Nebula NGC 2440 atau nebula Planetary membentuk lingkaran cincin berisi gas


Kategori : Science | Date : 25 September 2016
Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah jejak dari sebuah bintang mati.

Disebut dengan nama nebula Planetary, tapi tidak ada hubungannya dengan planet di tata surya kita. Diberi nama oleh astronom WIlliam Herschel karena dia melihat dengan teleskop dan mendapatkan lingkaran seperti planet

NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Kematian bintang tersebut terjadi setelah miliaran tahun terus menyala. Dan pada satu ketika bintang mulai kehabisan bahan bakar gas hidrogen lalu membakar gas helium. Sampai akhirnya sebuah yang ada di bola raksasa yang membara tersebut habis dan tidak stabi. Lalu Boom meledak dan melemparkan semua sisa gas yang ada dari sebuah bintang.

Seperti gambar dibawah ini. Warna biru adalah sisa gas helium, dan bentuk biru kehijauan adalah gas oksigen, dan merah menandakan gas nitrogen dan hidrogen kata Nasa

Ini adalah nasib dari matahari kita nanti, dan pasti akan seperti ini setelah kematian. Tidak sekarang tetapi nanti 5 miliar tahun dari sekarang. Ketika semua gas terbakar habis, matahari akan meledak menjadi nebula.



Gambar yang diabadikan dari teleskop Hubble.  Bila diamati ditengah gumpalan gas terdapat sebuah titik kecil. Itulah yang disebut bintang kerdil yang diperkiraan saat ini hanya memiliki panas 200.000 derajat Celcius.

Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat



Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel. Yang menarik dari kedua nebula.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.



Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core


No popular articles found.