Planet HD 189733b memiliki angin 7 mach


Kategori : Science | Date : 30 August 2016
Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733b memiliki kekuatan angin 7 mach lebih. Pesawat mungkin tidak akan pernah sampai ke tujuan bila melawan arus angin di planet ini.

Planet HD 189733b disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C.  Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca, ditambah kekuatan angin badai mencapai 7000km perjam. Ini bukan planet ukuran besar biasa, tapi masuk kategori planet ekstrem

Dari teleskop Hubble, planet HD 189733b terlihat biru, tapi biru bukan karena air. Melainkan awan yang sangat tinggi dengan partikel silikat. Silikat adalah hasil dari kondensasi / pendinginan panas dari tetesan kaca kecil.

Planet HD 189733 memiliki angin 7 mach

Planet HD 189733b telah di observasi sejak tahun 2013 untuk melihat apa yang terjadi di planet tersebut dan berubah menjadi planet eksotis alias super panas.

Memiliki jarak ke bintang hanya 4,5 juta km, 1/12 kali lebih dekat dibanding jarak Merkurius ke Matahari. Begitu dekatnya, orbit planet ke bintang hanya 2 hari sekali.
Setiap bintang memancarkan flare, dan menghantam atmofer planet HD 189733b. Maka atmofer planet ikut terdorong keluar planet dan membentuk seperti buntut. Hal tersebut membuat dampak kecepatan arus atmofer planet meningkat

Planet seukuran Jupiter seperti HD 189733b sangat  banyak, mencapai triliunan planet seperti ini ada di galaksi kita. Hanya saja tempatnya bisa berbeda beda, seperti yang satu ini di posisi yang salah dan terlalu dekat ke bintang.




Satelit BepiColombo akan meneliti ulang planet Merkurius. Mencari jawaban mengapa planet ini menyusut. Salah satu planet yang jarang dipelajari. Bukan tidak menarik, karena butuh teknik untuk mengirim pesawat kesana. 2 pesawat BepiColombo, Mercury Planetary Orbiter (MPO) danMercury Magnetospheric Orbiter (MMO) dikirim Oktober 2018, dan akan bekerja selama 7 tahun sampai di Merkurius, mengapa begitu lama

Ilmuwan membuat penemuan dengan memantai gelombang suara, dan mengungkap jenis jenis batuan yang bersembunyi di bawah permukaan planet kita. Peneliti memperkirakan akar cratonik Bumi adalah bagian batuan kuno. Dan membentuk pergunungan terbalik yang terletak di pusat lempeng tektonik. Membentang sampai 300km lebih. Peneliti mengatakan berlian bukan barang langka dari sisi geologi

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.



Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Memiliki atmofer dan berbatu seperti Bumi.

Sebuah planet WASP-12b jaraknya 1400 tahun cahaya ke Bumi. ukuran planet WASP-12b mencapai 2x lebih besar dari planet Jupiter. Planet juga terkunci dengan gravitasi bintang, masuk rangking 1 planet terpanas

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.



Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi



Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.


No popular articles found.