Program Scout pemantau asteroid Nasa


Digital | 27 September 2016

2 minggu setelah NASA memberi peringatan bumi sangat rentan terhadap jatuhnya meteor besar.

Seorang astronom China memperingatkan sebuah asteroid besar yang dapat menghancurkan bumi, dengan kekuatan kerusakan 3 miliar bom nuklir.

Asteroid 2009ES memiliki ukuran sangat besar, dengan lebar sekitar 16km. Tetapi belum memperkirakan apakah lintasannya tepat melalui jalur planet di tata surya. Dan kapan asteroid 2009ES dengan lintasan yang tepat dan akurat

China Academy of Science baru memperkirakan asteroid tersebut akan lewat pada jarak 18,8x Bumi ke Bulan. Lintasan yang aman bagi Bumi.

Program Scout pemantau asteroid Nasa

Tetapi asteroid 2009ES hanya salah satu dari 1640 asteroid yang bergerak di dekat bumi. Tim Nasa menciptakan sistem computer baru Scout yang memungkinkan menditeksi lintasan asteroid berbahaya dan menghitung kemungkinan kerusakan yang terjadi dengan Bumi. Untuk pengukuran orbital / lintasan yang tepat diperlukan beberapa pengamatan.

Kalangan astronom dapat informasi pada sebuah website penelitian di Minor Planet Center Cambridge Massachustts. Kendalanya adalah akurasi yang dibantu oleh program Scout, dan menghitung sebuah lintasan benda setiap 10 menit yang baru di informasikan. Bila terditeksi adanya asteroid yang membahayakan, maka Scout akan menginformasikan perhitungan melalui email atau pesan singkat.

Program lain adalah Sentry, mulai melakukan pengamatan benda asteroid dan memonitor batuan di angkasa tersebut.

Dan program Sentinel Space Telescope untuk memantau kemana arah sebuah orbit asteroid. Dibuat oleh mantan astronot dengan bentuk sebuah badan B612. Baru disiapkan pada tahun 2018

Program NEA Scout baru diluncurkan pada pertengahan 2017.

Berita terkait
Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Sebuah batu meteor dengan berat 31 ton ditemukan di Argentina dengan nama kawah Campo del Cielo. Menjadi batu meteor kedua terberat yang pernah ditemukan di Bumi.Berita dari harian setempat, batu tersebut diangkat dari tanah. Mengunakan peralatan berat untuk menyingkirkan tanah yang menutup.



Sebuah komet dari kelompok Kreutz tertangkap teleskop pengamatan matahari atau SOHO langsung menghantam masuk ke matahari. Dari 3000 komet, satu tertanggal 3-4 agustus 2016, komet Kreutz terlihat terbang melintas ke arah matahari, tapi orbit komet tidak lolos dan langsung menuju ke matahari.

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.




No popular articles found.