Agustus 2016
Sejumlah penelitian telah mencoba mencari bukti bila radiasi ponsel dapat menganggu kesehatan.

Tapi perdebatan atas dampak kesehatan pengunaan ponsel tidak terbukti. Hanya saja sampai kapan, apakah ponsel memang aman bila digunakan berjam-jam setiap hari.

Banyak dari kita mungkin menyadarai bahwa suatu hari nanti gelombang radiasi smartphone dapat membua masalah bila mengunakan ponsel terlalu banyak.

Ponsel memancarkan gelombang elektromagnetik, dan diserap oleh sel dan jaringan tubuh manusia. Tapi bagian sebagian orang dapat menyebabkan masalah kesehatan, walau tidak ada bukti karena yang terkena radiasi ponsel memang terlalu intensif mengunakan smartphone mereka.

STudi dari Jurnal Biochemical dari institusi sain Weizmann di Israel. Menurut penelitian mereka, paparan 10 menit dari ponsel dapat menyebabkan perubahan sel otak, khususnya ketika sel membelah bahkan terjadinya sel kanker.

Dr John Bucher dari asosiasi institusi kesehatn National Toxicology Program menyatakan, ekposur atau paparan selama 10 sampai 12 tahun. Nantinya gangguan kesehatan akan meningkat, bahkan menyebabkan kanker otak.
Siapa paling rentan terkena radiasi gelombang elektromagnetik. Anak anak, karena otak mereka dalam tahap perkembangan. Bahkan anak anak lebih berbahaya menghadapi gangguan kesehatan dibanding orang dewasa. Banyak anak anak mulai mengunakan smartphone setiap hari. Faktor ini sangat beresiko bagi mereka. Bila khawatir dengan radiasi smartphone, bisa dilihat informasi dibawah ini.


Batas radiasi elektromagnetik ke tubuh manusia hanya di tingkat SAR 1,6W/kg

Data dari Cnet di tahun 2014, setidaknya ada 5 ponsel yang masuk daftar mengeluarkan radiasi elektromagnetik hampir mencapai ambang batas aman. Dimana ponsel memancarkan sinyal elektromagnetik ketika kita menerima telepon atau mengunakan panggilan.

Huawei Vitria ditawarkan oleh Metro PCS provider Amerika, memiliki SAR 1,49
Alcatel One Touch Evolve dijual perusahaan telekom T Mobile dengan SAR 1,49, dijual hanya $99
Motorola Moto E dengan SAR 1,5
Motorola Droid Ultra dengan SAR 1,54, dijual $400
Motorola Droid Maxx dengan SAR 1,54

Top smartphone radiasi tertinggi apakah merek anda

Penting tidaknya pesan diatas. Walau smartphone saat ini sudah mengunakan bodi case metal,  ada baiknya mengunakan ponsel tidak berlebihan.

Dari CDPH Desember 2017
Direktur CDPH Dr. Karen Smith mengatakan sebaiknya tetap menjauhi smartphone dari kita.
Peringatan ini diumumkan setelah dokumen departemen tahun 2009 diterbitkan oleh pengadilan tinggi Sacramento.
Tahun 2016, profesor Joel Moskowitz dari UC Berkley meminta adanya aturan dengan penemuan tersebut, karena resiko telepon seluler meningkatkan resiko tumor.
Remaja dan anak anak sebaiknya mengurangi pengunaan smartphone, mengingat perkembangkan otak yang berkembang mungkin lebih berpengaruh oleh sinyal RF.

Tip smartphone lebih aman bagi kita
Sebaiknya menjauhi posisi ponsel dengan tubuh anda.
Menghindari pengunaan ponsel ketika sinyal lemah.
Sejauh ini tidak ada aturan dengan batas keamanan pengunaan ponsel. Dan produsen masih memastikan aturan yang berlaku dipatuhi.
CDPH merekomendasi, ponsel tetap di saku baju. Dan tidak menempatkan di telinga dalam waktu cukup lama.
Hindari tidur dan terlalu dengan dengan ponsel.
Ketika berkendara, radiasi sinyal RF dari ponsel akan semakin kuat dipancarkan

+ CDPH.CA.GOV