Beda notebook dan laptop atau notebook bisnis dan konsumen


Technology | 11 August 2016

Beda notebook dan laptop adalah pemakaian untuk kalangan kantor dan computer rumah

Notebok atau computer jinjing dibedakan antara notebook dan laptop.

Kata laptop dikenal di era munculnya notebook, menjadi generasi pertama computer yang dapat dibawa. Laptop saat ini disebut Business Laptop atau kata yang sama sebagai notebook untuk kantor.

Sedangkan notebook memasukan computer sampai kalangan rumah dan pelajar. Untuk memudahkan, kata notebook adalah computer kantor dan notebook untuk semua kalangan sampai computer notebook yang dipakai dirumah.

Tetapi tidak ada batasan antara kata laptop dan notebook sebagai computer portabel, keduanya sama sebagai computer portabel yang dapat dibawa tapi berbeda fitur.

Tapi apakah anda tahu notebook dirancang berbeda. Membeli harga notebook murah untuk kebutuhan serius, bisa jadi masalah kedepan.

Laptop / notebook bisnis umumnya dirancang dengan ukuran lebih tipis, memiliki beberapa warna dan pilihan OS. Produsen menawarkan kebutuhan konsumen bagi pemakaian notebook atau laptop kantor. Seperti Lenvo Thinkpad X1 Yoga dengan pen stylus, atau Panasonic TouchBook 54 yang dirancang lebih kuat.

Laptop bisnis dirancang untuk computer mobile workstation. Memiliki kekuatan grafik dan procesor lebih tinggi. Sistem pendignin lebih baik, dan baterai besar. Dirancang dengan slot RAM lebih banyak sampai 64GB. Bahkan mirip seperti notebook gaming yang handal.

Notebook biasa atau untuk pelajar. Ditawarkan dengan harga lebih murah, mungkin seperti Chromebook atau Cloudbook. Fitur sederhana dan terbatas tapi murah. Memiliki procesor quad core, 4GB RAM dan 500GB harddisk dan garansi 1 tahun. Beberapa produk ditawarkan dengan separuh spesifkasi agar lebih terjangkau. Masuk kategori budget laptop, tapi beberapa produk juga menawarkan versi bisnis dengan harga terjangkau.

Perbedaan computer portabel tipe laptop untuk bisnis. Kebanyakan produk dikelas ini harus melalui test berat setingkat standar test MIL-810G. Dari pengujian kelembaban, suhu panas dan dingin serta tahan debu dan getaran. Seperti test kinerja notebook pada kelembaban 91-98% dengan suhu 20-60 deg.C, kinerja suhu dingin -20deg.C, suhu panas sampai 60deg.C, test simula ketinggian 5000 meter
Kadang ditambahkan kekuatan test untuk kekuatan engsel dan keyboard dimana dilakukan mengunakan robot yang mencoba merusak tut keyboard sampai jutaan kali sampai tut keyboard akhirnya mati.
Di notebook konsumen hal seperti ini tidak dilakukan seperti test seberat notebook bisnis.




Beda notebook dan laptop atau notebook bisnis dan konsumen

Kita bisa menemui notebook bekas yang dahulunya dijual cukup mahal. Kebanyakan adalah produk bekas perusahaan, dimana mereka melakukan update perangkat hardware bagi karyawan.

Notebook bisnis umumnya tidak ditanamkan bloatware yang tidak penting. Sedangkan di notebook konsumen kadang dipasangkan bloatware. Walau kita bisa menghapus bila menganti OS selama kita mengerti. Karena notebook bisnis membayar lebih dan akan diperiksa melewati pemeriksaan divisi IT sebuah perusahaan. Produsen notebook tidak berani memasukan bloatware , karena akan berdampak dengan penjualan mereka.

Notebook bisnis sudah umum, baik kalangan bisnis dan konsumen biasa. Tapi notebook bisnis memiliki prioritas dengan ukuran lebih tipis dari notebook konsumen biasa. Kenyataanya, notebook kalangan bisnis lebih mudah diperbaiki. Beberapa baut dapat membuka bagian dalam oleh divisi IT. Membuat penguna kalangan bisnis lebih cepat memperbaiki notebook, mengurangi waktu nongkrong notebook di divisi IT atau servis center, dan mengijinkan teknisi membongkar alebih cepat seperti komponen umum dari RAM, storage, alat komunikasi dan baterai.

Garansi dapat diketahui apakah notebook bisnis atau notebook konsumen. Ciri ini yang sangat terlihat. Diluar negeri dealer notebook menawarkan garansi 3 tahun, dan dapat diperpanbjang sampai 4-5 tahun. Tidak hanay di Amerika, beberapa negara di benua Eropa, India, Asia tengah dan Afrika mendapatkan layanan tersebut.

Notebook bisnis lebih umum tampil dengan banyak port dan dukungan ke perangkat lain. Seperti VGA, Ethernet dan perangkat docking untuk notebook.. Karena fungsi hal ini paling penting.

Fitur keamanan juga ditambahkan pada notebook bisnis. Dari NFC, smart card reader, TPM dan sensor sidik jari. Beberapa produsen juga menawarkan sistem enskrip storage dimana data akan aman walau notebook hilang.

Komponen yang harus diwaspadai. Apakah pad notebook cocok untuk anda, atau terlalu kecil. Tombol keyboard notebook bisnis umumnya lebih akurat, sedangkan notebook biasa maaf agak terasa lengket di jari tangan. Suara speaker notebook murah mungkin agak mengecewakan.  Mengapa komponen seperti ini saja berbeda, karena biaya produksi harus dipangkas untuk notebook murah. Tapi notebook bisnis tidak, dan dipasangkan produk berkualitas.

Benar atau tidak perbedaan notebook bisnis dan konsumen. Mungkin ciri diatas dapat menjadi petunjuk bila ingin membeli notebook yang handal. Anda memiliki notebook dengan banyak port, jangan jangan anda sudah membeli tipe laptop untuk bisnis.

Berita terkait
Quick Charger 5 mendukung dual charge, 100W, 5 menit 50 persen kapasitas baterai. Quick Charger 4.0 INOV - Intelligent Negotiation Optimum Voltage. Juni 2017 tampil Quick Charge 4+ daftar smartphone QC4+ Mei 2020. Quick Charger 3+ April 2020 akan dibuat adaptor charger murah seri QC.

Peneliti universitas Stanford telah mengembangkan baterai Lithium yang tidak akan kepanasan atau terjadi Overheating. Artinya baterai tidak akan membuat masalah terhadap semua produk. 2019 Samsung mungkin menjadi perusahaan pertama yang menawarkan smartphone dengan bateari Graphen



Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.

Harddisk akan dikembangkan dengan platter kaca, agar harddisk dapat dipadatkan dengan ukuran yang sama tapi kapasitas lebih besar. Hoya mengembangkan platter harddisk sejak tahun 2017, dan pengembangannya akan digunakan untuk harddisk kapasitas besar ukuran 3,5 inci. Salah satu yang dapat memanfaatkan teknologi harddisk platter glass adalah HAMR

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Monitor OLED mungkin jarang terdengar, tapi sudah diproduksi tahun 2016 dengan jumlah terbatas. Kedepan panel monitor desktop dapat mengunakan OLED, setidaknya di tahun 2019. 3 perusahaan bekerja sama membuat panel OLED sampai ukuran 27 inci. Apa keunggulan layar OLED di monitor.

Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta



MediaTek Pump Express 3.0 mengisi baterai smartphone dari 0%-70% kapasitas untuk 20 menit, 5 menit cukup untuk 4jam bicara. Kecepatan pengisian baterai smartphone dengan MediaTek Pump Express 3.0 dua kali lebih cepat dari sistem pengisian cepat produsen lain, dan lima kali lebih cepat dibanding charger standar.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar




No popular articles found.
< /body>