Deep Space Industry menambang asteroid di ruang angkasa


Kategori : Stuff | Date : 12 August 2016
Sebuah perusahan tambang ingin menambang di asteroid.

Nah ini baru seru. Mereka akan mengirim robot kecil ke asteroid terdekat selama 3 tahun kedepan.

Itu tahap awal, dimana perusahaan berbasis di California ingin menambang ke sebuah asteroid.

Dalam 30 tahun, perusahaan DSI akan membangun kota di ruang angkasa. Untuk membangun diperlukan bahan baku dari asteroid.

Robot akan mengambil bahan dari asteroid, seperti logam dan air yang ada di dalamnya. Awal tahun ini bentuk purwarupa pesawat untuk menambang asteroid sudah dirancang. Dan paling lambat akan disiapkan pada akhir tahun 2017.

Sebuah robot disebut Prospector-1 dengan bobot 50kg ditempatkan pada orbit rendah, dan siap menumpang di asteroid  yang lewat. Setelah robot berada di asteroid, akan diteliti sifat batuan dan seberapa keras lapisan disana.

Deep Space Industry menambang di asteroid di ruang angkasa

Apakah kegiatan menambang asteroid dilarang. Tidak, setiap badan usaha boleh mengambil bahan tambang dari ruang angkasa secara bebas. Selama aktivitas tidak menganggu badan antariksa lain.

Menurut undang undang US Commercial Space Launch Competitiveness Act. Yang memberikan kepemilikan hukum atas sumber daya perusahaan yang mampu melakukan penambangan di ruang angkasa. Artinya apa yang dipanen menjadi milik mereka.

Nantinya asteroid yang ditangkap akan ditarik ke pusat pengolahan yang juga berbasis di ruang angkasa. Kira kira apa yang didapat bila menambang batuan di ruang angkasa. Asteroid mungkin kaya akan air, dan dapat dimanfaatkn untuk bahan bakar roket atau gas CO2 dan metana serta logam.

Deep Space Industry menambang di asteroid di ruang angkasa

Berita terkait
Planet 3470b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dan memiliki kandungan air. Tetapi penelitian tahun 2018, ini bukan planet biasa. Ukuran sebesar planet Neptunus, bahkan panas kerena mengorbit lebih dekat ke bintang.

Ruang angkasa adalah ruang vakum. Bila udara dalam kantong di buka, maka akan tersedot ke ruang angkasa. Apakah ruang angkasa memiliki bau, lalu seperti apa. Astronot sering merasakan bau aneh, seperti metal atau daging terbakar.



Sebuah asteroid ditemukan pada tahun 2013, dan diberi nama asteroid 2013 TX68. Tidak menabrak bumi, hanya melintas dekat bumi pada 5 Maret 2016. Tim Nasa mengatakan itu paranoid saja, posisi asteroid ini terbang jauh dari bumi dengan perkiraan ukuran sebesar 30m atau seukuran lapangan basket.

Peneliti dari pusat International Centre Radio Astronomy menemukan sebuah galaksi yang luar biasa. Dinamakan NGC 4569 terlihat bergerak begitu cepat sampai meninggalkan gas di belakang galaksi sendiri sejauh 300.000 tahun cahaya. Bahkan gas yang tertinggal memanjang seukuran 5x dari ukuran galaksi NGC 4569.

Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi. Ada kemungkinan ilmuan menemukan cara dengan teknologi ini. Fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Satu lagi teknologi roket pendorong Hall Thurster




No popular articles found.