Science | 30 August 2016

Planet HD 189733b memiliki angin 7 mach


Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733b memiliki kekuatan angin 7 mach lebih.

Pesawat mungkin tidak akan pernah sampai ke tujuan bila melawan arus angin di planet ini.

Planet HD 189733b disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C.

Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca, ditambah kekuatan angin badai mencapai 7000km perjam.

Ini bukan planet ukuran besar biasa, tapi masuk kategori planet ekstrem
Alias planet teror atau planet horor.

Dari teleskop Hubble, planet HD 189733b terlihat biru, tapi biru bukan karena air dan atmofer.

Melainkan awan yang sangat tinggi dengan partikel silikat.
Silikat adalah hasil dari kondensasi / pendinginan panas dari tetesan kaca kecil.

Planet HD 189733 memiliki angin 7 mach

Planet HD 189733b telah di observasi sejak tahun 2013 untuk melihat apa yang terjadi di planet tersebut dan berubah menjadi planet eksotis alias super panas.



Memiliki jarak ke bintang hanya 4,5 juta km, 1/12 kali lebih dekat dibanding jarak Merkurius ke Matahari.
Begitu dekatnya, orbit planet ke bintang dan hanya 2 hari sekali menyelesaikan satu putaran

Setiap bintang induknya memancarkan flare (kilatan bintang, di Bumi disebut kilatan matahari), akan langsung menghantam atmofer planet HD 189733b.

Maka atmofer planet ikut terdorong keluar planet dan membentuk seperti buntut. Hal tersebut membuat dampak kecepatan arus atmofer planet meningkat

Planet seukuran Jupiter seperti HD 189733b sangat  banyak, mencapai miliaran planet dalam kondisi ekstrim ini ada di galaksi kita.
Hanya saja tempatnya bisa berbeda beda, seperti yang satu ini di posisi yang salah dan terlalu dekat ke bintang.







Artikel Lain

Seperti planet gunung berapi Mustafar di film Star Wars, setengah dari planet ekstrasurya 3844b yang ditemukan ini dapat tertutup dari  gunung berapi aktif. Planet 3844b , ditemukan pada tahun 2019, bisa menjadi dunia pertama yang kita kenal, di luar tata surya dengan gunung berapi.

Alam semesta memang uni, sebuah eksoplanet massa 11x planet Jupiter dinamai planet HD106906 b. Planet tersebut memiliki massa sangat besar. Uniknya menempati orbit yang tidak terduga menjadi anggota tata surya bintang biner. Mengapa planet tersebut berada begitu jauh dari bintang.



Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.

Ilmuwan membuat penemuan dengan memantai gelombang suara, dan mengungkap jenis jenis batuan yang bersembunyi di bawah permukaan planet kita. Peneliti memperkirakan akar cratonik Bumi adalah bagian batuan kuno. Dan membentuk pergunungan terbalik yang terletak di pusat lempeng tektonik. Membentang sampai 300km lebih. Peneliti mengatakan berlian bukan barang langka dari sisi geologi

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas



Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.