Technology | 11 August 2016

SSD Samsung 32TB dan teknologi baru Z-SSD


Samsung seperti balapan menawarkan SSD kapasitas besar, kali ini 32TB sudah disiapkan.

Seagate baru mengumumkan storage untuk kapasitas 60TB SSD.

Maret 2016 Samsung sudah menawarkan Samsung PM1633a SSD dengan 16TB, tahun depan akan meningkat 2x kapasitas dari sekarang.

Dari Seagate akan menawarkan 60TB SSD dengan ukuran 3,5 inci, Samsung tetapi mengunakan ukuran 2,5 inci seperti harddisk notebook dengan kapasitas lebih kecil 32TB.

Tidak itu saja, perkembangan SSD akan mencapai 100TB pada tahun 2020. Ryan Smith dari produk manajer SSD storage Samsung mengatakan SSD akan semakin lebih baik dan bersaing karena keunggulan teknologi produksi.

Samsung 32TB SSD akan mengunakan generasi ke 4 VNAND. Dibuat dengan sistem tumbuk 64 chip NAND. Sistem lapisan chip membuat ukuran chip sama dengan kapasitas lebih banyak. Bahkan SSD 32TB samsung lebih tahan lama dibanding 16TB yang diproduksi tahun ini.

Interface SAS dari pengembangan SCSI menjadi pasarr untuk computer server, sistem Flash Array atau storage ekternal. Dan sistem SAS akan mendominasi pasar SSD 32TB.

SSD Samsung mengembangkan teknologi baru Z-SSD dimana chip NAND Flash dirancang untuk cache atau data sementara pada data center server computer. Kecepatan Z-SSD hampir mendekati kecepatan DRAM. Bila dipasang sistem Array maka dapat dijadikan data sementara untuk di proses oleh computer.

Untuk kecepatan, teknologi Z-SSD mencapai 4x lebih rendah dari kelambatan latency, dan 1,6x kecepatan read dibanding NVMe SSD Samsung PM963 dimana digunakan untuk SSD kelas Enterprise.


Artikel Lain

Kingston menawarkan Kingston SSDNow dengan Kingston SSDNow UV400, bila dihitung hanya 23 sen dollar perGB. Mengunakan chip controller buatan Marvell baru dan tipe chip NAND Flash TLC. Kingston A400 turun, harganya bikin geleng kepala

Bulan Maret 2016 lalu, Samsung pertama memperkenalkan SSD monster super besarFebruari 2018 resmi diproduksi untuk pasar global. Buffer DRAMnya saja lebih besar dari RAM PC



Corsair SSD Corsair Neutron XTi , memiliki kecepatan 560MB/s dan 540MB/s untuk read dan write. Kecepatan lain dari IOPS 100K dan random 4K IOPS 90K. Corsair Neutron NX500 PCIe sampai 1,6TB via PCIe

Toshiba mungkin tertinggal dalam pengembangan produk SSD. Karena baru mengeluarkan SSD model ZD6000 untuk kapasitas 7,6TB. Samsung lebih dahulu mengeluarkan SSD 15TB untuk kelas Enterprise. Tapi Toshiba baru melangkah ke 7,6TB, yang sebelumnya memiliki kapasitas terbesar 4TB.

Toshiba keluarkan SSD model Q300 dan Q300 pro berbasis chip 15nm. Dibanding 19nm, yang diperkenalkan bulan Setember lalu. Model chip barau tersebut lebih efisien dalam pemakaian power.

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat. Sedangkan kapasitas besar memiliki kecepatan transfer maksimum



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.