Tata surya Elias 2-27 sedang membentuk planet tapi letaknya jauh dari bintang


Science | 30 September 2016

Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita.

Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Peneliti dari Laura Perez Max Planck radio astronomi mengobservasi bintang Elias 2-27.

Letak bintang Elias 2-27 berada 453 tahun cahaya dari Bumi. Dengan teleskop radio dan teleskop ALMA di Chile, disana terlihat sebuah bintang muda ditemukan bagaimana planet terbentuk begitu jauh dari bintang induknya. Sekitar 100-300x lebih jauh dari posisi planet Bumi ke Matahari kita.

Implikasi utama dari bentuk gelombang kepadatan spiral tersebut, dapat diperkirakan sebagai proses pembentukan planet di sebuah tata surya.

Tata surya Elias 2-27 sedang membentuk planet tapi letaknya jauh dari bintang

Nantinya tata surya Elias 2-27akan berbeda sama sekali dengan tata surya kita. Bentuk gambar atas ini posisi bintang dan tata surya Elias 2-2. Dapat dilihat pada gambar kecil dibawah dengan tulisan Kuiper Belt, adalah sabuk asteroid Kuiper di tata surya kita. Dimana sabuk Kuiper letaknya sangat jauh melewati posisi dibelakang planet Pluto dan mencapai 12 miliar km Bisa dibayangkan dengan pembentukan planet di tata surya Elias 2-2, beberapa planet akan berada 2-3x lebih jauh.

Berita terkait
Di tata surya HD 158259 setidaknya ada 2 planet ditemukan, tapi ada yang menarik. Peneliti menemukan getaran bintang yang menunjukan irama orbit planet. Mungkin disana ada lebih dari 2 planet bahkan 8 planet. Dan orbit planet memiliki urutan seperti nada musik yang serasi.

Semua materi dapat dibuat oleh manusia, bahkan plutonium dan lithium dapat digunakan untuk energi. Tetapi emas mungkin tidak dapat dibuat. Darimana asalnya emas, apakah datang dari tanah begitu saja. Proses pembentukan emas mungkin dari kejadian luar biasa di alam semesta. Tabrakan 2 bintang neutron menghasilkan Au simbol emas dan Pt platinum



Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Di tata surya LTT 1445 tidak hanya memilki satu matahari , tapi 3 matahari. Jaraknya dari Bumi sekitar 22,5 tahun cahaya. Nama bintang beberapa bintang di tempat yang disebut LTT 1445 juga dikenal dengan nama TIC 98796344, TOI 455, L 730-18. Disana diperkirakan ada sebuah planet dengannama LTT 1445Ab, sebuah planer berbatu walau bobotnya lebih besar dari Bumi.

Satu tata surya HD131399 ini memiliki 3 bintang, bahkan ditemukan sebuah planet mengorbit disana. Tata surya HD131399 terlihat ada satu planet yang mengorbit disebut planet HD131399Ab. 2018 diumumkan disana bukan 3 bintang

Di sekitar galaksi Bima Sakti terdapat Local Group galaksi atau Bima Sakti menjadi bagian grup tersebut. Tetapi kelompok galaksi di Local Group ternyata bergerak dan mendekati grup lain yang lebih besar. Disebut Great Attractor. Apakah keduanya akan bertabrakan.

Tata surya Trappist terlihat ada 7 planet. Tapi hanya 3 planet berada di zona habitat. Apakah bintang yang lebih kecil membuat planet layak huni. Peneliti mengatakan itu hanya salah satu faktor, update jarak antar planet.



Tata surya Epsilon Eridani menjadi jawaban dari misteri terbentuknya sebuah tata surya kita. Disini peneliti mencari jawaban bagaimana planet terbentuk, tapi lahir jauh dari sebuah bintang induknya. Karena tata surya kita dahulunya tidak seperti sekarang.

Teleskop Array Murchison Widefield menangkap galaksi Bima Sakti dalam 12 warna. Tidak itu saha, setiap titik sinyal radio yang tertangkap juga mewakili galaksi yang lebih jauh. Dimana frekuensi radio telah mengalami perjalanan miliaran tahun untuk ditangkap oleh teleskop saat ini

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi

Teleskop ALMA menangkap tata surya baru HD 142527, dimana disana sedang terbentuk cakram protoplanet. Tetapi ada yang unik di tata surya ini, karena memiliki dua matahari yang juga terbentuk bersamaan. Disebut juga sebagai tata surya dengan bintang biner.

Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya



Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar




No popular articles found.
< /body>