Perusahaan telekom di India Reliance Digital Jio sudah menjadi pembicaraan sebelum meluncurkan layanan internet 4G LTE

Orang antri di toko penjual SIM Reliance, agar mendapatkan karto SIM Jio.

Di Indonesia, setiap operator telekom memberikan layanan khusus dalam bentuk paket internet dan voice. Indosat Ooredoo, Telkomsel, SmartFren, XL atau Tri menawarkan paket bebeda beda bagi pelanggan yang membutuhkan. Tapi yang ini sangat berbeda, modalnya untuk mendapatkan kartu dan sisanya diberikan internet gratis selama uji coba.

Perusahaan Reliance awalnya melakukan uji coba 4G LTE selama 3 bulan, dan semuanya digratiskan. Baik untuk data internet, telepon, SMS termasuk tambahan layanan khusus untuk streaming TV, film dan musik.

Perusahaan sangat baru tersebut, berdiri pada tahun 2015 dengan nama Reliance Jio Infocomm Limited. Menawarkan layanan premium JioPlay, JioOnDemand, JioBeats, JioMags, JioXpressNews, JioDrive, JioSecurity, dan JioMoney berbasis mobile.

Tetapi Jio dimiliki perusahaan Reliance Industri, salah satu industri terbesar di India. Bagaimana mungkin layanan internet dan lainnya diberikan gratis selama 3 bulan.

Pengalaman seorang blogger Sai Krishna di Hyderabad, dia mengunakan 350GB (tiga ratus lima puluh ribu GB) data selama 45 hari dengan jaringan Jio. Bahkan beberapa orang masih mendapatkan layanan internet data gratis setelah lewat 3 bulan. Itu baru cerita awal saja.

Tapi penjualan Jio tidak seperti layanan lain, penguna harus rela antri. Sebelumnya setiap pembelian handset merek LYF, sudah memenuhi syarat untuk penguna Jio. Disusul vendor lain dari Samsung, LG, Micromax, Asus, Gionee dan lainnya ikut menawarkan handset Android.
Penguna hanya perlu mendownload aplikasi Suite Jio dan mendapatkan kode bar nomor baru.

Cerita Jio memang mengesankan penguna mobile phone di India. Sampai toko online besar dari Amazon India, Flipkart India dan Paytm ikut serta karena via online pembeli mendapatkan penawaran lebih baik.

Relianc Jio memunculkan secercah harapan bagi retailer di India. Membuat orang datang membeli produk ponsel ke toko konvensional lagi, karena tidak dapat ditangani oleh penjual online.

Pesaing disana, Airtel dan Vodafone masing masing memiliki 150 juta pelanggan. Tentu mereka tidak sedang dengan layanan Jio yang gratis. Dan menuduh Jio melakukan promosi dengan iming iming uji coba dan mendapatkan 2,5 juta penguna dan mereka merasa dirugikan.

Perusahaan Jio sudah merencanakan mengelar jaringan 4G LTE sejak 2014. Bahkan waktunya berubah ubah beberapa kali. Rencana komersil terakhir akan dimulai 15 Agustus 2016 dan bertepatan dengan hari kemerdekaan negara India. Lagi lagi itu juga tidak terjadi, alias masih dibilang uji coba dan gratis, kabarnya sampai akhir tahun 2016. Itulah layanan yang diminati oleh penguna, biaya murah dan gratis.

Bayangkan negara India dengan penduduk 1 miliar lebih. Dan diberikan layanan uji coba gratis, pastinya penguna akan antri dimana-mana.

Jio telekom uji coba gratis 3 bulan dan terus gratis

Jio resmi mengumumkan layanan 4G LTE di India September 2016
Tarif internet murah, hanya 75 sen / 1GB, ditambah telepon voice call gratis.
Pendiri Reliance Jio dimiliki orang kaya dari India Mukesh Ambani dan menjabat sebagai pemimpin perusahaan nomor 2 terbesar India. Dia ingin membawa layanan cepat ke seluruh penduduk dan mengakhiri biaya telepon yang sebagian memberikan pendapatan operator selular besar di India.
Masyarakat India tidak mampu membayar tidak boleh tertinggal, kata Ambani, dan ini era berakhirnya biaya panggilan telepon.
Reliance menarik penguna telepon dengan layanan internet murah, telepon gratis, tidak ada biaya roaming, tidak ada paket internet mahal, dan tidak ada blackout. Sisanya adalah paket tambahan dibayar oleh penguna, seperti paket TV, aplikasi mobile, uang virtual dan fitur keamanan. Layanan gratis akan terus diberikan sampai akhir 31 Desember 2016.

Oktober 2016
Perusahaan telekom Jio menjadi layanan 4G terbesar di India bahkan dunia. Trafik internet mencapai 16.000TB setiap hari kata analis bisnis Credit Suisse. Jauh lebih besar dari data bandwidth perusahaan lainnya. Bandingkan dengan China Mobile menghabiskan 12.000TB setiap hari. Vodafone Global hanya menghabiskan 6.000TB setiap hari.
Tawaran perusahaan telekom Jio sangat baik. User diberikan 4GB data 4G LTE untuk panggilan telepon internet setiap hari. Dan layanan lain seperti musik, video dan TV tanpa biaya.
Harga adalah sensitif di India. User antri membeli kartu perdana Jio, dan sekarang user penguna disana sudah mencapai 16 juta nomor dan terus bertambah. Setiap hari bertambah 0,6 - 1 juta user perhari.
Dampaknya, Internet Jio akhirnya lambat, karena sebagian besar user masih gratis. Tapi tetap saja lebih cepat , karena kecepatan awal sekitar 11.31Mbps dan bulan lalu turun 8,77Mbps. Lambat tidak masalah, masih gratis.

Januari 2017
Jio provider telekom India menawarkan paket $1,5 tapi gratis internet bulan Januari sampai Maret 2017 untuk paket internet.$1,5 perbulan dengan kuota 1GB
Setelah 3 bulan pertama memberikan kuota internet 4GB setiap hari tanpa dikenakan biaya. Paket yang dipertahankan gratis untuk telepon dan SMS. Paket yang diberikan diberikan slogan -  "Welcome Plan" to "Happy New Year Offer"
Rencana awal akan diberikan gratis, tapi perusahaan orang terkaya di India ini akhirnya mengenakan biaya $1,5. Agar tidak terkenal aturan negara dan tetap bersaing dengan perusahaan telekom lokal.
Masalahnya, komunikasi antar operator ikut terganggu. Kabarnya perusahaan pesaing seperti Vodafone dan Airtel yang memiliki 400 juta pelanggan sengaja memotong jalur komunikasi panggilan ke provider Jio.
Jio berencana menjual ponsel konvesional untuk mengambil pelanggan lebih banyak. Karena 260 juta penguna smartphone, masih ada 460 juta penguna ponsel biasa di India

Tidak percaya, coba dilihat pada halaman website www.jio.com