Hubble teleskop baru menemukan peninggalan bintang tua yang mengubah kita memahami isi galaksi kita sendiri.

Awan padat di tengah galaksi Bima Sakti banyak mengungkap tentang masa lalu galaksi kita sendiri.

Kelompok bintang atau dikenal dengan Globular cluster Terzan 5 seperti fosil hidup bintang.

Karena beberapa bintang disana memiliki kesamaan yang mencolok dari bintang kuno yang sudah ada.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.
Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun, sedangkan yang lainnya mencapai 12 miliar tahun lalu

Ketika galaksi terbentuk, telah terjadi proses daur ulang dan kejadian lain. Misalnya galaksi akan bertabrakan dengan galaksi lain sepanjang pertumbuhan. Dan bintang besar akan meledak dan mati, tapi melahirkan bintang lain. Bintang yang baru lahir adalah bintang berusia lebih muda. Tapi disana ada beberapa bintang yang tidak terganggu sama sekali, dan tetap saja menyala sampai saat ini.

Bintang Terzan 5 dalam 2 kelompok fosil bintang muda dan tua

Peneliti dari ESO mengatakan gumpalan gas disana relatif tidak terganggu dan tetap tertanam di dalam galaksi kata Francesco Ferraro ari penulis universitas Bologna. Bentuk fosil galaksi tersebut dapat membantu peneliti untuk merekonstruksi bagian penting dalam sejarah Bima Sakti.

Letak Terzan 5 berada di rasi Sagitarius, kebanyakan kelompok bintang atau Globular Cluster berada di tepi galaksi. Tapi Terzan 5 berada ditengah galaksi kita.

Di galaksi kita ada beberapa tempat dimana muncul kelompok bintang yang saling berdekatan, dan terlihat seperti bola.  Peneliti mengatakan sejauh ini ada 3 kelompok bintang yang terkumpul dengan perbedaan usia lahirnya bintang. Selain Terzan 5, kelompok lainnya adalah M54 dan Omega Centauri.

Pengamatan sebelumnya dilakukan tahun 2009. Setelah diketahui ada 2 generasi bintang berbeda di kelompok bintang ini.