Grafik peta berbeda dengan ukuran luas negara dan kita salah melihat ukuran negara


Kategori : News | Date : 17 October 2018
Melihat lembar kertas peta dunia, atau melihat gambar 2 dimensi peta. Terlihat benua Australia sangat luas, atau negara Rusia mencapai separuh luas dunia.

Peta dibuat dari 3 dimensi bulat menjadi 2 dimensi. Perubahan luas sebuah negara atau benua akan terlihat berbeda antara di bagian kutub utara dan selatan. Kedua bagian tersebut membuat sebuah luas negara menjadi lebih besar.

Peta mengunakan Mercator Projector. Contoh luas daerah Myoming di Amerika bagian tengah akan terlihat kecil di peta bumi.

Ketika semua ditempatkan di tempat rata, ukuran luas negara lebih jelas terlihat.

Rusia, Kanada dan Antartika terlihat memiliki daratan paling besar. Tapi tidak seperti ukuran di peta bumi.

Luas daratan negara Indonesia berada di posisi 16 negara terluas.

Luas negara dari ukuran jutaan km

Bila daerah peta Myoming ditaruh diatas kutub utara, ukuran luas kota tersebut menjadi lebih besar.

Luas kota di dekat khatulistiwa lebih besar dibanding luas di daerah kutub

Bagaimana kita salah melihat luas sebuah negara atau daratan di peta 2 dimensi.



Australia terlihat sangat luas sebagai sebuah benua. Tapi ukurannya lebih kecil dari negara Amerika Serikat

Luas benua Australia relatif sama seperti luas negara Amerika

Bahkan Amerika Serikat hanya memiliki luass 75% dari lebar benua Afrika.

Luas Amerika tidak lebih besar dari lebar benua Afrika

Melihat negara Inggris, di bagian utara akan terlihat lebih besar.Kenyataan luas negara Inggris lebih kecil dari negara Filipina, Jepang bahkan ukurannya lebih kecil dari pulau Sumatra.

Luas negara Inggris bahkan lebih kecil dari pulau Sumatra, negara Jepang dan negara Filipina

Bila melihat negara di Eropa, salah satu luas negara yang paling terlihat adalah Perancis. Tapi luas negara Perancis menjadi lebih kecil ketika diletakan di peta Afrika.

Negara perancis yang terlihat luas lebih kecil bila peta ditempatkan di benua Afrika

Swedia negara yang berada di daerah lebih tinggi dari wilayah subtropis, akan terlihat besar di peta. Kenyataan luas negara Swedia hanya seukuran negara Madagaskar yang berbentuk kepulauan.

Swedia sama seperti negara Madagaskar yang berbentuk kepulauan

Greenland akan terlihat sangat luas bila melihat bentangan di peta 2 dimensi. Nyatanya ukurannya hanya 1/3 dari benua Australia dan Amerika

Luas negara Greenland yang penuh dengan es, tidak lebih dari separuh ukuran benua Australia



Beberapa negara juga mengunakan ukuran waktu yang salah, karena mereka memasukan wilayah dengan waktu berbeda dibanding negara di wilayah tropis

Pemerintah Jepang akan berpikir panjang, karena jumlah anak anak disana terus menurun. Bekerja di Jepang sekarang lebih mudah. Punya keahlian dan penelitian, lebih mudah menjadi penduduk Jepang.

India dipastikan akan melewati jumlah penduduk Tiongkok. Jumlah penduduk dunia meningkat dari 1 miliar menjadi 7 miliar dalam 200 tahun saja. Diperkirakan jumlah penduduk akan melambat dengan keluarga berencana, atau sumbar daya bumi akan habis oleh manusia.

Tidak semua negara mengalami ledakan penduduk, bahkan ada yang berkurang dan negara lainnya tetap selama 5 tahun terakhir. Semakin banyak penduduk menandakan sebagai negara yang sehat. Negara berkembang sudah lebih baik mendapatkan air bersih, makanan dan lainnya.



Tidak berbeda dengan nama marga di China. Di China nama keturunan tidak banyak, kabarnya hanya 4.100 nama marga saja. Setiap warga China yang lahir disana diperkirakan mengunakan 1 dari 4.100 nama belakang.

Ada 10 kota terbanyak penduduknya dari terbesar 32 juta orang sampai terendah 10 juta orang. Jakarta masuk nomor 6 dari 10 kota terpadat di dunia. Hitungan ini belum tentu akurat, karena pertumbuhan 10 kota tersebut masih berjalan.


No popular articles found.