filter UV murah yang harganya puluhan ribu rupanya berdampak pada hasil gambar.

Dibawah ini ditest dengan filter UV Quantaray (atas filter murah beberapa puluh ribu) dan B+W (bawah jauh lebih mahal sekitar ratusan ribu). Jelas terlihat gambar terganggu, dan tidak tajam dengan filter UV murah.



Selanjutnya perlu tidaknya lensa UV