Cara melihat benda berdasarkan rasi bintang dan posisinya

Seandainya saja, kita ingin mengetahui letak bintang, benda nebula atau posisi hujan meteor. Kita tidak tahu dimana posisi yang tepat dari benda di ruang angkasa.

Kita ambil contoh rasi bintang Orion. Mungkin kita tidak tahu, dimana terdapat nebula Orion. Jam berapa muncul, dan letak benda yang ingin kita cari

Cara paling mudah dengan memanfaatkan aplikasi Astronomi dengan smartphone. Walau kita sudah mengarakan peralatan dengan benar, mungkin kita tidak tahu tepatnya dimana.
Apakah sudah benar benar tepat ditengah, atau sedikit di sebelah atas atau bawah bahkan di sisi samping.

Untuk awal dapat mencari posisi nebula Orion, karena paling mudah ditemukan dan diabadikan.

Cara mengetahui nebula Orion
Gambar dibawah ini, adalah konstelasi Orion memiliki panduan dengan nama bintang
Memiliki ciri dengan 3 bintang berjajar, dan satu bintang bercahaya merah yang disebut Betelgeuse.
Posisi nebula Orion berada di 3 bintang tapi membelakangi arah bintang raksasa Betelgeuse, serta lebih dekat ke bintang besar lainnya Rigel


Rasi bintang Orion

Bila menemukan posisi bintang dengan 3 berjajar bersamaan. Ketiga bintang tersebut adalah Almitak, Alnilam dan Mintaka. Seperti foto dibawah ini, letak Orion Nebulae tidak jauh dari posisi ke 3 bintang, dan berlawanan dengan arah bintang Betelgeuse.
Dari arah sebaliknya terdapat sebuah nebula yang disebut dengan nebula Orion



Lokasi bintang Betelgeuse Almitak Alnilam Mintaka

Bila di zoom dengan lensa ukuran tele atau melihat langsung dengan teleskop. Dapat mengamati dengan seksama, diantara kedua daerah yaitu bintang Rigel dan 3 bintang yang berjajar.
Gambar orion nebula akan sangat jelas seperti gambar dibawah ini.

Nebula Orion dekat dengan 3 bintang

Dengan mengunakan rasi bintang, kita dapat mengetahui kira kira dimana benda yang ingin kita ketahui bentuknya atau ingin kita lihat.
Foto lain dari nebula Orion - Zoom Nebula Orion

Dari teleskop ruang angkasa Hubble, bentuk nebula Orion seperti gambar dibawah ini.

Nebula Orion dari teleskop ruang angkasa

Nebula adalah benda paling sering diabadikan oleh fotografer dan astronom amatir. Karena ukurannya relatif besaar, tetapi cahayanya jauh lebih redup dari cahaya bintang.

Dengan belajar mengenal rasi bintang, kita dapat menemukan benda benda lain dalam mempelajari astronomi. Khususnya fenomena yang terjadi di ruang angkasa.