Black Moon atau bulan hitam adalah bulan baru yang terjadi 2 kali dibulan yang sama


Science | 30 September 2016

Black moon atau bulan hitam tidak terjadi di setiap bulan, tapi 30 September 2016 menjadi black moon atau bulan baru kedua kembali muncul.

Berbeda dengan bulan purnama, posisi bulan mendapatkan cahaya maksimum oleh cahaya matahari.

Bulan baru atau new moon, posisi bulan berada disisi depan bumi yang menghadap ke matahari, singkat bulan tidak akan tampak pada malam hari, termasuk di siang hari.

Biasanya kejadian New Moon atau bulan baru terjadi satu kali di setiap bulan, dan  satu kali bulan purnama setelah 14 hari setelah New Moon.

Bulan purnama kedua disebut Blue Moon atau bulan biru. Demikian juga dengan Black Moon, dapat terjadi dalam bulan yang sama.

Langit menjadi gelap tanpa cahaya bulan, tapi kemungkinan bisa melihat cahaya bintang maksimal. Terjadi di belahan timur dari Eropa, Afrika, Asia dan Australia dan terjadi tengah malam. Tepatnya jam 5:11 PT atau jam 12:11 Jumat malam

Black moon adalah kejadian yang sedikit tidak biasa, karena terjadi setiap 32 bulan setelah Black moon terjadi. Posisi bulan tidak apa apa, hanya tidak dapat dilihat. Untuk melihat posisi keberadaan bulan dapat diketahui dari aplikasi astronomi dari smartphone Android

Hari ini, posisi bulan hari ini akan berada di depan bumi yang menghadap ke arah matahari. Apa yang menarik, keadaan ini membuat langit dimalam hari lebih gelap. Jadi ada kesempatan untuk membuat foto galaksi Bima Sakti atau foto bintang. Seandainya cuaca di tempat anda sangat cerah.

Black Moon atau bulan hitam adalah bulan baru yang terjadi 2 kali dibulan yang sama

Foto Bulan

Berita terkait
Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.



Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.

Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.




No popular articles found.