Teknologi modern membuat kemudahan dalam berkomunikasi. Apakah kita tahu bila sinyal smartphone dapat terhalang ketika dipegang oleh tangan berbeda. Misalnya tangan kiri dan kanan, memberikan sinyal ponsel anda dapat menurun atau lebih baik.

Lalu dengan memegang tangan kanan atau tangan kiri agar sinyal smartphone tetap optimal.

Komunikasi antara smartphone dan BTS antena, menjadi lebih efektif bila mendapatkan sinyal kuat. Termasuk baterai smartphone lebih hemat, bila kita tinggal tidak jauh dari menara BTS. Tapi disini bukan berbicara dengan sinyal baik dan buruk ketika smartphone stand-by.

Apakah akan berdampak ketika melakukan pembicaraan dengan smartphone, bila memegang dengan tangan kiri atau kanan. Tentu, bahkan menjadi biaya penguna ponsel, ketika sinyal yang kurang kuat menjadi drop karena salah memegang smartphone.

Bila pembicaraan terganggu karena sinyal smartphone melemah, dan kita harus mengucapkan berulang kali. Waktu untuk berbicara akan bertambah, pada akhirnya biaya pulsa juga bertambah.

Sinyal smartphone datapa terganggu, tergantung dimana letak antena smartphone berada. Sayangnya kita tidak tahu dimana letak antena smartphone berada dan produsen smartphone tidak memberikan informasi tersebut.

Dibawah ini pengujian sebuah laboratorium yang menguji frekuensi 900Mhz. Dimana frekuensi tersebut lebih banyak digunakan diseluruh dunia untuk sinyal komunikasi.

Kekuatan sinyal dihitung berdasarkan dBm, atau Descibel Miliwatt. Semakin kuat sinyal diterima semakin baik

iPhone untuk sinyal ponsel akan bermasalah bila dipegang oleh tangan kiri. Dan sinyal yang diterima oleh iPhone 6S Plus paling signifikan drop.

Data dari Frølund Pedersen, universitas Aalborg menguji 26 unit smartphone :
Apple iPhone 6, Apple iPhone 6S, Apple iPhone 6S Plus, Apple iPhone SE, Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy S5 Mini, Samsung Galaxy J1, Sony Xperia Z3 Compact, Sony Xperia Z5, Sony Xperia Z5 Compact, LG G5, Microsoft
Lumia 640, Microsoft Lumia 650, Microsoft Lumia 950, Nexus 6P, Nexus 5X, Huawei P9, Huawei Honor 7, Huawei Y360, Xiaomi Mi5, HTC 10, HTC Desire 626, Doro Liberto 825, Doro PhoneEasy 530X



Angka diatas hanya mewakili model contoh smartphone yang diuji. Seperti tertulis pada tabel diatas, smartphone HTC Desire 626 tidak berpengaruh bila dipegang dengan tangan kiri atau kanan, serta Samsung Galaxy S5 Mini lebih tepat dipegang dengan tangan kiri ketika berbicara.
Menariknya untuk Huawei P9 kurang tepat bila dipegang dengan tangan kanan, tapi sinyal bekerja dengan baik bila dipegang dengan tangan kiri.
Smartphone Apple iPhone ternyata akan terganggu sinyal penerimaan bila digunakan dengan tangan kiri.