Pesawat stealth bomber B-21 Raider pesawat pembom strategis jarak jauh


Stuff | 20 September 2016

Kebutuhan pesawat bomber jarak jauh B-21 Raider setidaknya 100 pesawat

Amerika memiliki perlengkapan perang sangat lengkap.

Tapi satu pesawat bomber stealth akan dibangun untuk angkatan udara dengan penerbangan jarak jauh.

Masuk program  pesawat bomber LRS-B atau Long Range Strike Bomber

Pesawat pembom siluman B-21 Raider, hanya saja spesifikasi pesawat ini masih misteri.

Baru gambar seperti dibawah ini saja yang ditampilkan. Bentuknya tidak berbeda seperti pesawat pembom generasi sebelumnya B-2.

Dimana mesin tersembunyi di badan pesawat, dan bentuk pesawat seperti bomerang terbang. Posisi mesin terlihat lebih tertutup dibanding B-2 Spirit.

Pesawat B-21 adalah pesawat pembom strategis. Rencananya dibuat oleh Northrop Grumman. Tahun 2010 perkiraan biaya pesawat ini mencapai 550 juta dollar perunit, atau 6 triliun rupian. Northrop juga memproduksi pesawat B-2 Spirit penganti B-52 Stratofortresses yang digantikan ke B-1 Lancers.

Tipe pesawat Long Range Strike Bomber  LRS-B adalah pesawat yang mampu membawa bom sampai tipe bom nuklir.

Selain sebagai pembom, pesawat dapat digunakan untuk pengumpulan data intelijen, manajer tempur sampai pesawat pencegat. Satu kata dengan manajer tempur, mungkin pesawat menjadi pusat komando untuk peluncuran drone pembom.

Unit Air Force Global strike Command setidaknya membutuhkan 100 pesawat B-21 untuk diproduksi dan dapat mencapai 175 - 200 pesawat untuk satu armada pembom. Sampai tahun 2016, kontrak dan biaya pesawat ini belum diungkap karena sebagai data rahasia.



Mesin pesawat diperkirakan hanya 2, atau mungkin 4 mesin.

Teknologi dari mesin Pratt & Whitney, BAe untuk sistem elektronik, GKN Aerospace untuk metal dan komposit, Janicki untuk tool dan komposit, Orbital ATK bagian pelapis sayap dan badan, Spirit Aerosystem untuk metal dan komposit, Rockwell collins sistem komunikasi dan Northrop grumman penyedia sistem radar.

Pesawat stealth bomber B-21 dengan nama Raider pesawat pembom 
strategis jarak jauh

Kemampuan B-21 Raider nanti.

Dapat menghancurkan target dimanapun. Fungsi utama untuk pencegahan semua bentuk agresi (tentu saja agresi bagi Amerika).
Kemampuan membawa amunisi sampai bom nuklir strategis. Membawa bom kelas berat, atau membawa bom gravitasi nuklir B-61, atau rudal jarak jauh LRSO.
Yang utama membawa bom dengan pemandu GPS, seperti senjata pintar buatan Beoing Jint Direct Attack Munition.
Kabar lain hanya 7 kontraktor yang terlibat dalam pembangunan pesawat rahasia ini. Semua data tentang B-21 sangat dirahasiakan.
Generasi B-21 Raider akan lebih mudah perawatan. Karena pesawat pembom siluman umumnya akan lebih lama berada di darat, bahkan hanya sesekali melakukan misi penting. Dan dipastikan siap untuk mengudara kapan saja.

Kapan pesawat B-21 akan tampil, pastinya tidak dalam waktu dekat ini. Membutuhkan pengembangan pesawat pembom sangat lama. Dan proses persetujuan merupakan monumental yang sangat sulit. Mungkin pesawat ini baru diuji tahun 2021, dan selanjutnya masuk armada udara tahun 2025.
Itupun bila Amerika masih memiliki masalah dengan keamanan di seluruh dunia.

Berita terkait
Pesawat Jet F-35 Lightning II dengan teknologi pesawat siluman. Pesawat F-35 tidak dibuat dengan satu model tapi beberapa varian, terdiri dari F-35A, F-35B dan F-35C. Ketiga jenis pesawat memiliki kemampuan berbeda beda, walau 80% disain yang sama. 20% lainnya ada di bagian teknologi, dan unit pasukan yang mengunakan. Hanya satu model pesawat dirancang dengan kemampuan mengambang di udara.

Nama pesawat jet bomber jarak jauh H-20 sangat dikenal. Tapi tidak pernah dilihat sebelumnya. Sampai terlihat dan ada kemajuan besar dalam pengembangan jet pembom strategis jarak jauh ini. Salah satu disain terlihat memiliki sayap seperti jet siluman. Memungkinan pesawat tidak dapat terditeksi oleh radar.



Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.

Pesawat pembom strategis Tupolev TU-160 dikenal dengan nama Blackjack. Mampu terbang dengan membawa bom seberat 40 ton, dan kecepatan 2 mach. Hanya dimiliki 2 negara Rusia sebagai produsen dan Ukrania. Hanya 35 unit pesawat, pengembangan generasi ke 2 TU-160M2

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.

Pesawat terbesar di dunia saat ini hanya satu, An-255 atau dikenal dengan Mriya. Tahun 2020 satu lagi pesawat tipe yang sama, dibangun ulang oleh China, Ukraina bersama Antonov. Menjadi pesawat angkut terbesar kedua, dimiliki China tapi untuk apa.



Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m dijuluki oleh Nato Backfire. Ini adalah pesawat pembom supersonik dengan sistem sayap ayun atau dapat dilipat. Kecepatan maksimum mencapai 2 Mach. Pernah masuk ke Swedia tapi tidak di respon oleh angkatan udara. Masih bertugas di Suriah bulan November 2015

Di pameran pesawat penonton akan melihat kemampuan manuver terbang jet komersil. Yang satu ini jet tempur tempur Mig 29 ini bisa langsung take off dan terbang vertikal. Seperti roket langsung menuju langit. Mig 29 memiliki kecepatan 2,25 mach

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.




No popular articles found.