2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.

Sementara galaksi yang sudah terbentuk akan terlihat banyak cahaya dari bintang. 2 galaksi ini sangat samar dan ukurannya kecil, sehingga sulit ditemukan atau terlihat.

Kedua galaksi dinamakan Pisces A dan Pisces B, akan diteliti lebih lanjut agar pengetahuan dapat menjawab bagaimana evolusi pembentukan galaksi kerdil.

Kedua galaksi lahir terlambat, karena terlalu lama berada di ruang hampa yang terlihat kosong atau Local Void.

Local Void adalah wilayah di alam semesta dimana jarang sekali pembentukan galaksi.Dan membentang dengan lebar 150 juta tahun cahaya. Daerah tersebut tidak banyak terjadi aktivitas dan wilayah Local Void disebut daerah kekosongan di alam semesta. Seperti penduduk kota dan desa, dimana kota lebih bercahaya karena banyak rumah dengan cahaya lampu yang mewakili daerah banyak galaksi. Sedangkan di daerah terpencil yang ditinggali oleh masyarakat sangat sedikit atau jarang. Cahaya disana akan terlihat samar, menunjukan pertumbuhan galaksi di daerah tersebut akhirnya terlambat.

Gambaran dari teleskop Hubble ini dapat menceritakan seperti inilah ketika terbentuk alam semesta. Dan bagaimana galaksi yang kecil mulai berevolusi, seperti galaksi kita saat ini terbentuk oleh galaksi lain yang saling bertabrakan.

Berbeda dengan keberadaan galaksi kerdil. Disana diperkirakan memiliki kandungan yang kaya akan massa hidrogen lebih tinggi.

Astronom Tollerud berharap dapat menemukan lebih banyak galaksi seperti ini dengan teleskop Hubble. Termasuk mempelajari dengan teleskop Bumi PanSTARRS, bahkan berharap menemukan galaksi yang lebih kecil.

Galaksi kerdil Pisces A dan Pisces B ditemukan