Technology | 23 September 2016

Teknologi Bluetooth 5


Teknologi perangkat mobile atau computer saat ini banyak mengunakan Bluetooth 4 (2011), atau versi 4.2 (2014). Tetapi jarak jangkau Bluetooth masih terbatas, hanya dalam jarak beberapa meter saja. Misalnya earphone Bluetooth digunakan untuk menghubungkan smartphone tanpa kabel.

Kedepan teknologi Bluetooth 5 dapat mencapai 300 meter. Dengan perangkat standar memiliki jarak jangkau 4x lebih jauh atau sekitar 40-60 meter. Dari peneliti grup Linley, koneksi ke speaker bluetooth nantinya tidak akan terlihat. Karena terhubung dengan sistem wireless.

Perkembangan Bluetooth
Bluetooth 1 dan 1.0b.
Masalah kompatibel dan standarisasi. Kecepatan lambat 1Mbps dan masuk museum.

Bluetooth 2.x
Tampil 2004 dengan Enhanced Data Rate - EDR dengan kecepatan tranfer 3Mbit/s. Paling populer dibuat di berbagai varian produk.

Bluetooth 3.x
Tahun 2009 mengadopsi teknologi Bluetooth 3 + HS atau High speed. Teorinya mencapai kecepatan tranfer 24Mbit/s. Bluetooth 3 mengunakan lebih dari satu tranmisi radio seperti perangkat WIFI.

Bluetooth 4.x
Akhir 2010. Mendukung pemakaian power rendah / Low Energy - LE. Ditujukan bagi perangkat produk kesehatan, olahraga, dan home entertaiment. Pada dasarnya setiap perangkat pintar dapat mengunakan fitur Bluetooth 4.
Mengalami revisi ke 4.1 dan 4.2, fitur Firmware untuk privasi, mendukung LTE dan lainnya.

Standar Bluetooth 5 tidak akan hadir tahun ini, kemungkinan baru disetujui tahun 2016 tapi produknya baru tampil 2017



Setidaknya ada perubahan besar dari teknologi Bluetooth 5 nanti. Jarak jangkauan perangkat mencapai 120meter, atau 4x lebih jauh dari Bluetooth 4.2.
Kecepatan 2x lebih cepat dibanding Bluetooth saat ini, dan dapat mencapai 2Mbps.

Dengan tranfer kecepatan tinggi dan jarak lebih jauh, Bluetooth 5 juga memiliki fitur koreksi kesalahan, serta bagi produsen lebih mudah mengupgrade Firmware perangkat. Kemudahan Bluetooth nantinya tidak gunakan untuk perangkat mobile dan konsumen biasa, tapi bidang lain dengan kebutuhan smart meter, otomotif sampai alat medis. Kecepatan tranfer naik 2x lebih cepat dibanding versi sebelumnya.
Bluetooth 5 akan bersaing dengan fitur smart home yang dimiliki oleh Wi-fi dan ZigBee yang mengandalkan sinyal Wifi

Misal pengiriman pesan ke beberapa perangkat, seperti perangkat smartwatch atau sensor lain. Selain kemampuan diatas, Bluetooth dapat mengirim data dari lokasi, alamat web dan file multimedia. Untuk otomotif seperti kendaraan, alat bluetooth dapat terhubung ke banyak sensor serta sensor untuk lampu lalu lintas.

Bluetooth 5 lebih hemat power, setidaknya 2,5x dari disain sebelumnya. Mengunakan teknologi Bluetooth Low Energy - BLE



Bluetooth 5 kompatibel dengan Bluetooth 4. Tapi dibutuhkan perangkat baru dengan standar Bluetooth  untuk mengunakan semua fitur yang ada.

Salah satu produsen chip yang menyiapkan teknologi Bluetooth adalah Texas Instrumen dengan chip wireless CC2640

+ Informasi dari Bluetooth.com


Artikel Lain

Tahun 2022 layar OLED EX generasi baru. Berapa lama TV OLED digunakan tapi tidak lama lagi. Salah satu produk yang ditawarkan oleh LG dan pabrikan lain 2018. LG sepenuhnya siap memproduksi panel OLED EX baru.

Zhaoxin KX-6000G internal graphic dan KH-40000 kelas server 32 core tahun 2022, memiliki 4 core, Proceosr KX-U6780A BGA mulai di pasarkan tahun 2018 tampil dengan procesor versi desktop 4 core. Bekerja di OS Windows dan seperti desktop PC biasa.



Qualcomm FastConnect 6900 dan 6700 disebutkan memiliki kelambatan rendah untuk koneksi WIFI dan Bluetooth. Memberikan kecepatan untuk koneksi suara dan musik melalui wireless. Chip FastConnect 6900, WIFI6e mengunakan frekuensi 6Ghz, dapat mengirim data 3,6Gbps. Dan  Chip FastConnect 6700 mengunakan kecepatan tranfer 3Gbps.

Micron UFS 4.0 diproduksi 2023, untuk 256GB 512GB dan 1TB storage smartphone. Samsung UFS 4.0 lebih cepat 1.6x dibanding UFS 3.1. Toshiba kembali mengumumkan teknologi memory UFS 2.1. Tahun 2019, Samsung siapkan eUFS 2.1, smartphone memiliki 1TB Storage.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

WIFI Alliance telah mengumumkan teknologi sistem keamaan WIFI baru disebut WPA3. Hal penting lain, WPA3 dapat menghindari dengan sistem pertahanan dari serangan acak.

Perangkat ethernet jaringan Powerline Adapter mengunakan kabel listrik. Apakah bisa mengunakan merek Powerline berbeda dan saling terhubung. Apakah kompatibel antara HomeplugAV 500 dengan AV600 serta AV1000. Bagaimana setting Powerline Adapter, bila berbeda merek.



Beda HDMI vs. DisplayPort vs. DVI vs. VGA. Sekarang HDMI 2.0b, DisplayPort untuk PC dan multi monitor. DVI masih bertahan tapi menunggu digantikan HDMI, VGA adalah port pertama VGA.

Menambah jarak jangkau sinyal WIFI, lebih umum mengunakan Wifi boosster, membutuhkan power listrik seperti WIFI Range Extender atau Powerline adaptor. Apakah bisa meningkatkan sinyal Wifi lebih jauh, tanpa mengunakan power listrik. Satu alat ini dinamai WiFi amplifier



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.