Snapdrop Net mengirim file dan text Android atau PC tanpa App dan software


Kategori : Software | Date : 22 August 2016
Bagaimana mentranfer file dari PC ke Android smartphone.

Mungkin merasa repot untuk tranfer file dari PC/Notebook ke perangkat Android.

Atau sebaliknya tranfer file dari Android ke PC, bahkan yang paling ribet untuk tranfer file Android ke Android.

Tranfer file ke PC dan Android, dan Android ke Android dapat mengunakan aplikasi Wifi Tranfer.

Biasanya aplikasi di install di salah Smartphone Android atau Tablet, agar bisa di akses ke computer atau antara perangkat Android untuk tranfer file. Dengan Airdroid untuk Android, computer bisa mengakses semua folder di smartphone Android. Perangkat Android dijadikan Client untuk di remote oleh perangkat lain. Tapi tetap memerlukan aplikasi untuk mengaktifkan salah satu computer. Tapi hanya terbatas untuk perangkat kita sendiri.

Atau lebih mudah mengirim file dengan email, Cloud Server, serta aplikasi chatting. Kendalanya ada di ukuran file, bila ukuran file cukup besar maka tranfer file dapat memakan waktu lama.

Sebuah layanan berbasis website disebut Snapdrop.net. Memiliki fungsi untuk tranfer file antara computer / notebook dan perangkat Android.
Snapdrop.net hanya menjadi penghubung sementara antar perangkat, dan bukan aplikasi untuk tranfer file

Tidak perlu aplikasi untuk di install di Android atau PC, hanya memerlukan koneksi internet untuk otorisasi dalam LAN (jaringan yang sama) agar antar perangkat dapat saling mengenal. Selebihnya tranfer file dilakukan langsung.

Persyaratan mengunakan Snapdrop.net

  • Perangkat yang dihubungkan harus mengunakan satu jaringan yang sama (seperti gambar bawah)
  • Memiliki koneksi internet untuk membuka Snapdrop.net, agar jaringan dapat dikenali.
Seperti gambar dibawah ini, dari computer, notebook, smartphone di dalam satu jaringan. Semua dapat saling terhubung untuk mengirim pesan Text dan File



Jaringan untuk Snapdrop

Mengunakan Snapdrop

Untuk mengunakan Snapdrop, cukup membuka layanan website Snapdrop.net. Fungsinya untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang berada di dalam satu jaringan.
Berikan nama unik setiap perangkat, bila ingin di tempat anda cukup banyak yang mengunakan. Seperti jaringan di sekolah atau kantor, bisa diberikan berdasarkan nama pemiliknya. Agar tidak membingungkan ketika mentranfer file untuk siapa saja.

Setiap perangkat cukup membuka website Snapdrop.net. Sistem Snapdrop akan mencari apakah ada perangkat yang sedang aktif membuka layanannya.

Misal, teman A di ruang bawah sedang membuka Snapdrop di smartphone, dan anda ingin mengirim file ke teman anda si A dengan notebook atau tablet. Cukup meminta rekan dan anda ikut membuka situs Snapdrop.net di browser. Otomatis di layar akan muncul nama teman anda.
  • Gambar pertama, ketika satu perangkat (notebook) membuka link Snapdrop.net
  • Gambar kedua, setelah 2 perangkat lain dari notebook, tablet dan smartphone sudah membuka link Snapdrop.net

Tranfer file Android ke PC dan PC ke PC

Untuk mengirim file dan pesan.

Setelah anda melihat beberapa nama perangkat yang sudah membuka link Snapdrop.net. Cukup di Click / di tekan pilihan nama perangkat yang dituju.
  • Click nama perangkat yang dituju (gambar tengah), akan muncul menu pilihan. Lalu tekan File Manager atau fitur lain (gambar kanan).
  • Bila mengirim file dengan computer / notebook, dapat memilih beberapa file untuk dikirim.
  • Untuk mengirim pesan, tekan di nama perangkat yang dituju. Tunggu beberapa detik akan muncul kolom mengirim pesan ke perangkat lain. 

setting Snapdrop.net tranfer file Android Notebook PC

Langkah mengunakan Snapdrop.net dapat dilihat di video dibawah ini.



Dengan Snapdrop.net, kita tidak perlu menginstall aplikasi di smartphone atau PC. Cukup mengingat link tersebut dan dibuka link antara 2 perangkat yang ingin mentranfer file atau mengirim pesan Text.
Cara ini lebih lebih mudah, ketika kita membutuhkan koneksi antara 2 perangkat tanpa memerlukan aplikasi. Cukup mengingat nama Snapdrop.net
Tidak terbatas antara smartphone dan computer untuk mentranfer file.
Fitur Snapdrop.net mungkin terbatas, tapi memberikan kemudahan ketika kita membutuhkan.
Apakah Snapdrop.net aman, sebaiknya digunakan untuk mengirim file dan pesan umum saja.

+ Link Snapdrop.net

Berita terkait
Aurora HDR adalah software membuat efek foto High Dynamic Range. Foto lebih berwarna dan tampil lebih eyecatching katanya. Salah satunya software Aurora HDR foto editing. Dikembangkan oleh Macphun dan Trey Ratcliff

Google Now Launcher adalah Launcher buatan Google sendiri. Membuat tampilan smartphone bersih dan sederhana. Berbeda dengan disain depan smartphone, harus memilih aplikasi dengan mengeser menu ke kiri dan ke kanan. Google Now Launcher mengunakan scroll dari atas ke bawah, seperti memilih menu aplikasi di browse



Layanan menyimpan file gratis 15GB diberikan oleh Copy.com. Dapat menyimpan file dari computer, dan perangkat OS lain diluar Windows. Seperti smarthone iOS, Android, Windows sampai Linux. Copy.com mengunakan sistem perlindungan, user dapat memproteksi folder dari computer.

Droid Over Wifi Pro untuk tranfer download dan upload file dari smartphone Android ke computer via browser. Versi gratis dapat di install untuk OS Android 2,3+, sedangkan versi Pro hanya OS Android 4.0. Yang menarik dari aplikasi ini dapat melihat ukuran file




No popular articles found.