Kemacetan jalan driver monkey membuat masalah semakin macet


Green | 4 September 2016

Kota dengan kemacetan, antri di jalan, menunggu lampu merah, setelah hijau malah kendaraan di depan berjalan lambat. Akhirnya harus menunggu lagi karena terlambat keluar dari lampu merah.

Sebuah video dari CPG menjelaskan mengapa jalan menjadi macet walau tidak ada penyebabnya.

Disebut kemacetan lalu lintas Phantom. Ketika jalan menjadi padat, sangat berkorelasi dengan kumpulan pengemudi untuk bergerak serempak. Bila satu pengendara berhenti, berpindah lajur jalan, maka seluruh kendaraan di belakang dan sisi samping terkena imbasnya. Mungkin ini menjadi penyebab kemacetan di kota besar, termasuk Jakarta yang super macet.

Kemacetan Phantom digambarkan seperti kemacetan yang mengular dijalan. Seperti satu pengendara menahan kendaraan lain, dan kejadian yang berulang ke belakangnya. Sementara pengendara yang lambat disebut driver Monkey karena bergerak lebih lambat dari pengemudi lain atau memotong jalur kendaraan lain.

Satu percobaan, seandainya beberapa mobil dibuat berputar dalam satu lingkaran, dan mengatur jarak mereka tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain. Dijamin semua lancar walau melalui lajur jalan yang berputar walau kendaraan bergerak lambat karena lalu lintas yang padat.

Teori ini dibuktikan tim peneliti dari Nagoya Jepang, mereka melakukan pengujian beberapa tahun lalu. 22 mobil mengitari jalur lingkaran dengan kecepatan 25km perjam. Kendaraan dapat berjalan lebih lambat dan tetap bergerak, tapi tidak terjadi hentian yang luar biasa.

Bagaimana bila antrian terlalu dekat, bila satu kendaraan melambat. Maka kendaraan dibelakang akan berhenti, dan imbasnya mobil dibelakang akan melakukan hal yang sama. Hal ini menjadi penyebab kemacetan dan dapat terjadi dijalan bebas hambatan sekalipun.

Teori Phantom Traffic Jam

Solusi kemacetan dapat dilakukan dengan cara sederhana. Setiap pengemudi dapat mempertahankan jarak kendaraan mereka, tidak perlu terlalu dekat dengan belakang kendaraan di depannya.
Sehingga memberikan jarak aman untuk mengurangi kecepatan, tapi tidak sampai menghentikan kendaraan.

Walau teknik ini terlihat mustahil merubah kebiasaan pengemudi, tapi teknik teori ini sudah dibuktikan, tinggal prakteknya yang tidak mungkin dilakukan.



Pada gambar dibawah ini menjelaskan bila di satu jalan yang ramai, awalnya lancar secara tiba tiba menjadi macet. Tapi kendaraan nomor 1 paling depan memperlambat kendaraan karena halangan seperti orang yang menyeberang atau kendaraan yang menyalip.

Kendaraan nomor 2 yang terlalu dekat akan melambat dengan mengerem lebih kuat, dan kendaraan nomor 3 akan melambat lebih cepat bahkan menghentikan kendaraan dan seterusnya. Walau sebenarnya tidak terjadi apapun setelah  pengendara nomor 1 berlalu.

Kelambatan akan terus berlanjut pada kendaraan ke 10 yang melakukan pengereman dan seterusnya dibelakangnya. Disini dimulai kelambatan kendaraan pada satu lajur jalan. Tidak ada kejadian apapun, membuat pengendara lain di belakang melakukan pengereman. Dampaknya kecepatan kendaraan menjadi berkurang.

Mengatasi kemacetan

Contoh diatas sebenarnya terjadi di lampu lalu lintas ketika kendaraan harus dihentikan oleh lampu lalu lintas.

Teori Phantom diatas seperti gambar dibawah ini, dalam satu lingkaran jalan akan terjadi kelambatan atau macet. Bila salah satu pengendara melambat dan berimbas ke pengendara dibelakangnya.
Gambar kanan bila semua pengendara tidak lambat dan tidak terlalu cepat serta dapat melaju secara konstan, mengambil jarak yang sama maka kelambatan di lajur jalan dapat dihindari.


Mengatasi kemacetan dengan kecepatan yang sama antar pengemudi

Memotong lajur kendaraan lain
Hal paling umum adalah adanya pengemudi berpindah lajur jalan, misal untuk keluar dari jalan tol atau jalan utama untuk menuju tempat lain. Hal ini wajar dilakukan.

Tapi di jalan yang lurus saja, pengemudi yang pindah lajur hanya karena mencari celah jalan yang lebih lenggang / lebih cepat. Satu pengemudi seperti ini dapat memampatkan kendaraan lain di lajurnya dan lajur di sebelahnya. Sama seperti kondisi di depan lampu lalulintas, dengan memotong lajur kendaraan lain, maka kendaraan di samping harus memperlambat atau berhenti. Imbasnya juga terjadi di belakang semua kendaraan dari lajur yang dipotong.

Nama lain pengemudi seperti ini disebut Zipper, mereka mencoba membuka jalannya sendiri. Pengendara dibelakang akan berpikir yang sama, merasa lajur jalan terlihat menjadi lambat. Maka pengendara akan berpindah ke lajur di sebelahnya, dan efek domino akan terjadi sampai di kendaraan belakang.

Mengatasi kemacetan penyebab macet bila pengemudi memotong lajur jalan
Bagaimana mengatasi macet di jalan.
Bila semua pengendara mengambil jarak aman dan tidak terlalu dekat, sehingga tidak perlu mengerem kendaraan mereka sampai berhenti. Kemacetan dapat dihindari, karena tidak ada kendaraan yang berhenti mendadak atau menghentikan arus lalu lintas sampai mati total. Itu saja solusi

Solusi macet semua pengendara tertib mengambil jarak aman



Solusi masa depan adalah autonomous kendaraan, dimana setiap kendaraan dapat saling berkomunikasi. Maka kendaraan jalan dijamin tidak akan macet, karena sistem kemudi otomatis akan tertib mengambil jarak aman.

Bahaya dari kemacetan
Ketika jalan macet, manusia mendapatkan peningkatan stres. Hal lain adalah waktu yang terbuang, pemborosan bahan bakar karena mesin bekerja tapi kendaraan tidak berjalan kemana mana, terakhir tentu saja biaya yang tidak seharusnya dikeluarkan untuk bahan bakar terbuang percuma.

Dari sisi kesehatan juga memperburuk. Polusi dari gas buang kendaraan akan berputar di sekitar jalan. Penelitian dari universitas Surrey mengatakan ventilasi sebuah mobil mempengaruhi 76% asap beracun. Rinciannya dibawah ini
  • Tingkat polusi di dalam mobil akan meningkat 40% lebih tinggi ketika jalan macet ada berada di lampu merah dibanding kendaraan yang sedang berjalan.
  • WHO menempatkan polusi udara luar ruangan menjadi penyebab gangguan kesehatan dan hal lain.
Dr Prashant Kumar dari universitas Surrey mengatakan, bila memungkinkan ambil jarak antara kendaraan di depan anda ketika kendaraan sedang berhenti.

Berita terkait
Freelancer atau pekerja lepas umumnya tidak mau bekerja secara resmi di kantor. Bisa bebas bekerja dimana saja, tidak terganggu suara rekan  kerja, kolega dan bos. 2018 Bekerja dirumah lebih baik, dengan penghasilan dapat dihemat. Yang lain lebih baik gaji lebih kecil asalkan bekerja di rumah. Bisnis retail Okt 2019. Shopee memberi kesempatan 10 toko retail terbaik menjual langsung produknya ke luar negeri.

Awal pengunaan Vape untuk menghindari kebiasaan buruk dengan rokok. Di tahun 2015 nama rokok elektronik kurang menarik. Tapi terus meningkat. Vitamin E diduga menganggu pernapasan akut. Pencernaan tubuh manusia berbeda, dapat memecah. Paru paru hanya menangani bentuk gas



Pemerintah Perancis memiliki paket Conversion Premium. Bila penguna kendaraan mau menukar mobil lama ke mobil listrik atau mobil hibrida. India tahun 2019 memberikan insentif kendaraan listrik. Boleh di potong pajak sampai 2.000 dollar dari pembelian kendaraan baru.

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya. Lama waktu tidur yang tepat orang dewasa antara 7-8 jam. Tidur cukup memberikan dampak bagi tubuh sangat positif. Tidur memperbaiki siswa belajar dan naik satu tingkat. Mengapa kurang menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern.

Ketika listrik padam, rumah Rosa tetap menyala. Bahkan dijuluki sebagai rumah kunang kunang karena dirumahnya saja yang masih bersinar. Sering mengalami pemadaman listrik, Rosa akhirnya memasang instalasi panel surya. Biaya listrik perbulan turun, bahkan hanya membayar 5% dari biasanya.

Olahraga dan kesehatan, usia 80 tahun memiliki kekebalan tubuh usia 20 tahun. Mampu menghindari penyakit, seperti sebuah pil alami. Aktivitas fisik ternyata meningkatkan kemampuan sel T lebih aktif. Salah satu rahasia dari tubuh manusia

Sebuah sekolah di Denmark memasang 12 ribu panel solar cell. Menyediakan hampir separuh kebutuhan listrik untuk sekolah sendiri.setiap tahun. Luas sekolah mencapai 25 ribu meter persegi, sedangkan panel dipasang di dinding dan atap gedung seluas 6 ribu meter.



Gerah dengan polusi asap, terobosan baru pemerintah Nanjing menyiapkan proyek Vertical Forest.  Perancangnya arsitek Stefano Boeri akan membuat sebuah gedung dengan hutan vertikal.

Pohon bonsai ditanam tahun 1625, dan masih terus tumbuh. Terhitung usianya 391 tahun, dan menariknya pohon bonsai ini selamat dari bom di Hiroshima. Pohon tersebut dimiliki keluarga Yamaki, dan mereka tinggal hanya 2 km dari jatuhnya bom atom.

Mengkonsumsi kacang termasuk hazelnut, walnut, sebanyaksegengam setiap hari atau sekitar 20g. Usia kita akan bertambah panjang. Kacang memiliki serat tinggi, magnesium dan lemak tak jenuh ganda. Nutrisi tersebut memainkan peran penting untuk memotong resiko penyakit kardio dan mengurangi kolesterol

Apa yang terjadi di kota Copenhagen pada jam sibuk. Banyak mobil berlalu lalang, kemacetan, klakson mobil, motor saling bertumpuk. Itu hanya mimpi bagi penduduk disana. Karena kesibukan kota pada pagi atau sore hari bukan kendaraan bermotor yang membuat macet

Kota Vancouver adalah kota yang ramah dengan sepeda dan tujuan utama adalah kota kelas dunia bersepeda. Tapi moda transportasi lain juga dibangun. Salah satu video dibawah ini ketika Chriss bercerita seperti apa kota yang ramah bagi penduduk

Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.

Di Tiongkok mulai muncul kendaraan kecil dari 2  kursi penumpang. Bekerja penuh dengan power baterai, hanya mobil ini ukurannya memang kecil. Selain industri mobil listrik kecil, industri ini memicu pabrik kecil lain yang membuat komponen.




No popular articles found.