Untuk berjaga jaga siapa tahu akan mengalami masalah seperti ini.

Dimana mesin cuci Samsung muncul Error dE.

Pesan error di mesin cuci dC1 De1, dC, dE dan Ed.
Bila usia pemakaian mesin cuci cukup lama, dan setiap hari bekerja untuk mencuci pakaian.

Suatu hari nanti mesin cuci Samsung dapat muncul pesan DE yang artinya Door Error.

Bagi kita yang tidak pernah menjalankan atau mengamati secara seksama, tanda DE sering terlihat di layar panel mesin cuci Samsung.

Tapi pesan tersebut hanya muncul bila pintu mesin cuci dibuka, dan sistem akan menyebut DE - Door Error. DE adalah pesan bahwa pintu mesin cuci belum ditutup, dan mesin cuci akan berhenti untuk sementara sampai pintu di tutup kembali.

Masalahnya seperti diatas bisa muncul setelah mesin cuci sudah lama dipakai.

Mungkin di pagi hari mesin cuci Samsung memunculkan tanda DE. Walau pintu mesin cuci sudah ditutup tapi mesin cuci tetap tidak mau bekerja.

Tenang, mesin tersebut bukan ngambek alias rusak. Mungkin ada bagian yang perlu diperbaiki dengan mudah.

Ada komponen yang rusak di mesin cuci Samsung. Bisa dijawab Ya, tapi kerusakan sederhana. Kita dapat memperbaiki mesin cuci Samsung muncul pesan DE.

Hal paling umum membuat pesan DE muncul karena switch pintu bermasalah, umumnya switch terdorong dalam posisi On.



Ketika terjadi kontak dengan switch, artinya memberitahu ke sistem bahwa pintu sudah tertutup aman dan mesin boleh bekerja.

Bagian switch berbentuk lempeng tembaga untuk pengaman pintu mungkin akan lemah, dan suatu hari tidak terjadi kontak walau pintu mesin cuci sudah ditutup. Disinilah muncul pesan DE akan terus muncul. Karena sistem mesin cuci menganggap pintu masih terbuka, karena switch tidak bekerja dengan baik.

Dimana bagian yang rusak muncul pesan DE error pada mesin cuci Samsung.

Seperti gambar dibawah ini muncul pesan DE. Gambar kedua adalah komponen yang kelihatannya masih baik dan bersih. Tetapi bagian lempeng tembaga di switch tersebut melemah dan tidak terjadi kontak ketika terdorong oleh tutup pintu mesin cuci.

Mesin cuci Samsung pesan DE error

Memperbaiki mesin cuci Samsung yang muncul DE Error
Sedikit pengalaman untuk memperbaikinya, kemungkinan masalah di bagian Switch pintu mesin cuci. Komponen aus dapat diperbaiki dengan mudah.
  • Cabut aliran listrik, power mesin cuci sebelum membuka panel yang ada di belakang mesin cuci.
  • Buka tutup cover yang dekat dengan engsel pintu mesin cuci. Dapat ditemukan sebuah switch yang terangkat turun naik bila pintu mesin cuci dibuka tutup.
  • Lihat bagian lempeng tembaga kontak di sistem switch pengaman, bila terlihat tidak terjadi kontak seperti melemah. Tekan plat switch dalam posisi pintu mesin cuci tertutup (lihat pada video)
  • Setelah ditekan coba di test kembali apakah pesan DE masih muncul. Bila masih muncul tekan kembali agar lempeng kuningan yang berfungsi sebagai Switch dapat terjadi kontak.
  • Bila mesin cuci sudah normal, tutup kembali pane dengan baikl. Dan mesin cuci akan kembali bekerja.
Biasanya hal ini umum terjadi sejalan usia mesin cuci Samsung. Masalah DE tidak memerlukan teknisi bila kita mau memperbaiki sendiri mesin cuci Samsung. Karena masalah switch adalah masalah paling umum terjadi, dan masih bisa di perbaiki dengan cara menekan agar lempeng terjadi kontak kembali

Bila kurang jelas, dapat dilihat tayangan video dibawah ini. Bila bagian yang bermasalah ada dibagian switch, perbaikannya sangat mudah.

 Hati hati teknik ini hanya disarankan bagi mereka yang mengerti dengan sistem listrik. Resiko ada ditangan pembaca, ingat cabut kabel listrik sebelum mengutak atik mesin cuci anda.



Samsung Error LE, Le, lE, le, 1E, 1e, E1, 4E.

Pesan error lain 1C, 1E atau E7 masalah pada level sensor.
Mesin cuci Samsung terus mengisi air sampai luber, dan tidak mau berhenti mengisi air. Katup air kadang jalan walau mesin cuci sudah bekerja atau proses Washing.

Kemungkinan masalah ini ada di sensor level water, atau tingkat air yang di isi tidak terditeksi oleh sensor ketinggian air.

Samsung mengunakan sistem tekanan air. Sensor dapat bermasalah, karena penguna terlalu banyak mengunakan deterjen untuk mencuci.

Disini terkadang tidak terjadi pesan error walau air sempat meluber. Mesin cuci kadang otomatis mematikan pengisian air untuk mencegah overfilling di tabung.

Mengakibatkan bagian sensor tersumbat oleh sisa deterjen yang mengeras dan mengakibatkan :
  • Air terus mengisi tabung cuci mesin, karena sensor level air tidak menditeksi air sudah terisi penuh.
  • Air tidak turun mengisi tabung, karena masalah pipa pembuangan air tersumbat.
  • Air kadang keluar mengisi tabung sementara mesin cuci sudah berjalan untuk proses mencuci pakaian. Disebabkan katup drain dibawah mesin cuci bermasalah.

Dibawah ini penjelasan bila mesin cuci, terus mengisi air ke tabung walau air sudah penuh. Disebabkan level water pressure switch tersumbat oleh sabun deterjen.


.

Khususnya dibagian pipa yang memberi tekanan udara ke valve sensor level air tersumbat. Atau kerusakan pada level presure switch yang perlu di ganti baru.



Langkah awal memperbaiki masalah Error LE, Le, lE, le, 1E, 1e. Di sistem mesin cuci Samsung terdapat setting Mode Clean Drum. Jalankan mesin dengan mode tersebut, untuk membersihkan mesin cuci dan di isi dengan air saja. Bila air terus turun, mengisi, pindahkan ke mode manual

Bila masalah tidak terpecahkan, periksa di bagian pipa yang mengalirkan udara bertekanan ke presure sensor level air.

Error E1, 4E, 4C masalah suplai air yang masuk  ke dalam drum tapi terlalu lama, air tidak masuk ke mesin cuci. Dapat diperiksa di bagian belakang masuknya air, mungkin ada bagian yang tersumbat kotoran. Atau suplai air kurang kuat, minimum 0,5 bar.

Pemeriksaan awal
Periksa inlet atau air masuk apakah suplai air cukup mengalir atau terlalu lama mengisi ke drum.
Bila air lambat mengisi air ke drum mesin cuci. Lihat di bagian belakang, pipa sambungan air ke lubang di bagian drag air masuk. Ada bagian yang tersumbat disaringan kecil, bersihkan agar air dapat mengalir lebih besar. Air yang mengalir masuk ke drum terlalu lama, maka sistem mesin cuci otomatasi adanya masalah air tidak kunjung selesai di isi (terlalu lama). Dan memberikan pesan error di panel indikator.
Air mengalir masuk tapi terbuang perlahan dari valve bagian pembuangan. Karena ada bagian kotor di valve outlet. Solusinya melihat bagian tersebut dan membersihkan valve pembuangan air di bagian bawah. Caranya dengan melihat apakah ada air yang terus mengalir keluar di bagian pipa bawah, sementara tabung sedang di isi air dari pipa bagian atas.
Tip paling mudah, mengisi air secepatnya ke drum untuk mengejar kebocoran air masuk dan keluar. Bisa mesin cuci bekerja, bagian outlet dibagian bawah yang bermasalah.
Bila air diisi secara manual, tapi masih muncul error. Dan air di bagian outlet tidak terindikasi kebocoran. Bagian sensor switch level water kemungkinan bermasalah.
Kerusakan pipa sensor switch level water. Bisa tersumbat oleh deterjen. Tip mengikuti teknik diatas dengan meniup.
Bila kerusakan dipastikan ada di unit switch level water, solusinya menganti dengan unit baru. TIdak terlalu mahal, sekitar 50 ribuan.

Mesin cuci air kadang masuk dan terhenti selama bekerja

Mesin cuci nyaris bekerja setiap hari. Kadang kita melihat ketika mesin cuci sedang bekerja.
Seperti proses tabung sedang berputar kekiri ke kanan. Kadang sedikit air turun masuk ke tabung, kadang banyak tapi secara acak, kadang mengikuti gerakan getaran tabung mesin cuci. Dalam kondisi normal, sehaurnya air tidak akan turun selama mesin cuci telah bekerja.

Getaran dari gerakan tabung dapat menyebabkan air turun beberapa saat dan berhenti secara acak. Masalahnya akan akhirnya sampai air luber dari tabung mesin cuci.
Banyak penguna mesin cuci mengira, masalah ada di bagian valve / katup inlet air yang masuk ke mesin cuci.
Lalu menganti valve yang dianggap rusak. Tapi tidak memperbaiki masalah tersebut.

Kerusakan belum tentu di bagian valve yang membuka tutup air masuk di mesin cuci.
Bagaimana dengan sensor Water level switch atau pengatur ketinggian air. Unit tersebut seperti membran, dengan mengambil data dari tekanan air dibawah tabung.
Membran dapat melemah dan mulai rusak, ketika membran di water level sensor bergetar turun naik akibat getaran gerakan tabung.
Sensor tersebut akan mengirim sinyal yang salah ke sistem mesin cuci. Dan sistem akan memberikan power ke valve untuk membuka dan mengalirkan air masuk, karena water level sensor menditeksi kesalahan dan menganggap tabung kekurangan air.

Disini tidak ada pesan error akibat kerusakan water level switch di mesin cuci. Kita dapat menganti unit tersebut, harganya sekitar 50 ribu saja.

Mesin cuci Error PE

PE terkait masalah di level water switch. Perbedaan masalah muncul pada sistem level sensor atau ketinggian air.
Alat level sensor dianggap tidak berfungsi. Kemungkinan ada kabel yang putus, atau konektor ke alat diatas mengalami korosi membuat kontak kabel ke konektor level sensor ketinggian air tidak terhubung.
Bila muncul PE Error, dapat diperiksa pada bagian kabel, yang mungkin putus atau konektor yang tidak tersambung dengan baik.

Mesin cuci Samsung 5E Error

Munculnya pesan Error 5E, E2 atau 5C atau terbaca dengan huruf Error  SE. Kadang masalah ini sangat mudah diperbaiki.

Pesan error tersebut muncul, ketika sensor mesin cuci menditeksi air yang mengalir keluar / drain dari tabung terlalu lama. Sensor akan memberi pesan 5E bila air tidak keluar dari tabung dalam waktu 15 menit.
Pengukuran tersebut dari sistem pressure level yang menditeksi masih ada tekanan air di tabung pada waktu tertentu. Dan sistem mesin cuci akan menghentikan proses pencucian. Karena dianggap air tidak selesai keluar dari tabung.

Hadu arti pesan Error 5E, sistem mesin cuci yang seharusnya mengeluarkan air tapi air tidak keluar seperti perhitungan waktu yang dibutuhkan.

Apa yang terjadi bila Samsung 5E terjadi error. Ada kemungkinan masalah sangat sederhana bagian drainase tersumbat, sampai kondisi paling parah bagian katup pembuangan bermasalah atau tidak terbuka dengan benar. Kerusakan terakhir bila switch dibagian bawah mesin cuci memang bermasalah. Seperti motor penarik katup yang rusak, atau kabel yang memberi power putus.

Tapi yang sering ditemukan dengan munculnya Error 5E di mesin cuci seperti video dibawah ini, dan kita tidak menyangka masalah tersebut muncul dan 5E Error di mesin cuci juga paling mudah diketahui. Coba saja periksa dibagian tersebut seperti yang diberikan gambaran pada video dibawah.

Coba amati bila pesan error muncul dengan kode 5E. Ciri-ciri yang air keluar (proses Drain) dari mesin cuci mengalir sangat kecil. Tidak perlu perbaikan, hanya perlu dibersihkan.



Error Bc bE , ini masalah cukup besar. Sistem menditeksi masalah pada bagian motor. Matikan mesin cuci selama 30 menit dan di coba kembali. Bila masih bermasalah, sebaiknya memanggil teknisi.

Error LC LE dan E9, adanya kebocoran air dari bagian bawah drum, ketika mesin cuci bekerja. Dapat dilihat bagian pembuangan air, yang seharusnya air harus berada di dalam drum mesin cuci tapi keluar atau bocor dan membuat level air turun.




Selanjutnya beberapa kode error di mesin cuci.