Science | 16 November 2017

Planet 55 Cancri e dengan orbit terkunci seperti Bulan membuat suhu planet sangat panas



Teleskop James Webb Juni 2022
Nasa akan kembali mempelajari planet 55 Cancri e dan planet LHS 3844b.
Planet yang disebut seperti hujan lava, panas 1700 deg. C dapat melelehkan besi di permukaan planet

Ilmuwan mengatakan planet ini memiliki atmofer dengan hujan lava di malam hari.
Hipotesa tersebut akan di uji, mengunakan analisa teleskop James Webb terbaru.

Tim Max Planck akan melihat dan menganalisa elemen spektrum termal planet di malam dan siang haru. Untuk menyimpulkan seperti apa komposisi permukaan planet yang sangat panas tersebut.
Dapat memberi gambaran, bagaimana Bumi ketika mulai terbentuk ketika masih menjadi planet yang panas.

Planet 55 Cancri e perbandingan dengan Bumi

Juli 2016
Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui tidak berputar.

Seperti Bumi berotasi setiap 24 jam, tapi si planet 55 Cancri e ini berputar dengan satu muka yang sama ke arah bintang.

Membuat planet ini seperti terlihat tidak berputar dengan satu sisi terus menghadap ke arah bintang, dan sisi lain tidak pernah mengarah ke arah bintang.

Sama seperti Bulan dimana rotasi bulan saat ini terkunci oleh gravitasi Bumi, sehingga permukaan bulan akan selalu terlihat sama.



Tim astronomi Cambridge mengambil data dari teleskop Nasa Spitzer untuk mengamati sebuah planet 55 Cancri e yang jauhnya 40 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di rasi bintang Cancer.

Perbandingan 3 planet berbatu dan 1 planet gas
Bumi radius 6,370km, suhu rata rata 15 deg.C jarak 150 juta km, orbit 365 hari
LHS 3855 b, planet panas, ukuran 1,3x lebih besar, suhu diatas 525 derajat Celcius, jarak hanya 0,005 AU (jarak bumi ke matahari), orbit hanya 11 jam
55 Cancri e, planet super panas, ukuran 1,9x lebih besar dari Bumi, suhu diatas 1700 derajat Celcius, jarak 0.015 Au / 2.4 juta km ke bintang, orbit hanya 18 jam
Neptunus, ukuran 3,88x lebih besar, suhu - 195 deg.C, jarak 30 AU, sekali orbit membutuhkan waktu 165 tahun waktu Bumi.

 



Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, atau planet sedikit lebih besar dari ukuran Bumi, sekitar 8x dari ukuran Bumi. Planet 55 Cancri e terkunci rotasinya ke arah bintang. Dan lebih parahnya planet tersebut memiliki orbit 18 jam untuk satu putaran. Bandingkan dengan Bumi memiliki putaran setiap 365 hari.

Walau ukuran planet 55 Cancri e 8x lebih besar dari Bumi, tapi pengamatan planet ini begitu jauh dan terlihat sangat kecil. Dan jarak ke bintang induknya begitu dekat, sehingga menyulitkan pengamatan.

Planet 55 Cancri e dengan orbit terkunci seperti Bulan membuat 
suhu planet sangat panas

Planet 55 Cancri e bukan planet baru, ketika ditemukan tahun 2011. Disana seperti planet yang meleleh, alias magma yang panas dengan batuan magma cair yang ada di permukaan planet. Bila dihitung, panas di bagian siang mencapai 2.500 deg.C, sedangkan di sisi malam mencapai 1.100 deg.C. Panas di permukaan yang terkena cahaya bintang tidak efisien ditranfer ke permukaan lain. Membuat perbedaan antara sisi panas dan dingin mencapai 1000 deg.C.

Penelitian lebih lanjut, planet 55 Cancri e lebih aneh dari perkiraan sebelumnya.

Sebelumnya permukaan planet tersebut memiliki batuan, tetapi sangat panas.

Melihat dari teleskop Spitzer tahun 2012, disebut sebagai planet Diamond. Memiliki kandungan karbon seperti benduk berlian dan grafit, besi, silikon, karbida dan mungkin juga materi pada silika.
Peneliti Nikku Madhusudhan dari universitas Yale mengatakan penelitian mereka tidak seperti kesimpulan peneliti sebelumnya.
Planet ini tidak memiliki komposisi seperti planet bumi yang berbatu.

Ppeneliti dari universitas Arizona Johanna Teske menyebutkan bintang induk 55 Cancri lebih dingin dibanding panas matahari kita. Karena di inti bintang lebih banyak kandungan logam.

Bila disebut Exoplanet bukan berarti planet ini layak huni. Tapi mewakili salah satu planet berbatu yang salah tempat. Bila ditanya apakah ada atmofer, tentu tidak dan planet ini sudah hancur untuk kehidupan.

Apakah panas bintang induknya sampai membuat planet tersebut meleleh. Tidak, bintang disana sama seperti ukuran matahari dan terakhir diperkirakan panasnya lebih rendah dibanding matahari. Hanya planetnya yang salah tempat, dan berada terlalu rapat dengan bintang.

Seperti apa permukaan planet ini. Dalam teori, permukaan planet tersebut akan banyak gunung berapi dan lava cair.



November 2017
Penemuan planet 55 Cancri e masih berlanjut. Mungkin disana memiliki atmofer serupa dan lebih tebal dari planet Bumi.
Ukuran planet tersebut sekitar 2x lebih besar dari Bumi. Molekul atmofer planet ini masih misterius, dengan kandungan nitrogen, oksigen bahkan uap air.


Sayang planet ini panas, bahkan air tidak dapat akan mencair disana alias menguap di udara.

Penulis studi Renyu Hu, astronom di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California mengatakan planet ini tidak seperti Merkurius dimana planet tidak memiliki atmofer.
Atau mungkins aja planet ini seperti bumi yang panas, dan sama seperti Venus.
Penemuan terbaru tersebut berdasarkan data dari teleskop Spitzer milik Nasa dari pengambilan data pada 15 Juni dan 15 Juli 2013. Planet ini diyakini memiliki aliran lava di permukaan, bahkan batuan seperti berlian di bagian dalam.
Karena rotasi orbit planet terkunci ke arah bintang. Di bagian yang menghadap ke bintang mencapai suhu 2300 deg.C, dan di sisi malam antara 1300 deg. Celcius.
Bila tidak ada atmofer di planet tersebut, peneliti menyebut planet 55 Cancri e akan lebih panas lagi. Penelian sebelumnya tidak berbeda jauh dengan data JPL.


Artikel Lain

Awal tata surya terbentuk, ada 3 cincin di matahari. Tekanan di cincin tengah membuat ukuran Bumi ideal. Tapi berdasarkan 30% bintang seukuran matahari, disana terdapat Super Earth. Bila cincin kedua tidak ada maka Bumi akan berbeda dibanding saat ini.

Di atas kutub galaksi Bima Sakti terdapat gelembung raksasa. Seperti kumpulan gas dengan massa sangat besar, yang awalnya disebut gelembung Fermi. Tapi pertanyaan terakhir darimana asal gelembung tersebut. Tim Max Plank menganalisa itu ulah lubang hitam kita.



Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Instrumen baru, astronom dapat membuka mata adanya tata surya dan planet di bintang lain. 4000 Exoplanet telah ditemukan, tapi tidak ada satupun yang mendukung kehidupan.

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Planet Wasp-104b diperkirakan menjadi planet paling gelap yang pernah ditemukan. Benar benar gelap, sampai 97-99% cahaya diserap oleh planetnya sendiri layaknya rumah kaca di dalam planet

Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya

Bintang GJ436 atau Gliese 436 ditemukan sebuah planet seukuran Neptunus, tapi orbitnya seperti komet. Disebut planet GJ436b memutar tidak searah dengan ekuator melainkan dari kutub. Mengapa planet tersebut memiliki orbit tidak biasa.



Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.

Awal Desember 2016 peneliti melihat sebuah planet seukuran Jupiter. Tapi yang ini berbeda dengan posisi planet Jupiter kita. Planet dengan nama Hat P7b memiliki jarak 1044 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya yang bongsor, dan terlalu dekat ke bintang.

Bintang Proxima Centauri ternyata sangat aktif bahkan mematikan bagi mahluk hidup. Peneliti menyebut disana sukar untuk tinggal. Bintang disana lebih agresif, mengeluarkan kilatan bintang, mencapai 100x kekuatan kilat matahari. Satu planet ditemukan lagi Proxima d.

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.