Bintang Terzan 5 dalam 2 kelompok fosil bintang muda dan tua


Kategori : Science | Date : 11 September 2016
Hubble teleskop baru menemukan peninggalan bintang tua yang mengubah kita memahami isi galaksi kita sendiri.

Awan padat di tengah galaksi Bima Sakti banyak mengungkap tentang masa lalu galaksi kita sendiri.

Kelompok bintang atau dikenal dengan Globular cluster Terzan 5 seperti fosil hidup bintang.

Karena beberapa bintang disana memiliki kesamaan yang mencolok dari bintang kuno yang sudah ada.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.
Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun, sedangkan yang lainnya mencapai 12 miliar tahun lalu

Ketika galaksi terbentuk, telah terjadi proses daur ulang dan kejadian lain. Misalnya galaksi akan bertabrakan dengan galaksi lain sepanjang pertumbuhan. Dan bintang besar akan meledak dan mati, tapi melahirkan bintang lain. Bintang yang baru lahir adalah bintang berusia lebih muda. Tapi disana ada beberapa bintang yang tidak terganggu sama sekali, dan tetap saja menyala sampai saat ini.

Bintang Terzan 5 dalam 2 kelompok fosil bintang muda dan tua

Peneliti dari ESO mengatakan gumpalan gas disana relatif tidak terganggu dan tetap tertanam di dalam galaksi kata Francesco Ferraro ari penulis universitas Bologna. Bentuk fosil galaksi tersebut dapat membantu peneliti untuk merekonstruksi bagian penting dalam sejarah Bima Sakti.

Letak Terzan 5 berada di rasi Sagitarius, kebanyakan kelompok bintang atau Globular Cluster berada di tepi galaksi. Tapi Terzan 5 berada ditengah galaksi kita.

Di galaksi kita ada beberapa tempat dimana muncul kelompok bintang yang saling berdekatan, dan terlihat seperti bola.  Peneliti mengatakan sejauh ini ada 3 kelompok bintang yang terkumpul dengan perbedaan usia lahirnya bintang. Selain Terzan 5, kelompok lainnya adalah M54 dan Omega Centauri.



Pengamatan sebelumnya dilakukan tahun 2009. Setelah diketahui ada 2 generasi bintang berbeda di kelompok bintang ini.


Sistem bintang Eta Cariane diperkirakan 170 tahun lalu terdiri dari 3 bintang. Tapi salah satu bintang telah memasuki masa akhir. Ketika mulai membengkak satu bintang yang akan hancur, gas tertarik oleh bintang disebelahnya. Bintang tersebut mencuit dan terlempar keluar. Perjalanan keluar dari duet biner bintang malah membawa satu bintang yang lebih jauh tertarik masuk ke orbit sampai lebih dahulu lalu meledak menjadi nebula.

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan sangat terang menyala. Sejauh ini, beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova terjadi. Buso salah satu astronom amatir tidak sengaja mendapatkan gambar ledakan supernova. 1 ledakan terjadi 100 tahun sekali di sebuah galaksi.



Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Letak bintang K2-138 berada 620 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari perkiraan awal sekitar 5 planet, tapi mungkin saja ada 6. Pertama kali dalam sejarah astronomi. Sekelompok tim astronom berhasil menemukan beberapa planet dalam sebuah tata surya.

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti

Sebuah bintang di tata surya akan berdampak dengan planet yang mengorbit. Tapi peneliti menemukan sebuah bintang Hat-P-2 disana terdapat exoplanet. Bintang kategori baru disebut BLAP yang kecerahannya berubah-ubah



Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 1,7x dari ukuran bintang sendiri, bahkan lebih agresif dibanding bintang yang akan meledak

Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Bintang 2MASS J11193254-1137466 awalnya dikira planet pada tahun 2016. Sampai diteliti lebih lanjut ternyata 2 bintang biner yang saling mengorbit. Tetapi kedua bintang ini gagal menyala, disebut juga Dwarf Brown atau si kurcaci coklat kembar.

Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Di tahun 2012 teleskop VLT akhirnya terdokumentasi dengan baik. Dan bintang terbesar di galaksi kita yang pernah ditemukan dan diukur adalah bintang UY Scuti.  Mengalahkan rekor ukuran bintang Betelgeuse, VY Canis Majoris dan NML Cygni, yang ukurannya juga sangat besar.



Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Film singkat tentang ruang angkasa. Dari dimulainya Big Bang, melihat lebih dekat dengan lubang hitam dan perjalanan berakhir di planet Saturunus. Bagian awal film mengambarkan seperti apa bentuk black hole, walau masih sebatas ilustrasi

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.

Bintang Tau HL atau disebut HL Tauri adalah bintang dengan tata surya yang baru terbentuk. Ditemukan oleh Hublle dan terlihat memiliki cincin yang belum selesai membentuk planet. Umur bintang baru berusia 1 juta tahun, nantinya menjadi tata surya dengan munculnya beberapa planet mengorbit di bintang Tau HL.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Satu video fantastik di bidang antariksa, Teleskop Hubble mengabadikan sebuah bintang yang meledak. Direkam sejak tahun 2002 sampai 2006. Ini bukan simulasi computer, tapi foto asli dan dijadikan film timelapse. Butuh 4 tahun untuk membuat urutan foto bintang


No popular articles found.