Belajar melihat foto dengan perbedaan profesional dan amatir


Kategori : Digital | Date : 22 September 2016
Dari gambar dibawah ini kita dapat melihat kesalahan membuat foto
Mungkin kita bertanya bagaimana foto orang lain mendapatkan Like jauh lebih banyak.

Walau tempat foto yang dibuat di tempat yang sama. Tetapi foto orang lain dengan banyak Follower ternyata terlihat lebih indah.

Intinya, sebuah foto dapat bercerita seperti komposisi dan warna yang menarik. Seperti apa foto yang menarik.

Bagaimana membedakan mereka yang membuat foto profesional dan foto amatir.

Tempat boleh sama tapi ada perbedaan hasil foto yang dibuat kalangan profesional.

Setidak bukan kualitas foto yang edit, tapi komposisi menarik sehingga menarik yang melihat di media sosial.

Percuma saja bila kita menghabiskan waktu membuat foto untuk jalan jalan, tapi hanya beberapa orang yang menyatakan suka.

Kesalahan membuat foto seperti amatir juga dilakukan oleh profesional (yang membawa camera profesional). Dan ada yang amatiran dengan peralatan sederhana kadang tampil seperti profesional.

Dari Business Insider mengambil beberapa contoh foto dan membedakan apakah sebuah foto dibuat oleh mereka yang pro dan amatir.

Dari sini dapat dibandingkan mengapa sebuah foto disuka oleh orang lain, dan layak sebagai foto profesional.



Foto dibawah ini adalah gelombang batuan di Arizona.
Kiri oleh TravisburkePhotography mendapatkan 22.2k like dengan 746 komentar. Kanan hanya 170 like dan 4 komentar

Travis Burke menyajikan pemandangan fantastik dengan mengarahkan camera ke arah bintang utara. Membuat efek foto dengan trail bintang berbentuk lingkaran. Untuk membuat foto seperti ini, dibutuhkan waktu lebih dibanding foto di sisi kanan.

Pertama foto dibuat pada waktu senja hari untuk menampilkan cahaya bintang.

Beda foto amatir vs profesional Wave Arizona

Foto di sebuah desa Geiranger negara Norwegia.
Komposisi foto yang sama, keduanya menarik tapi hasilnya berbeda.

Kiri oleh OrdinaryTraveler dengan 1459 like dan 67 komentar, kanan dari Focanocia terlihat lebih baik tapi mendapat 21 like dengan 0 komentar

Foto kiri terlihat kurang berwarna, tapi komposisi dari objek yang menarik. Terlihat seorang wanita berdiri membawa payung. Foto yang tidak biasa dibanding foto kanan yang lebih baik dengan proses editing tapi kurang menarik.

Foto di sebuah desa Geiranger negara Norwegia

Foto diteluk Amalfie, Positano Italia
Kiri oleh SarahK4t  mendapatkan 19 like dan 2 komentar

Kanan dari Worldwanderlust mendapatkan 15,6k Like dan 212 komentar

Foto kiri cukup baik, tapi komposisi gambar yang kurang tepat. Berbeda di sisi kanan, detail rumah membuat yang melihat menyukai.

Foto diteluk Amalfie, Positano Italia

Foto di Machu Picchu Peru
Kiri oleh Blancamazo hanya 6 like. Kanan dari Buchetlishums dengan 915 like dan 27 komentar

Yang dibawah ini sudah jelas berbeda. Kiri hanya menampilkan sebuah objek dengan seorang yang ingin di foto.

Sedangkan kanan memperlihatkan pemandangan dengan editan foto ditambah seperti cerita dari si traveler solo sambil menikmati pemandangan.

Foto di Machu Picchu Peru

Foto di Blue Lagoon Norwegia
Kiri Thomasseckhoff mendapat 3,370 like dengan 206 komentar. Kanan hanya 37 like

Kiri terlihat sangat tenang tetapi mengundang.



Walau foto aslinya ada di sisi kanan yang kurang menarik dengan gambar lebih gelap dan tanpa cerita dari foto

Foto di Blue Lag0on Norwegia

Foto menara Effiel di Paris Perancis
Kiri everythingeverywhere mendapat 3577 like dan 50 komentar. Kanan 7 like 0 komentar

Kiri sudah jelas seorang profesional, membuat foto sangat detil menara Effiel. Cahaya yang berkilau dirangka menara dan posisi gambar tajam. Tentu saja waktu mengambil foto sudah ditentukan oleh sang fotografer.

Sedangkann foto di sisi kanan, seperti seseorang yang datang dan langsung membuat foto menara Effiel.

Foto menara Effiel di Paris Perancis

Foto air terjun Chamarel di Mauritius
Kiri dari Colerise dengan 13,3K dan 426 komentar

Kanan dari Mariekaalbye hanya 36 like dan 2 komentar

Hasil foto kiri adalah foto editing, membuat banyak orang menarik untuk meng-click Like.

Foto air terjun Chamarel di Mauritius

Foto Taj Mahal di India
Kiri oleh The PlanetD, mendapat 3957 Like dan 72 komentar. Kanan hanya 77 like.

Membutuhkan waktu untuk membuat foto di sisi kiri. Dimana semua pengunjung tidak tampak di bangunan Taj Mahal. Foto tentu di edit dan mengatur ulang warna yang tepat, dan pantulan cahaya bangunan jatuh tepat ditengah kolam.

Seandainya si fotografer membuat foto dengan ruang kosong di tempat pariwisata Taj Mahal yang selalu ramai. Pasti dibuat puluhan foto untuk digabung dan membuang para turis agar tidak tampak pada fotonya.

Foto Taj Mahal di India

Foto pantai Bondi di Sydney Australia
Kiri Youngadventuress memiliki 4327 like dan 118 komentar

Kanan 51 like dan 3 komentar

Kiri sangat menarik, memperlihatkan sebuah kolam renang tepat ketika percikan ombak masuk ke kolam dan cahaya air laut terlihat biru. Tentu foto tersebut di edit agar menarik dan memberikan gambaran seperti apa keindahan pantai disana

01beda-foto-amatir-vs-profesional-bondi-beach-sydney

Melihat hasil foto diatas, kita bisa membayangkan pemandangan di Indonesia mungkin jauh lebih baik.

Sebagai bukti banyak fotografer kelas dunia datang ke Indonesia hanya untuk mengabadikan video Timelapse, surfing, pemandangan gunung. Bahkan yang terakhir menjadi juara foto Astronomi 2016 dibuat di Indonesia ketika gerhana terjadi.

Rahasianya membuat foto menarik dan foto bagus. Hal utama komposisi foto dapat menceritakan tentang objek yang dibuat. Sebelum mengambil gambar lihat sisi lain yang mungkin lebih menarik, waktu yang tepat. Kita tidak terfokus di tempat kita berdiri, mungkin dengan berjalan beberapa langkah akan mendapatkan bidang gambar yang paling tepat dan terbaik.

Foto sebaiknya di edit agar warna lebih tampil. Catat berapa banyak yang menyukai foto anda setelah mengunakan beberapa software ini.

Gunakan software sekelas Lightroom untuk PC atau software edit foto smartphone seperti Lightroom Mobile Free, atau filter dari Google Snapseed

Berita terkait
Irix EDGE Light Pollution sebuah filter untuk camera. Dirancang bagi fotografer untuk mendapatkan hasil potret langit malam. Filter EDGE Light Pollution dapat menghilangkan efek cahaya kuning dari cahaya lampu natrium yang biasa digunakan untuk lampu jalan raya. Dengan tambahan filter di depan lensa, cahaya dari lampu jalan dapat dihilangkan

Dipanggil Birdman, ahli meteorologi asal Perancis menjadi pemandu burung dan pilot selama 20 tahun. Sebuah karya tentang alam, mengabadikan angsa terbang begitu dekat bagi wisatawan. Perjalanan pemandu burung harus melintas antar negara.



Kelly dikenal sebagai fotografer Agoraphobia tetapi tidak pernah membawa camera. Mengapa dia menarik sampai Google mengundang dan memberikan kesempatan memamerkan karyanya di kota New York

Asif Islam membuat video timelapse, dimana bintang. Di kota tidak dapat mengabadikan bintang, bagaimana bila kita menjauh dari kota. Bahkan mencapai tempat di taman nasional. Disana langit tampak berbeda, dan terlihat penuh dengan bintang serta galaksi Bima Sakti.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Komposisi foto dapat dibuat dengan berbagai cara. Beberapa komposisi diceritakan oleh fotografer, agar posisi gambar yang dibuat lebih tepat. Foto memiliki beberapa elemen untuk diabadikan. Ketika mengikuti beberapa teknik ini, diharapkan foto yang kita buat lebih menarik

Kontes foto Insight Astronomy Photographer 2016 baru diumumkan salah satu foto juara satu adalah dari Indonesia.  Kontes foto yang diumukan oleh Royal Observatory dan para juri, memilih ribuan foto spektakuler dari seluruh dunia. Penyelenggar kontes foto menerima 4500 peserta dari 80 negara. Sampai 140 foto dipilih untuk 31 pemenang



Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Kalau mau belajar fotografer, belajarlah untuk camera. Berlatihlah bagaimana mengunakan camera, mengerti setting di camera. Tapi mengambil gambar bukan harus berlatih.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.




No popular articles found.