Black moon atau bulan hitam tidak terjadi di setiap bulan, tapi 30 September 2016 menjadi black moon atau bulan baru kedua kembali muncul.

Berbeda dengan bulan purnama, posisi bulan mendapatkan cahaya maksimum oleh cahaya matahari.

Bulan baru atau new moon, posisi bulan berada disisi depan bumi yang menghadap ke matahari, singkat bulan tidak akan tampak pada malam hari, termasuk di siang hari.

Biasanya kejadian New Moon atau bulan baru terjadi satu kali di setiap bulan, dan  satu kali bulan purnama setelah 14 hari setelah New Moon.

Bulan purnama kedua disebut Blue Moon atau bulan biru. Demikian juga dengan Black Moon, dapat terjadi dalam bulan yang sama.

Langit menjadi gelap tanpa cahaya bulan, tapi kemungkinan bisa melihat cahaya bintang maksimal. Terjadi di belahan timur dari Eropa, Afrika, Asia dan Australia dan terjadi tengah malam. Tepatnya jam 5:11 PT atau jam 12:11 Jumat malam

Black moon adalah kejadian yang sedikit tidak biasa, karena terjadi setiap 32 bulan setelah Black moon terjadi. Posisi bulan tidak apa apa, hanya tidak dapat dilihat. Untuk melihat posisi keberadaan bulan dapat diketahui dari aplikasi astronomi dari smartphone Android

Hari ini, posisi bulan hari ini akan berada di depan bumi yang menghadap ke arah matahari. Apa yang menarik, keadaan ini membuat langit dimalam hari lebih gelap. Jadi ada kesempatan untuk membuat foto galaksi Bima Sakti atau foto bintang. Seandainya cuaca di tempat anda sangat cerah.

Black Moon atau bulan hitam adalah bulan baru yang terjadi 2 kali dibulan yang sama

Foto Bulan