Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah jejak dari sebuah bintang mati.

Disebut dengan nama nebula Planetary, tapi tidak ada hubungannya dengan planet di tata surya kita. Diberi nama oleh astronom WIlliam Herschel karena dia melihat dengan teleskop dan mendapatkan lingkaran seperti planet

NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Kematian bintang tersebut terjadi setelah miliaran tahun terus menyala. Dan pada satu ketika bintang mulai kehabisan bahan bakar gas hidrogen lalu membakar gas helium. Sampai akhirnya sebuah yang ada di bola raksasa yang membara tersebut habis dan tidak stabi. Lalu Boom meledak dan melemparkan semua sisa gas yang ada dari sebuah bintang.

Seperti gambar dibawah ini. Warna biru adalah sisa gas helium, dan bentuk biru kehijauan adalah gas oksigen, dan merah menandakan gas nitrogen dan hidrogen kata Nasa

Ini adalah nasib dari matahari kita nanti, dan pasti akan seperti ini setelah kematian. Tidak sekarang tetapi nanti 5 miliar tahun dari sekarang. Ketika semua gas terbakar habis, matahari akan meledak menjadi nebula.



Gambar yang diabadikan dari teleskop Hubble.  Bila diamati ditengah gumpalan gas terdapat sebuah titik kecil. Itulah yang disebut bintang kerdil yang diperkiraan saat ini hanya memiliki panas 200.000 derajat Celcius.