Label sticker garansi itu ilegal tapi tetap saja dipasang oleh Microsoft dan Apple


Kategori : Stuff | Date : 1 May 2018

Agustis 2016/
Produsen perangkat elektronik suka menempatkan label warranty-void-if-removed stickers.

Ituloh stiker yang menutup di lubang baut, di selipan plastik sebuah perangkat elektronik.

Bila label tersebut rusak, maka garansi tidak diberikan lagi oleh produsen. Karena dianggap penguna membuka perangkat untuk membuka baut atau plastik, dan mengutak atik isinya.

Saat ini pengaman stiker yang menututup di lubang baut, di atas chip atau di garis belahan plastik sebenarnya ilegal dan dianggap tidak sah oleh undang undang konsumen

Tapi tetap saja produsen memaksakan untuk menutup bagian perangkat agar tidak dibuka oleh pemiliknya.

Xbox One S masih memasang warranty-void-if-removed stickers. Padahal di Amerika, badan FCC setingkat perlindungan konsumen melarang pemasangan stiker tersebut.

Juru bicara FTC mengatakan seperti ini “The stickers could be deceptive by implying consumers can’t use parts the warrantor doesn’t pre-approve, which violates the anti-tying provisions of MMWA,” Cornell University

Contoh mobil, tidak ada aturan pemilik kendaraan memodifikasi bagian kendaraan mereka. Karena akan bertentangan dengan hukum bila urusan membeli speaker audio di kendaraan harus membeli dari peralatan yang disediakan produsen mobil sendiri.

Batasan aturan garansi kendaraan hanya meliputi mesin, bila user memodifikasi dan merusak mesin mobilnya sendiri. Tentu itu tidak akan di garansi oleh produsen

Mengapa Microsoft masih memasang label stiker pengaman di peralatan dan mencegah orang membuka dan menambah peralatan di dalam perangkat Xbox. Jawabannya sederhana.



Mereka tahu penguna Xbox tidak akan melakukan apa apa dengan label yang dipasang. Ini adalah contoh yang baik, dimana perusahaan bisa lolos bermodalkan lembaran stiker. Menuntut  Microsoft ke pengadilan untuk mentaat aturan resmi tidak murah, di Amerika dibutuhkan biaya ratusan dollar dan lebih mahal dari satu perangkat Xbox. Dan Microsoft akan membawa pengacara mereka yang handal. Apple, Sony juga sama melakukan pemasangan label garansi.

Label sticker garansi itu ilegal tapi tetap saja dipasang oleh Microsoft dan Apple

April 2018
Badan regulasi produk Amerika mengatakan label garansi di produk adalah ilegal mulai tahun 2018.
FTC meminta perusahaan seperti Asus, Microsoft, Nintendo, Sony, Hyundai, dan HTC mematuhi aturan hukum atau badan negara akan memberikan tindakan hukum.
Alasannya sederhana, apakah garansi akan hilang bila kotak perangkat harus dibuka. Walau user hanya ingin membersihkan debu di dalam.
Tidak sampai disana, beberapa produsen menginginkan pengunaan perangkat original dari produk mereka. Bila tidak melanggar, maka garansi akan hilang.

Pelanggaran ini mungkin hanya mewakili sebagian kecil dari ketentuan garansi yang samar bagi konsumen.

Camera Sony A7S II mati total dibilang salah pemakai dan terkena air laut oleh servis center. Karena ada baut yang korosi dianggap garansi batal dan pemilik tidak mendapat garansi. Akhirnya cerita muncul di Youtube agar dapat dilihat oleh publik.


No popular articles found.