Harddisk Seagate Barracuda Pro 10TB 7200RPM cache 256MB


Hardware | 19 July 2016

Seagate tampilkan harddisk kapasitas besar untuk konsumen.

Seagate Barracuda Pro dapat digunakan pada computer standar seperti PC desktop.

Terpasang cache sangat besar untuk tipe harddisk dengan 256MB.

Kecepatan RPM harddisk Barracuda Pro seperti harddisk performa, dengan putaran 7200RPM.

Barracuda Pro memiliki tranfer rate sampai 220mb/s. Keunikan Barracuda Pro masih mengunakan sistem magnetik konvensional, tidak menyegel harddisk dengan gas helium atau tipe platter tumpuk.

Mengunakan 7 plat harddisk, kinerja harddisk membutuhkan 6,8W dan idle 4,5W.

Seagate menawarkan Barracuda Pro 10TB lebih murah dari produk harddisk HGST tipe Ultra HE6 Helium. Dijual $535, dibanding Hitachi masih di bandrol $730. Bila dihitung, 1 GB hanya 5 sen dan sangat ekonomis untuk storage

Harddisk Seagate Barracuda Pro 10Tb

Tapi tidak satu model Barracuda Pro yang ditawarkan. Model lain untuk performa dijual lebih mahal.

2 model lain untuk storage NAS / server storage disebut Seagate IronWolf hanya $470, serta 10TB untuk video security dari model Seagate SkyHawk $460.

Untuk 2 model terakhir diberikan garansi 3 tahun, sedangkan Barracuda Pro 5 tahun

Berita terkait
Seagate Exos X14 dengan kapasitas 14TB, Mei 2019 Exos 16TB. Yang satu ini di dalam harddisk hanya mengandalkan gas helium dengan disain CMR. Dengan kapasitas besar, konsumsi power lebih kecil, ukuran kecil dan ringan memiliki performa lebih cepat. Harga diumumkan Juni 2019

Teknologi gas helium membantu kapasitas harddisk dibuat lebih besar. Toshiba mengunakan teknologi CMR atau Conventional Magnetic Recording. Dan tidak merubah posisi platter dengan teknologi SMR. Mengunakan 9 disk model harddisk Toshiba MG07ACA dan Toshiba MG08ACA tersedia untuk port SATA dan SAS



Toshiba harddisk 8TB model Toshiba N300 pertengahan 2017. Desember 2018 model terbaru Toshiba N300 dan X300 memiliki kapasitas 12TB dan 14TB. Perbedaan model 2018 adalah tipe harddisk yang berisi gas helium untuk mengurangi friksi head harddisk ke platter. Seri Toshiba X300 untuk pemakaian desktop PC yang membutuhkan kapasitas storage besar.

Seagate 12TB tampil 2 model, Seagate Barracuda Pro untuk computer biasa dan Seagate Iron Wolf untuk storage NA. Kapasitas lebih kecil 10TB dan 8TB September 2018 dirilis harddisk kapasitas 14TB

Toshiba resmi umumkan spesifikasi harddisk Toshiba MN06ACA10T dengan kapasitas 10TB. Model Toshiba MN06ACA10T memiliki SATA NAS interface dengan 256MB buffer. Harddisk dirancang bekerja 24 jam nonstop. Atau pemakaian kerja 180TB per tahun.

Sony tampilkan memory card baru tipe CFast 2.0. Dengan model seri G dirancang untuk profesional dan videografer. Memory mencapai kecepatan 510MB/s untuk write, standar VPG130

Western Digital tampilkan dengan kapasitas 20TB. WD My Book Duo menjadi storage terbesar dengan sistem optimasi RAID, dengan kecepatan tranfer sampai 360MB/s. Untuk menghubungkan perangkat dapat tersedia port USB tipe C atau 2 port USB 3.0.



Western Digital menambah 2 model harddisk WD Red dan WD Red Pro dengan kapasitas monster 10TB. Harddisk mengunakan gas helium untuk menekan friksi, model terbaru juga lebih cepat.

Seagate DJI Fly Drive Kit adalah harddisk dengan slot microSD. Dapat membackup atau copy file dari microSD ke harddisk. Seagate DJI Fly Drive Kit memiliki bentuk portabel dengan kapasitas 2TB

Seri harddisk Western Digital tampilkan WD Purple dengan kapasitas 10TB.Mengunakan teknologi Helium dikembangkan Firentochter. Harddisk WD Purple dirancang untuk bekerja selama 24 x 7 hari

Disain heatsink dari MSI mengunakan 4 heatpipe untuk pendingun CPU. Heatsink MSI Core Frozr L memiliki ukuran 140x155x84 mm, dan beratnya lumayan cadas 960g (hampir 1kg).  Ukuran heatpipe seperti kelas VGA dengan 8mm, putaran fan rendah serta untuk model CPU AMD dan Intel

WD menawarkan harddisk kelas Enterprise yang diisi gas helium kinerja 24 jam. Kapasitas terbesar sampai 12TB, WD Gold lebih murah dengan hitungan perGB dan harddisk lebih hemat power. WD Gold 12TB sebagai harddisk terbesar tahun ini mengunakan model WD121KRYZ.

Bayangkan di sebuah computer memiliki storage 10 TB atau 8 TB. Apa yang akan di isi disana, film, video, foto, dan file ukuran besar. Untuk surat, file dokumen, tentu urusan di harddisk kelas ini. Harga harddisk 10TB turun. Dominasi 3 merek dari HGST, Western Digital, WD dan Seagate.

WDC atau perusahaan Western Digital keluarkan harddisk 8TB. Mengunakan gas helium untuk mengurangi friksi di dalam harddisk dan kecepatan 5400RPM. Lebih rendah dari harddisk performa dengan kecepatan putaran 7200RPM. Karena untuk pemakaian berbeda.



Hitachi UltraStar Archive HA10 memiliki kapasitas 10TB. Agak berbeda dibanding harddisk lain, memiliki kecepatan tranfer 150MB/s untuk read, tapi lebih lambat untuk penulisan data (write). Hanya separuh dari kecepatan write harddisk biasa atau sekitar 68MB/s.

Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.

Menjaga harddisk lebih lama bekerja. Jangan biarkan harddisk mengalami kepanasan, gunakan power supply yang baik agar memberikan power yang cukup, dan tidak memindahkan harddisk dari case bila tidak perlu.

Harddisk Hitachi C15K600 mengunakan sistem cache baru. Untuk random read dan write 2x lebih cepat dari harddisk 2.5 inch. Dan 2.5x lebih cepat dari harddisk 3.5 inch.




No popular articles found.