Siapa penemu laptop, cikal bakal dari generasi notebook. John Ellenby adalah pemimpin perusahaan Grid System. Dia meninggal di usia 75 tahun.

Industri PC telah kehilangan salah satu pemimpin yang membuat computer jinjing berpengaruh. John memiliki nama sebagai pembuat laptop dengan bentuk Clampshell

Ketika itu dinamai computer laptop Compass. Pada tahun 1982 masih berukuran tebal dan berat, memiliki layar jauh lebih kecil dari computer saat ini. Dan dijual $8150 perunit. Mendekati akhir 1990an barulah harga laptop turun, setelah produsen Jepang Toshiba mulai menawarkan produk ke konsumen.

Namun produk John ketika itu dipakai oleh pemerintah dan perusahaan, karena membuat pekerja lebih mudah membawa computer dibanding computer desktop.

Setelah 10 tahun, noteboook atau laptop baru harga computer tersebut lebih murah. Nama John sendiri berpengaruh di industri computer. Sebelum Grid, dia bekerja di perusahaan Xerox bagian pengembangan. Dia mengambol Alto dimana menjadikan produk lain dari Apple Lisa dan Mac Desktop. Lalu membuat Alto II yang lebih komersil.

Dia mendirikan perusahaan tablet dari Agilis dan membantu pengembangan perusahaan lain dari GeoVector.

Penemu laptop atau notebook pertama

Tidak terbayang penemuan di tahun 1982 tersebut sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk notebook. Yang jauh lebih ringan bahkan ada yang dibuat dengan berat 1kg. Dahulu sebuah notebook aka laptop masih mengunakan baterai NiCD, sedangkan generasi sekarang mengunakan bahan baterai lithium yang kecil dan ringan tapi power lebih kuat. Ukuran layar yang setingkat resolusi CGA, mungkin tidak berbeda dengan resolusi layar ponsel jadul. Sekarang sebuah smartphone mampu menampilkan resolus 2K bahkan setingkat monitor computer besar.

Computer pada gambar diatas, sebenarnya tidak lebih cepat dari sebuah smartphone paling murah saat ini. Bahkan layarnya tidak memiliki warna, alias masih mengunakan display plasma berwarna kuning hitam