Switch Hub 10Gbit ethernet dalam 10 tahun semakin murah


Technology | 1 August 2016

Jaringan computer kantor besar, umumnya memasang ethernet kecepatan tinggi.

Seperti 10GBps atau 10 Gigabit Ethernet, menjadi backbone atau jalur utama seluruh jaringan computer dan internet di kantor besar.

Perangkat hub switch dapat mengatur puluhan computer agar melintas di jaringan ethernet kantor lebih efisien. Tapi teknologi switch ethernet dahulunya sangat mahal.

Cerita 10Gbps di tahun 2004 lalu, satu hub ethernet dengan teknologi canggih mencapai $5000. Untuk mereka di rumah atau kantor kecil tidak mau membuang uang untuk membeli perangkat tersebut. Selain tidak memiliki kebutuhan dengan teknologi tersebut, dan computer yang terhubung ke kabel ethernet tidak terlalu banyak.

Sekarang mungkin saja tidak banyak orang berpikir mengunakan jaringan ethernet kecepatan tinggi. Mereka lebih memiliki jaringan WIFI yang lebih ekonomis dan sederhana dibanding membeli kabel dan memasang di tembok untuk kabel ethernet computer.

Switch Hub 10Gbit ethernet dalam 10 tahun tidak ekslusif milik perusahaan besar

Tapi di jaringan computer kantor besar bisa saja terhubung puluhan computer, serta perangkat access point wireless dan lainnya. Bila semua bekerja dan hanya melewati distribusi dari 10GBit ethernet, semua jaringan akan drop. Akan terjadi bottleneck atau semua trafik data akan menumpuk disatu perangkat. Untuk memecahkan hambatan tersebut dibuat perangkat Switching Hub atau Switch Hub. Dimana lintasan trafik data yang masuk ke satu perangkat langsung dibagi-bagi tanpa harus melewati jalur utama

Tahun 2016, teknologi 10GBASE-T sudah jatuh dan murah. Satu produsen networking seperti Netgear Switching sudah dijual $1000 saja. Dengan 8 port ke 28 port sistem smart managemen dan perangkat lain.

Apakah teknologi ethernet 10Gbit tersebut sudah tinggalkan, dan lebih banyak penguna mengunakan WIFI.

Sebenarnya tidak, teknologi ethernet 10Gbit tetap ada tapi sudah turun. Jaringan ethernet di kantor saat ini dapat mengunakan Hub Switch dengan biaya lebih terjangkau. Dapat mengoptimalkan puluhan atau ratusan computer yang sibuk dalam satu jaringan agar tetap optimal. Termasuk meningkatkan kecepatan sistem Voice, Video, Surveillance, sampai Wireless Network.
Teknologi WIFI tetap dapat terhubung ke jaringan Switching Hub. Sedangkan jalur utama ditangani oleh Swiching hub agar trafik data tidak mengalami bottleneck.



Satu perangkat Switch Hub 10G untuk distribusi 8 port hanya $973, sebagai perangkat distribusi 1 hub switch ke 8 perangkat hub lain.


Berita terkait
Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass 6 kembali mengembangkan kaca smartphone baru. Kaca Gorilla Glass Victus dibuat lebih keras dengan daya tahan gores, dan tahan jatuh sampai ketinggian 2 meter. Kekuatan kaca ditingkatkan atas permintaan produsen, ketika smartphone jatuh artinya rusak.

Transistor tidak dapat diperkecil lagi, mungkin bertahan di 10nm. Berdasarkan data The Semiconductor Industry Association, roadmap teknologi transistor akan berhenti dikecilkan pada tahun 2021. Setidanya tahun 2019 mungkin akan tampil chip procesor hemat power sampai 7nm.



Kelambatan harddisk ada di bagian lengan yang disebut Actuator. Satu harddisk memiliki banyak lengan tapi bekerja bersamaan. Bagaimana lengan dibagi menjadi dua dan disebut Multi Actuator

MediaTek Pump Express 3.0 mengisi baterai smartphone dari 0%-70% kapasitas untuk 20 menit, 5 menit cukup untuk 4jam bicara. Kecepatan pengisian baterai smartphone dengan MediaTek Pump Express 3.0 dua kali lebih cepat dari sistem pengisian cepat produsen lain, dan lima kali lebih cepat dibanding charger standar.

Aliansi WIFI memperkenalkan standar WIFI baru dengan 802.11ah. Bekerja dengan frekuensi 900Mhz, tapi memiliki jarak 2x lebih jauh dibanding WIFI dengan frekuensi 2,4Ghz. Dengan standar 802.11ah, sistem wireless dapat dimanfaatkan berbagai keperluan.

Perusahaan kaca optik Jepang Ohara mengumumkan mulai menjual kaca Clear Glass Ceramic. Kaca tersebut lebih kuat dari kaca Sapphire Crystal Glass. Kelemahan disain kaca dengan kekuatan khusus umumnya kaca tidak 100% tranmisi gambar. Istilah resmi, trasmisi gambar akan terganggu dan tidak cocok untuk kaca lensa.

Samsung Exynos 8890 menjadi pesaing Snapdragon 820. Sementara Snapdragon sudah diumumkan akan tampil dengan 4 core dari Kyro. Samsung mengunakan 8 core untuk Exynos 8890. 4 procesor Snapdragon 822 vs Kirin 950 vs Helio X20 vs Exynos 8890 nantinya akan bersaing di smartphone high end



4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.

Lampu rem motor Stoptix bekerja secara otomatis. Sebelum pengendara menekan pedal rem, lampu sudah menyala lebih dahulu. Hal ini dapat mencegah terjadinya tabrakan dari belakang. Sistem sirkut bekerja menditeksi kecepatan kendaraan ketika kecepatan mendadak menurun.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar




No popular articles found.
< /body>