Teknologi perangkat mobile atau computer saat ini banyak mengunakan Bluetooth 4 (2011), atau versi 4.2 (2014). Tetapi jarak jangkau Bluetooth masih terbatas, hanya dalam jarak beberapa meter saja. Misalnya earphone Bluetooth digunakan untuk menghubungkan smartphone tanpa kabel.

Kedepan teknologi Bluetooth 5 dapat mencapai 300 meter. Dengan perangkat standar memiliki jarak jangkau 4x lebih jauh atau sekitar 40-60 meter. Dari peneliti grup Linley, koneksi ke speaker bluetooth nantinya tidak akan terlihat. Karena terhubung dengan sistem wireless.

Perkembangan Bluetooth
Bluetooth 1 dan 1.0b.
Masalah kompatibel dan standarisasi. Kecepatan lambat 1Mbps dan masuk museum.

Bluetooth 2.x
Tampil 2004 dengan Enhanced Data Rate - EDR dengan kecepatan tranfer 3Mbit/s. Paling populer dibuat di berbagai varian produk.

Bluetooth 3.x
Tahun 2009 mengadopsi teknologi Bluetooth 3 + HS atau High speed. Teorinya mencapai kecepatan tranfer 24Mbit/s. Bluetooth 3 mengunakan lebih dari satu tranmisi radio seperti perangkat WIFI.

Bluetooth 4.x

Akhir 2010. Mendukung pemakaian power rendah / Low Energy - LE. Ditujukan bagi perangkat produk kesehatan, olahraga, dan home entertaiment. Pada dasarnya setiap perangkat pintar dapat mengunakan fitur Bluetooth 4.
Mengalami revisi ke 4.1 dan 4.2, fitur Firmware untuk privasi, mendukung LTE dan lainnya.

Standar Bluetooth 5 tidak akan hadir tahun ini, kemungkinan baru disetujui tahun 2016 tapi produknya baru tampil 2017

Setidaknya ada perubahan besar dari teknologi Bluetooth 5 nanti. Jarak jangkauan perangkat mencapai 120meter, atau 4x lebih jauh dari Bluetooth 4.2.
Kecepatan 2x lebih cepat dibanding Bluetooth saat ini, dan dapat mencapai 2Mbps.

Dengan tranfer kecepatan tinggi dan jarak lebih jauh, Bluetooth 5 juga memiliki fitur koreksi kesalahan, serta bagi produsen lebih mudah mengupgrade Firmware perangkat. Kemudahan Bluetooth nantinya tidak gunakan untuk perangkat mobile dan konsumen biasa, tapi bidang lain dengan kebutuhan smart meter, otomotif sampai alat medis. Kecepatan tranfer naik 2x lebih cepat dibanding versi sebelumnya.
Bluetooth 5 akan bersaing dengan fitur smart home yang dimiliki oleh Wi-fi dan ZigBee yang mengandalkan sinyal Wifi

Misal pengiriman pesan ke beberapa perangkat, seperti perangkat smartwatch atau sensor lain. Selain kemampuan diatas, Bluetooth dapat mengirim data dari lokasi, alamat web dan file multimedia. Untuk otomotif seperti kendaraan, alat bluetooth dapat terhubung ke banyak sensor serta sensor untuk lampu lalu lintas.

Bluetooth 5 lebih hemat power, setidaknya 2,5x dari disain sebelumnya. Mengunakan teknologi Bluetooth Low Energy - BLE

Bluetooth 5 kompatibel dengan Bluetooth 4. Tapi dibutuhkan perangkat baru dengan standar Bluetooth  untuk mengunakan semua fitur yang ada.

Salah satu produsen chip yang menyiapkan teknologi Bluetooth adalah Texas Instrumen dengan chip wireless CC2640

+ Informasi dari Bluetooth.com