Teleskop radio SKA mengambil gambar pertama dengan ratusan galaksi.

The Meerkat teleskop belum selesai dibangun, setidaknya sudah menditeksi 1300 galaksi dalam satu bidang kecil.

Padahal dengan teleskop biasa hanya terlihat 70 galaksi dari bidang 0,01%.

Teleskop yang berada di Afrika Selatan akan dipasang 64 piring teleskop radio, tapi pembangunan secara bertahap untuk Melihat masalah yang mungkin timbul.
Sedangkan China memiliki teleskop radio Fast sebagai teleskop radio terbesar dan akan beroperasi tahun ini. Teleskop SKA tidak mengunakan satu piring sebagai penerima, tapi dibuat array atau antena terpisah untuk membentuk satu bidang antena radio lebih besar.

Tahap pertama disebut AR1, terdiri dari 16 disk, artinya gambar dibawah ini baru 25% kapasitas dari seluruh kemampuan teleskop SKA.

SKA adalah singkatan Square Kilometer Array, meliputi teleskop yang Array dengan luas bidang 1km persegi. Nama AR1 adalah Array Release 1 atau antena array yang digunakan untuk menangkap gambar galaksi berdasarkan frekuensi radio.

Teleskop SKA dengan panjang 1km

SKA phase 1
Teleskop SKA dibangun di Afrika Selatan dengan 64 disk. Mengunakan frekuensi 190 tengah dengan tinggi 15 meter.
Teleskop SKA dibangun di Australia dengan 36 disk PathFInder - ASKAP, Mengambil frekuensi 60 menhusul akan dibangin dengan tinggi masing masing 1,5 meter. Mengunakan antena untuk menangkap frekuensi rendah.

SKA phase 2
Afrika Selatan dan rekanan yang juga di negara Afrika. Total membentang mencapai jarak 3000km.
Australia, akan diperluas sampai 200km atau lebih panjang.

Gambar yang ditangkap berbeda dengan teleskop optik seperti gambar tengah hanya berupa titik saja.
Bila diperbesar, seperti tanda panah. Seperti titik kecil di gambar kiri bawah, benda tersebut berada 200 juta tahun cahaya dari Bumi.
Dan gambar kanan adalah galaksi yang tertangkap pada gambar adalah tempat dimana keberadaan lubang hitam ditengah galaksi.

gambar pertama teleskop radio SKA

Detil gambar diatas, bagian kanan bawah. Adalah gambar sebuah lubang hitam di tengah yang sedang melontarkan jet dari kutub lubang hitam seperti garis dan terkumpul di dua titik lain.

Teleskop SKA dengan gambar pertama zoom lubang hitam dengan jet