Photoshop palsu mendaki Everest dilarang masuk Nepal 10 tahun


Stuff | 2 September 2016

Pasangan India dilarang masuk ke Nepal selama 10 tahun. Setelah pihak berwenang menyimpulkan pasangan tersebut memalsukan foto pendakian ke Gunung Everest di Facebook.

Beda cerita dengan Zella Van wanita asal Belanda. Dia sengaja memalsukan fotonya, dengan cerita jalan 5 minggu ke Asia. Tujuannya untuk melihat apa dampak dari indikator sebuah foto dengan kehidupan nyata dalam tugas kuliah. Walau dia hanya membuat foto dirumahnya dan tidak pernah pergi keluar dari negara Belanda. Bahkan keluarganya mengira dia memang sudah jalan jalan.

Yang ini berbeda, karena pendaki palsu ini hanya membuat cerita heboh dengan Photoshop.

Dinesh dan Tarakeshwari pasangan suami istri bercerita mereka menunda memiliki anak sebelum mencapai puncak Everest. Berita tersebut akhirnya diposting ke Facebook, dan mereka akhirnya mencapai Everest. Bahkan keduanya diberitakan membuat konferensi pers di Katmandu, pada akhirnya mengatakan dengan bangga sekarang kita akan menjadi orang tua. Sampai media Guardian melaporkan keduanya menjadi pasangan palsu pertama dari India yang mencapai puncak Everest pada 23 Mei 2016.

Sebulan kemudian, beberapa pendaki melaporkan foto mereka dipalsu. Salah satunya pendaki terkenal dari India Satyarup Siddhanta yang mengatakan fotonya di edit dan wajahnya diganti. Dalam foto terlihat pasangan tersebut merubah foto dan bendera milik Siddhanta.

Lucunya warna kedua jaket pasangan tersebut terlihat sedang menganti pakaian. Foto jaket ketika mencapai puncak, mengunakan warna merah dan hitam, dan berganti dengan warna oranye dan sepatu kuning serta hitam.

Siddhanta mengatakan, tidak mungkin pendaki menganti pakaian mereka selama pendakian. Mereka akan mengalami bahaya radang dingin dan 100% foto diyakini foto keduanya palsu.

Badan pariwisata Nepal telah memeriksa foto pasangan tersebut, dan menyimpulkan mereka memalsukan cerita pendakian ke Everest. Hukumannya, mereka ngak boleh mendaki di seluruh gunung di Nepal 10 tahun.

Foto kiri atas dengan jaket merah ketika melakukan perjalanan pendakian ke Everest, dan foto kanan atas berganti jaket kuning atau oranye. Kedua foto tersebut dikatakan Siddhanta pendaki dari India, tidak mungkin pendaki menganti jaket atau membawa 2 jaket. Kecuali mereka "mulung" selama di perjalanan. Pasangan tersebut akhirnya menghilang

Photoshop palsu mendaki Everest dilarang masuk Nepal 10 tahun

Berita terkait
Pesawat Jet F-35 Lightning II dengan teknologi pesawat siluman. Pesawat F-35 tidak dibuat dengan satu model tapi beberapa varian, terdiri dari F-35A, F-35B dan F-35C. Ketiga jenis pesawat memiliki kemampuan berbeda beda, walau 80% disain yang sama. 20% lainnya ada di bagian teknologi, dan unit pasukan yang mengunakan. Hanya satu model pesawat dirancang dengan kemampuan mengambang di udara.

Fotografer ambasador Nikon Charmi membeli 4 memory Sandisk Extreme 128GB SDXC tetapi semuanya palsu. Diketahui ketika digunakan, memory menghentikan proses camera. Diamati memory SD card sangat mirip, seperti bagian label. Hanya satu yang tertinggal, dan luput oleh pemalsu yang dapat dikenali.



Jack Morris dan Lauren Bullen di Instagram memiliki pengikut 2 juta member. Keduanya adalah fotografer perjalanan dan wisata.Tapi cerita keduanya tidak seindah yang dibayangkan. Gaya mereka di copy oleh pengikutnya sendiri.

Semua gunung paling berbahaya bagi pendakian memiliki puncak yang berada di 8000 meter. Seluruh gunung tertinggi memiliki resiko kematian, tapi 4 gunung ini memiliki resiko di atas gunung Everest. Artinya rasio yang tidak pulang dibanding yang berhasil mencapai puncak dan kembali ke rumah akan lebih banyak

Satu lagi salah edit dari photoshop yang gagal. Film Arrival akan tampil akhir tahun ini pada 11 November 2016, menceritakan benda alien yang datang ke Bumi. Dibintangi oleh Amy Adams dan Jeremy Renner. Minggu ini mendapat perhatian, tapi bukan cerita filmnya hanya posternya yang salah

Victoria Beckham kali ini kena dengan Photoshop gagal. Kali ini melanda majalah Vogue China, Victoria tampil cantik tapi ada yang aneh. Bahkan foto yang dipublikasi oleh Victoria telah mendapat Like 152 ribu kali.

Film Everest menceritakan cuaca ekstrem yang harus dihadapi para pendaki. Disebut Blizzard atau badai yang membeku disertai udara sangat dingin. 2 layanan pendakian dan masing masing 8 orang klien.



Pemerintah India gagal di Photoshop, ketahuan mengedit foto perdana menteri Narendra Modi melihat banjir ternyata di edit. Dikabarkan Modi meninjau lokasi banjir di Tamil Nadu bagian selatan India, disana terjadi banjir besar. Lalu diterbitkan ke media dengan judul Modi melakukan survei melalui udara. Apa benar Modi memang datang meninjau.

Victoria Secret sedang diomel oleh pembaca, karena photoshop gagal tampil di Timeline Facebook. Pantat tidak sempurna dan tangan salah edit membuat komentar kurang baik bagi Victoria Secret di halaman Facebook mereka

Film pendakian gunung K2 Siren Himalaya ini menceritakan pendakian paling menantang. Bukan pendakian ke puncak tertinggi di gunung Everest, tapi di puncak gunung tertinggi ke 2 yaitu K2. Pendakian Everest 20 orang 1 tidak pulang, tapi di pendakian K2 rasio 4 pendaki 1 tidak pulang




No popular articles found.