Apa yang menjengkelkan ketika memiliki smartphone. OS tidak di update selamanya, atau terlambat mendapatkan OS update terbaru. Tapi tidak semua produsen smartphone melakukan hal itu. Setidaknya mereka memberikan update untuk tipe high end.

Smartphone terbaik paling sering update, setidaknya ada 6 produsen yang rajin mengurusi smartphone yang mereka pasarkan.

Peneliti Apteligent mempublikasikan beberapa produsen smartphone yang mau mengurusi smartphone lama mereka, dan memberikan update ke OS Android 6

The best Smartphone update OS hanya 6 merek yang rajin memperbaharui 2016

Motorola
Menjadi produsen paling cepat update OS, sejak Nopember 2015 terus memperbaharui smartphone mereka ke Android 6. Seperti Moto X edisi 2015.

LG
Seperti Motorola, LG rajin merilis update ke Android 6. Model yang mendapat update seperti LG G4, agak lambat sekitar 3 bulan dibelakang Motorola.

HTC
Walau perusahaan ini pasang surut, kadang disebut sering rugi. Tapi merek HTC selalu mengupdate OS smartphone Android mereka yang kompatibel ke Marshmallow

Motorola, LG dan HTC mungkin jarang terlihat di pasar Indonesia. Tapi ketiga merek tersebut paling cepat update OS smartphone mereka. Yang artinya penguna akan terasa nyaman bahwa smartphone mereka masih di dukung oleh produsen.

3 merek lain. Samsung Sony ZTE


Sampai Maret 2016, baru memberikan update sekitar 5 model smartphone lama mereka ke Android 6. Agak tertinggal, sekitar 2 bulan setelah LG dan HTC

Tidak jelas apakah beberapa produsen smartphone diatas akan mengupdate ke Android 7 nanti. Setidaknya Google akan merilis pada akhir tahun 2016. Setidaknya kita tahu bila membeli smartphone, produsen masih mau mengurusi OS lama di smartphone mereka untuk mendapatkan update OS terbaru.

Oneplus.
Walau agak terlambat tetap memberikan update OS model smartphone. Model Oneplus One, 3T masih mendapat update Android 8. Dan security update untuk Oneplus 5 ke atas mendapat upgrade software untuk camera.

Android Google, karena Google adalah perusahaan pembuat OS Android. Tentu paling cepat memberikan update, bahkan jauh hari sebelum semua merek smartphone mengeluarkan update. Smartphone Google Nexus adalah smartphone paling pertama diberikan update. Bahkan mendapatkan versi Beta pertama untuk di uji coba.

Kedua smartphone Android One, karena nama Android One berada dibawah regulasi Google langsung. Juga mendapatkan update paling cepat, setidaknya diurus oleh perusahaan yang menjual produk dibawah nama Android One.
Android One adalah label dari smartphone produsen lokal yang menyandang nama Android One. Google menjamin setiap smartphone Android One mendapatkan 2 kali update OS Misalnya Android One masih mengunakan OS Android 5, setidaknya mendapatkan jaminan akan mendapat update sampai Android 7.

Android Go
Adalah versi Android Lite. Baru tampil tahun 2018 di beberapa model smartphone, dengan fitur minim hardware dapat bekerja di OS Android Go.
Belum jelas apakah fitur Android Go akan mendapat update rutin seperti Android One.